Padang Pariaman Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian Nagari


Rabu, 18 Juli 2018 - 10:42:02 WIB
Padang Pariaman Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian Nagari Dokumentasi Haluan

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman sampai saat ini masih kekurangan tenaga penyuluh.

Kepala Dinas Pertanian, Yurisman Yacub, Selasa (17/7) mengatakan, pihaknya membutuhkan 113 tenaga penyuluh dari 76 orang yang sudah ada. “Jadi kita masih membutuhkan 37 orang tenaga penyuluh lagi,” sebutnya.

Diantara penyebab kekurangan itu adanya tenaga penyuluh yang pensiun. Tahun 2018 ini ada 12 petugas penyuluh yang pensiun.

Menurut Kepala Dinas Pertanian itu, seharusnya satu nagari dibina oleh satu penyuluh pertanian. Karena tenaga kurang, terpaksa 1 penyuluh ada untuk dua nagari.

Di Kabupaten Padang Pariaman terdapat 103 nagari, seharusnya tenaga penyuluh sebanyak itu pula.
Yurusman mengakui, tahun lalu pihaknya mendapatkan tenaga penyuluh namun jumlahnya tidak memadai.

Jumlah yang ideal terhadap kebutuhan tenaga penyuluh memang sangat diperlukan untuk kemajuan pertanian di daerah ini. Tenaga penyuluh sangat penting berada pada angka yang kita butuhkan, karena mereka memberikan bimbingan kepada petani tentang pertanian untuk mengangkat produksi pertanian secara maksimal.

“Perlakuan yang baik dan pas terhadap tanaman pertanian sangat dibutuhkan untuk menghasilkan produksi maksimal,” pungkasnya. (h/tri)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM