NAPAK TILAS PRINGATI GUGURNYA BAGINDO AZIZ CHAN

Wali Kota Padang Ajak Pemuda Warisi Semangat Pahlawan


Jumat, 20 Juli 2018 - 09:08:37 WIB
Wali Kota Padang Ajak Pemuda Warisi Semangat Pahlawan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah melepas ribuan peserta napak tilas, yang diikuti oleh generasi muda Kota Padang, pada Rabu malam (18/7) di Kantor Gubernur Sumatera Barat.

 

PADANG,HALUAN—Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah melepas ribuan peserta napak tilas, yang diikuti oleh generasi muda Kota Padang, pada Rabu malam (18/7) di Kantor Gubernur Sumatera Barat. Pemerintah Kota Padang pun sukses menggelar kegiatan napak tilas yang ke-14 itu.

Sebelum melepas ribuan peserta, Wali Kota Padang Mahyeldi, terlebih dahulu membakar semangat dan memberikan motivasi kepada generasi muda. Mereka diingatkan lagi, agar selalu mengenang jasa para pahlawan.

“Napak tilas ini adalah salah satu cara mewarisi semangat keteladanan pahlawan terutama Bagindo Aziz Chan,”kata Mahyeldi.

Mahyeldi menyampaikan dengan semangat, bahwa adanya bangsa ini adalah hasil perjuangan para pahlawan dan pejuang terdahulu. Untuk itu, generasi muda saat ini harus mencermikan sikap pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

“Anak muda harus menghargai dan selalu ingat jasa pahlawan. Tanpa mereka kita tidak akan bisa menikmati hidup damai seperti sekarang,”kata Wako.

Menurutnya, pemuda menjadi penentu kemajuan bangsa. Orang yang tidak memperhatikan pemuda berarti tak serius mengurus bangsa. Sebab pemuda saat ini adalah pemimpin di masa mendatang.

“Pemko Padang sangat serius pada kemajuan pemuda. Berbagai program dilakukan agar pemuda tak salah jalan, sehingga masa depan menjadi baik,”kata Wako.

Setelah memberikan motivasi, wali kota secara resmi melepas peserta napak tilas sekitar pukul 21.00 WIB. Ribuan peserta melewati rute-rute yang telah ditentukan panitia.

Pada kesempatan itu hadir seluruh organisasi pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Padang, Forkopimda, Kabag Humas Pemko Padang Imral Fauzi, dan keluarga almarhum Bagindo Aziz Chan serta para kumpulan pejuang veteran Kota Padang.

Tak hanya menggelar kegiatan napak tilas, dalam memperingati hari gugurnya pahlawan nasional Bagindo Azis Chan yang ke-71, Pemerintah Kota Padang juga melaksanakan upacara di Lapangan Imam Bonjol Padang, Kamis pagi (19/7). Pada peringatan yang bertema “Dengan memperingati gugurnya pahlawan nasional Bagindo Aziz Chan, mari kita tingkat persatuan dan kesatuan”, ia  menyampaikan, tanggal 19 Juli merupakan hari bersejarah yang harus selalu diingat khususnya masyarakat Kota Padang. Hari ini, tepat 71 tahun yang lalu telah terjadi peristiwa heroik, gugurnya seorang Bagindo Aziz Chan Walikota Padang kedua yang ditembak secara ganas oleh serdadu Belanda.

“Maka itu, melalui upacara yang rutin dilaksanakan tiap tahun ini sebagai penghargaan kepada almarhum Bagindo yang banyak berjasa untuk negara ini khususnya Kota Padang," kata Mahyeldi dalam pidatonya.

Mahyeldi mengulas, semasa hidupnya Bagindo Aziz Chan telah memulai perjuangannya semenjak mahasiswa sampai ditunjuk menjadi Walikota Padang sejak 15 Agustus 1946 sampai 19 Juli 1947. Bagindo adalah pamong masyarakat Kota Padang yang tidak kenal lelah, berjiwa pemberani, dekat dengan masyarakat serta pantang menyerah demi mempertahankan kehormatan bangsa dan negara.

“Kita tentu ingat perkataan beliau yang sangat terkenal dengan, langkahi mayat saya dahulu, baru Belanda dapat memperluas wilayahnya. Hal ini tentunya bisa kita teladani dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga persatuan dan kesatuan untuk kedaulatan bangsa dan negara yang kita cintai ini,” ujar wako dengan semangat berapi-api.

Lebih lanjut Walikota menyerukan, seiring semakin jauhnya rentang waktu dari masa perjuangan Bagindo Aziz Chan, untuk di masa sekarang diharapkan jangan sampai melemah baik dari pemahaman dan penghayatan. Karena dengan terus dipeliharanya semangat juang itu, diharapkan bisa menjadi dasar motivasi dalam melestarikan nilai-nilai keperintisan perjuangan dan kepahlawanan. Terutama dimulai sejak dini sampai perguruan tinggi baik di lembaga formal maupun informal.

“Sebagai ungkapan terima kasih atas jasa perjuangan dan pengorbanan almarhum Bagindo Aziz Chan, mari kita semua membalasnya dengan senantiasa memantapkan komitmen moral untuk menyatukan tekad dan langkah guna mewujudkan cita-cita perjuangan beliau. Tentunya dengan bekerja keras, ulet, jujur serta penuh pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tuturnya.

Ditambahkan, adapun beberapa makna yang dapat diambil melalui perjuangan Bagindo Aziz Chan antara lain, bagi generasi penerus bangsa agar menjadikan jasa-jasa yang telah diberikan seorang Bagindo Aziz Chan sebagai sumber inspirasi dalam meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan.

“Selanjutnya, kita juga harus contoh tentang kepedulian beliau kepada keamanan masyarakat seperti ancaman moral bagi generasi penerus bangsa dengan cepat merespon setiap permasalahan yang dihadapi melalui gerakan yang positif dan menyentuh melalui peningkatan nilai-nilai religius,” katanya. (h/adv)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM