Sejumlah Massa Seruduk Kantor DPD Gerindra Sumbar


Jumat, 20 Juli 2018 - 09:50:13 WIB
Sejumlah Massa Seruduk Kantor DPD Gerindra Sumbar ilustrasi pileg 2019

PADANG,HARIANHALUAN.COM – Puluhan kader Gerindra mendatangi kantor DPD Gerindra Sumbar, menuntut Ketua DPD Nasrul Abit dan Sekretaris Desrio Putra mundur. Mereka menilai ada permainan internal partai dalam daftar calon sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Aksi protes yang berlangsung mulai 11.30 WIB di Kantor DPD Partai Gerindra Sumbar Jl. Bagindo Aziz Chan No. 34 Sawahan Kota Padang, berakhir 12.05 WIB. Mereka datang dengan membawa poster dengan tulisan-tulisan tuntutan mundur Ketua dan Sekretaris, poster-poster tersebut kemudian ditempelkan pada pagar kantor Gerindra tersebut.

Kader Gerindra tersebut menuntut dan meminta transparansi DPD Gerindra Sumatera Barat terkait hilangnya nama daftar bakal calon legislatif secara tiba-tiba.

“Ada dua nama bakal calon legislatif yang hilang tersebut terdapat di tingkat DPRD Provinsi dan DPRD Kota. Padahal, dua nama daftar bakal calon yang hilang sebelumnya telah tertuang dalam SK DPP Gerindra,” kata Penasehat DPD Gerindra Sumatera Barat, Hanafi Zein di halaman kantor DPD Gerindra Sumbar, Kamis (19/7).

Adapun SK yang keluar itu di antaranya dengan nomor 07-059/Kota/BACALEG/DPP-GERINDRA/2018 untuk DPRD Provinsi. Selanjutnya SK DPP nomor 07-073/Kpts/BACALEG/DPP-GERINDRA/2018 untuk DPRD Kota.

"Amanah partai yang berupa marwah partai, itu jangan dikangkangilah, kita harus mempunyai etika pengurusannya, sepeti perubahan nama Bacaleg pada Dapil Sumbar 2 nama Indra Kasman diganti dengan Mahyuddin,”kata Hanafi.

Terkait persoalan itu, Hanafi Zein mengungkapkan akan menjemput bola

dan memusyawarahkan kembali dengan pengurus DPD. Dugaan sementara, kasus ini karena tidak adanya keterbukaan di kepengurusan terhadap kader yang mencaleg.

"Maka itu kita meminta ke DPP dapat mengevaluasi dan meninjauan terhadap pengurus, tapi kami yakin tidak semua pengurus yang bermain, ada tapi oknum dari pengurus itu," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kalau tuntuan dari kader itu tidak ditanggapi dalam waktu dekat, pihaknya akan mendatangi kantor DPD Gerindra dengan jumlah masa yang lebih banyak.

Sementara, Ketua OKK DPD Gerindra Sumbar, Yusuf Abit, mengatakan pihaknya akan melakukan peninjauan atas tersebut. Selain itu, selaku sebagai perwakilan DPD juga akan mengusulkan ke DPP Gerindra.

"Kita akan tinjau lagi, siapa yang meninggalkan dan siapa yang ditinggalkan. Selain itu, kita juga mencari penyebab persoalan ini," katanya.

Atas permasalahan itu, ia meminta kader untuk bersabar dan berjanji akan menyelesaikan permasalahan iternal yang terjadi tersebut.

"Saya meminta kader untuk bersabar. Sekarang kan baru DCS (Daftar Calon Sementara) di KPU dan apabila memang ditemukan, kita benahi persyaratan dan kita ubah," katanya.

Tidak hanya itu, selaku ketua OKK DPD Gerindra ia akan mengundang para kader yang merasa ditinggal tersebut untuk duduk bersama. Karena Partai Gerindra adalah milik bersama dan bukan milik seorang pengurus.

"Ini janji saya kepada rekan-rekan kader, kita bersama kok engga bisa putuskan satu-satu saja," katanya.

Sementara Ketua DPD Gerindra Sumbar, Nasrul Abit mengaku sudah mengetahui aksi yang dilakukan beberapa orang kader Gerindra di kantor DPD Gerindra Sumbar. Ia juga berjanji akan mencari data-data kongkrit dan mengkaji titik permasalahannya.

Isunya soal pendaftaran nama Daftar Calon Sementara (DCS). Siapa-siapa yang tidak masuk dan apa persoalannya akan kami dalami dan selesaikan secara internal " katanya.

Terkait adanya permintaan mundur dirinya sebagai ketua DPD dan Sekretaris Desrio Putra mundur, Nasrul Abit mengaku siap. "Bisa saja, tidak ada masalah, saya siap mundur," katanya.

Kemudian, Narsul Abit juga menyampaikan terkait Gerindra Padang memang ada pertimbangan DPP untuk mengusung Erisman (mantan ketua DPRD Kota Padang).

"Saya kurang tahu apakah Erisman masuk atau tidak, tapi memang ada pertimbangan di Pusat soal dia. Keputusan pusat 20 persen memengaruhi usulan dari daerah," katanya. (h/mg-hen)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Juni 2019 - 22:02:16 WIB

    Predikisi Pilkada Pasbar 2020, Ini Sejumlah Nama yang Mulai Mengapung

    Predikisi Pilkada Pasbar 2020,  Ini Sejumlah Nama yang Mulai Mengapung PASBAR,HARIANHALUAN.COM-- Politikus Partai PBB Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Yasmul memprediksi Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Pasbar tahun 2020, akan diramaikan empat pasangan bakal calon bupati..
  • Ahad, 21 April 2019 - 00:44:25 WIB

    Sejumlah Provider Tak Bisa Akses Situs jurdil2019.org

    Sejumlah Provider Tak Bisa Akses Situs jurdil2019.org JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Situs jurdil2019.org tidak bisa diakses oleh sejumlah provider. Belum diketahui pasti apa penyebab situs yang berisikan hasil penghitungan suara Pilpres 2019-2024..
  • Jumat, 19 April 2019 - 01:20:13 WIB

    Sejumlah Lembaga Survei Dilaporkan ke Bareskrim

    Sejumlah Lembaga Survei Dilaporkan ke Bareskrim JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah lembaga survei dilaporkan ke Bareskrim Polri karena mengumumkan hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019. Lembaga survei ini dipolisikan terkait dugaan tindak pidana kebohongan pub.
  • Selasa, 18 September 2018 - 01:11:36 WIB
    DOKUMEN DUKUNGAN BEREDAR

    Sejumlah Kepala Daerah di Sumbar Dukung Jokowi

    Sejumlah Kepala Daerah di Sumbar Dukung Jokowi Para kepala daerah yang menandatangani dukungan menganggap penyelenggaraan pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia..
  • Ahad, 08 Juli 2018 - 18:44:19 WIB

    Bertemu dengan Sejumlah Tokoh, Putra Pasbar ini Siap Maju ke DPR RI

    Bertemu dengan Sejumlah Tokoh, Putra Pasbar ini Siap Maju ke DPR RI PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Menjelang Pemilihan Umum 2019, situasi politik di tanah air kian menghangat, terutama dengan munculnya bakal calon anggota wakil rakyat..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM