Pasca Sumbar Dihoyak Gempa, 26 Rumah Dilaporkan Rusak


Ahad, 22 Juli 2018 - 09:54:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pasca Sumbar Dihoyak Gempa,  26 Rumah Dilaporkan Rusak Seorang bocah terenyuh melihat rumahnya. IST
 

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Gempa yang  berpusat  di sekitar gunung Talang dan Mentawai  telah merusak sejumlah rumah warga dan bangunan. Selain itu juga terdapat korban meninggal dan korban  luka ringan.
 
Menurut pemutakhiran data oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar,  Minggu (22/7), telah  terjadi kerusakan  bangunan dan rumah warga di  sebagian daerah di Sumbar akibat getaran gempa. Goncangan akibat Gempa terjadi pukul 02.58 WIB pada Sabtu dinihari berkekuatan 5,4 SR di kota Padang  satu  rumah roboh. Rumah ini  milik  Rosnely, janda  berusia 57 tahun   di Kelurahan  Seberang Padang,    Kecamatan Padang Selatan. Namun penghuni rumah tidak mengalami cedera.
 
Sementara itu,  Gempa tektonik 5.5 SR yang mengguncang Sumbar pada Sabtu 21 Juli 2018 pukul 14.58 WIB berdampak  pada rusaknya sejumlah bangunan di Kabupaten Solok.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar E Rahman melaporkan, 13 unit rumah warga mengalami  rusak  berat,  dan 12 rumah warga mengalami rusak  ringan.
 
Selain itu  bencana gempa juga mengakibatkan satu orang meninggal dan dan  dua orang luka ringan, serta seorang ibu hamil mengalami pendarahan.
BPBD Sumbar dan BPB Kabupaten Solok  telah berkoordinasi dan menurunkan paket bantuan lauk pauak,  makanan siap saji, sandang, perelengkapan makan, dan  selimut.
 
Sebelumnya, harianhaluan.com melaporkan Bustami Buyuang (63),  seorang warga Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok    meninggal dunia akibat ditimpa material bangunan roboh pasca gempa. (dn/isg)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 April 2019 - 14:40:11 WIB

    Pascagempa, 50 KK di Solsel Masih Tinggal Ditenda

    Pascagempa, 50 KK di Solsel Masih Tinggal Ditenda SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Massa transisi pasca bencana gempa (Solsel) sudah memasuki hari ke-20 pada Rabu (3/4) dari 90 hari sejak ditetapkan pemerintah setempat pada 14 Maret 2019. Sejauh ini, masih ada sekitar 50 ke.
  • Ahad, 03 Februari 2019 - 19:14:57 WIB

    Pasca Gempa Mentawai, BPBD Pessel Imbau Masyarakat Tetap Waspada

    Pasca Gempa Mentawai, BPBD Pessel Imbau Masyarakat Tetap Waspada PAINAN, HALUAN.Com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), menghimbau masyarakat agar mewaspadai jika sewaktu-waktu terjadi gempa susulan di daerah itu..
  • Jumat, 11 Januari 2019 - 10:49:02 WIB

    Pasca Diamankannya Buku di Padang, Soal Ideologi Memang Sensitif

    Pasca Diamankannya Buku di Padang, Soal Ideologi Memang Sensitif PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait diamankannya buku yang diduga berbau komunis oleh TNI beberapa waktu lalu, tokoh masyarakat Kota Padang yang juga pengajar di Stisipol Padang, Zaitul Ikhlas Saad mengatakan, langkah yang dila.
  • Rabu, 24 Oktober 2018 - 17:28:32 WIB

    Pasca Penyegelan Kantor Lurah Payolansek , Ketua LPM Mundur

    Pasca Penyegelan Kantor Lurah Payolansek , Ketua LPM Mundur PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Pada Selasa (23/10) malam, puluhan warga Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat mendatangi kantor lurah. Tak hanya warga saja, melainkan dari tokoh masyarakat, pemuda, karang taruna,  .
  • Ahad, 14 Oktober 2018 - 19:32:39 WIB
    SEMEN PADANG SALURKAN  BANTUAN SEMBAKO

    Pascabanjir Pasaman, Perekonomian Masyarakat Terancam Lumpuh

    Pascabanjir Pasaman, Perekonomian Masyarakat Terancam Lumpuh PASAMAN, HARIANHALUAN.COM- Pascabanjir melanda sebagian Kecamatan di Kabupaten Pasaman, perekonomian masyarakat terancam lumpuh. Sebab, selain rumah digenangi banjir, ratusan hektar lahan pertanian, perkebunan dan kolam ikan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM