Tahun Ini insya Allah Pasaman Berangkatkan 204 CJH


Rabu, 11 Juli 2018 - 11:30:05 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tahun Ini insya Allah Pasaman Berangkatkan 204 CJH Kakanwil Kemenag Sumbar, Hendri didampingi Wabup Atos Pratama menyerahkan hadiah uang tunai kepada salah satu CJH yang berhasil menjawab pertanyaannya. YUDI LUBIS

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Sebanyak 204 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Pasaman, insya Allah diberangkatkan ke tanah suci Mekkah pada musim haji tahun 2018.

Demikian terungkap saat pelaksanaan  bimbingan manasik haji gabungan, bertempat di gedung Kogsda Lubuksikaping, Rabu ini,  (11/7).  Bimbingan manasik haji gabungan  Kabupaten Pasaman ini dilaksanakan selama dua hari ke depan. Dimulai Rabu-Kamis, tanggal 11-12 Juli 2018.  Turut hadir, KaKanwil Kemenag Sumatera Barat, Hendri, Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama, Kepala Kantor Kemenag Pasaman, Dedi Wandra, serta ratusan jemaah calon haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra menyampaikan, pada musim haji tahun ini, calon jemaah haji (CJH) Pasaman tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 15, bergabung dengan Sijunjung dan Kota Padang. Diberangkatkan menuju tanah suci Mekkah pada 1 Agustus 2018 nanti. "Pada tanggal 31 Juli, jemaah calon haji kita akan dilepas resmi menuju ke Asrama Haji di Padang. Kegiatan manasik haji gabungan ini akan kita laksanakan selama dua hari. Semoga semua kegiatan berjalan dengan lancar," katanya.

Dikatakan, pada tahun 2018 jumlah calon jemaah haji (CJH) asal Pasaman yang akan diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah sebanyak 204 orang. Melonjak tajam jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. "Jumlahnya sebanyak 204 orang, termasuk satu orang petugas TPHD yakni M Dayan. Ini, jauh meningkat dibanding dua tahun lalu. Pada tahun 2017 lalu, jamaah haji Pasaman berjumlah 171 orang," katanya.

Ia mengatakan, ratusan jemaah haji daerah itu sudah siap untuk diberangkatkan. Berbagai persiapan, seperti manasik pun sudah dilalui oleh para CJH tersebut.  "Persiapan sudah dimatangkan, mulai dari manasik haji mandiri, manasik tingkat kecamatan hingga hari ini gabungan. Insyaallah, semua jemaah sudah mengikuti manasik haji dan siap diberangkatkan," katanya.

Pihaknya menyampaikan apresiasi atas tingginya perhatian Pemkab Pasaman dalam penyelenggaraan ibadah haji.
Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mengatakan, bahwa ibadah haji merupakan satu dari rukun Islam yang tentunya memiliki nilai yang sangat luhur dan mulia. Allah SWT, kata dia, menjanjikan pahala surga bagi mereka yang menunaikan ibadah haji dengan sempurna, haji yang mabrur. "Bapak dan ibu harus bersyukur karena tidak semua muslim-muslimah bisa memperoleh kesempatan menjadi tamu Allah SWT, berangkat menunaikan ibadah haji. Karena itu, selain terus bersyukur, silahkan bapak dan ibu persiapkan bekal sebaik-baiknya, baik bekal fisik, psikis, pengetahuan seputar ibadah haji, keuangan dan sebagainya," katanya.

Ia mendoakan seluruh calon jemaah haji tersebut dapat menjadi haji yang mabrur. Untuk itu, ia meminta para jemaah ini untuk memperbanyak bekal pengetahuan seputar ibadah haji dalam bimbingan manasik haji.  

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar, Hendri mengatakan, pemerintah serius dan perhatian dalam penyelenggaraan ibadah haji. Ada sejumlah keistimewaan diberikan oleh pemerintah. Diantaranya, ada subsidi yang diberikan oleh pemerintah kepada jemaah haji pada tahun ini. ONH per jemaah haji hanya Rp33 juta sekian. Sementara biaya realitas penyelenggaraan ibadah haji per jemaah sebesar Rp60,7 juta lebih. "Jadi, ada sekitar Rp27 juta lebih subsidi dari pemerintah. Ini adalah bagian dari keistimewaan yang diberikan oleh pemerintah kepada para jemaah haji tahun ini. Subsidi, sebesar Rp5 miliar untuk seluruh CJH Kabupaten Pasaman," katanya. (h/yud)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 Januari 2019 - 11:13:50 WIB

    Tahun Ini, MUI dan LKAAM Dapat Anggaran Rp500 Juta

    Tahun Ini, MUI dan LKAAM Dapat Anggaran Rp500 Juta PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Lembaga-lembaga yang mendukung perbaikan akhlak di Sumbar mendapat anggaran di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019. Mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Lembaga Kerapatan Adat Alam .
  • Rabu, 02 Januari 2019 - 11:23:27 WIB

    Pergantian Tahun, Pelabuhan Teluk Bayur Lepas dan Terima Kapal Barang

    Pergantian Tahun, Pelabuhan Teluk Bayur Lepas dan Terima Kapal Barang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Manajemen PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur mendapat momentum menarik saat pergantian tahun 2018-2019. Operator pelabuhan terbesar di Pantai Baat Sumatera itu mendapat momentum pelepasan kapal tera.
  • Jumat, 21 Desember 2018 - 10:36:59 WIB

    Jelang Akhir Tahun Waspada “Banjir” Narkoba di Sumbar

    Jelang Akhir Tahun Waspada “Banjir” Narkoba di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Penangkapan gembong narkoba di Payakumbuh, dan penangkapan dua kurir yang akan memasok 18 kg sabu dan 20 ribu pil happy five ke Sumbar oleh Polda Riau, awal pekan lalu membuat aparat menekan alarm.
  • Selasa, 18 Desember 2018 - 10:43:37 WIB

    Sambut Natal dan Tahun Baru, PLN Sumbar Gelar Apel Siaga

    Sambut Natal dan Tahun Baru, PLN Sumbar Gelar Apel Siaga PADANG, HARIANHALUAN.COM – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menggelar Apel Siaga Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Kelistrikan dalam rangka Natal & Tahun Baru di seluruh Kantor Unit Pelaksana.
  • Selasa, 02 Oktober 2018 - 10:30:50 WIB

    LKAAM Lima Tahun Tanpa Anggaran Dari Pemerintah

    LKAAM Lima Tahun Tanpa Anggaran Dari Pemerintah PADANG,HARIANHALUAN.COM – Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar tahun ini kembali mesti gigit jari. Anggaran untuk lembaga yang menjadi penjaga kekokohan adat Minangkabau tersebut diakomodir dalam Anggaran .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM