60 Persen JCH Berusia Lanjut


Kamis, 12 Juli 2018 - 09:37:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi
60 Persen JCH Berusia Lanjut Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sekretaris Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, Dr. Muhajirin Yanis mengatakan 60 persen jemaah calon haji (JCH) 2018 didominasi oleh jemaah usia lanjut dengan risiko tinggi. Untuk itu petugas harus mengawasi lebih ekstra, mulai dari mengingatkan mereka untuk menjaga makanan dan minuman yang dimakan hingga tak boleh kelelahan.

Hal itu disampaikan Muhajirin usai melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang 2018 di Aula Asrama Haji Padang, Selasa (10/7).

Menurutnya, risiko tinggi yang dimaksud di sini bukan berarti mereka naik haji dalam kondisi sakit-sakitan, tapi tetap dalam kondisi sehat dengan riwayat penyakit bawaan dari Indonesia. Penyakit mereka sewaktu-waktu bisa kambuh, karenanya dibutuhkan ketelatenan petugas haji dalam melayani mereka.

“Apalagi musim haji tahun ini dalam kondisi cuaca panas yang mencapai 40 derajat celcius.  Dalam kondisi cuaca panas, jamaah harus diingatkan untuk  rajin minum air, mengurangi aktivitas yang tidak terlalu penting, makan makanan yang bergizi, dan rajin cek kesehatan,” katanya.

Lebih lanjut Muhajirin mengatakan, seiring berjalannya waktu, semakin banyak pula jemaah yang usia lanjut dan risiko tinggi. Untuk itu, pemerintah telah men-drop obat-obatan sebanyak tujuh kontainer, dengan berat 70 ton beratnya ke Arab Saudi.

“Tantangan panitia lainnya karena 98 persen jemaah belum pernah berhaji. Jadi petugas harus benar-benar memberikan pelayanan maksimal untuk para jemaah,” ujarnya.

Saat ini pemerintah terus berupaya meningkatkan layanan pada jemaah, seperti proses imigrasi di bandara akan dipermudah dengan pengambilan biometrik dan sidik jari di embarkasi masing-masing.

Jadi jemaah kita tidak perlu menunggu sampai empat jam. Cukup 1-2 jam saja, langsung menuju penginapan. Untuk ujicoba layanan ini, akan dimulai dulu di Embarkasi Jakarta dan Embarkasi Juanda di Surabaya,” katanya.

Jika sukses, maka cara ini akan diterapkan di seluruh embarkasi haji yang ada di Indonesia. Hal ini tentunya akan sangat melegakan, karena jemaah tak lagi harus menjalani proses yang panjang.

“Jumlah makan jemaah juga ditingkatkan, tanpa mengurangi atau dibebankan pada living cost. Untuk tahun ini, living cost-nya sebanyak 500 riyal,” ujarnya.

Sementara Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri mengatakan, pada Embarkasi Padang ada 17 kloter, dengan 388 jamaah plus lima petugas per kloter. Untuk jamaah asal Bengkulu, mereka tetap hanya transit saja, seperti tahun sebelumnya.

“Kloter pertama sudah mulai masuk Senin (16/7) dan langsung diberangkatkan pada Selasa (17/7),”katanya.

Ia berharap pada seluruh PPIH, untuk merapatkan barisan agar bisa memberikan pelayanan haji terbaik bagi semua tamu Allah. PPIH merupakan ujung tombak untuk memberikan pelayanan yang baik bagi jemaah haji.

Hadir juga saat pelantikan Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Biro Pembinaan Mental dan Kesejahteraan Rakyat (Bintal dan Kesra) Setdaprov Sumbar, Ifrah. Ia berharap PPIH bekerja profesional dan bisa memberikan kesan yang baik pada semua tamu Allah.

Pada kesempatan itu, juga diberikan penghargaan kepada Kapolres Padang Pariaman karena sukses menegosiasikan kelanjutan asrama haji di Padang Pariaman. Tim sendiri juga melakukan kunjungan langsung ke Padang Pariaman, seusai acara.

Sedangkan Station Manager & Sales Garuda Indonesia Boma mengatakan, jemaah haji nantinya akan diangkut oleh pesawat Boeing 777-300. Pesawat jenis ini hemat bahan bakar, cukup satu kali diisi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), mencukupi sampai mendarat di Jeddah ataupun Madinah.

"Pesawat nantinya akan berada di udara selama 10 jam, dengan melewati India. Saat ini lalu lintas udara aman, sehingga bisa sampai tepat waktu," katanya.(h/mg-hen)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM