Pasca Sumbar Dihoyak Gempa, 26 Rumah Dilaporkan Rusak


Ahad, 22 Juli 2018 - 09:54:48 WIB
Pasca Sumbar Dihoyak Gempa,  26 Rumah Dilaporkan Rusak Seorang bocah terenyuh melihat rumahnya. IST
 

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Gempa yang  berpusat  di sekitar gunung Talang dan Mentawai  telah merusak sejumlah rumah warga dan bangunan. Selain itu juga terdapat korban meninggal dan korban  luka ringan.
 
Menurut pemutakhiran data oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar,  Minggu (22/7), telah  terjadi kerusakan  bangunan dan rumah warga di  sebagian daerah di Sumbar akibat getaran gempa. Goncangan akibat Gempa terjadi pukul 02.58 WIB pada Sabtu dinihari berkekuatan 5,4 SR di kota Padang  satu  rumah roboh. Rumah ini  milik  Rosnely, janda  berusia 57 tahun   di Kelurahan  Seberang Padang,    Kecamatan Padang Selatan. Namun penghuni rumah tidak mengalami cedera.
 
Sementara itu,  Gempa tektonik 5.5 SR yang mengguncang Sumbar pada Sabtu 21 Juli 2018 pukul 14.58 WIB berdampak  pada rusaknya sejumlah bangunan di Kabupaten Solok.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar E Rahman melaporkan, 13 unit rumah warga mengalami  rusak  berat,  dan 12 rumah warga mengalami rusak  ringan.
 
Selain itu  bencana gempa juga mengakibatkan satu orang meninggal dan dan  dua orang luka ringan, serta seorang ibu hamil mengalami pendarahan.
BPBD Sumbar dan BPB Kabupaten Solok  telah berkoordinasi dan menurunkan paket bantuan lauk pauak,  makanan siap saji, sandang, perelengkapan makan, dan  selimut.
 
Sebelumnya, harianhaluan.com melaporkan Bustami Buyuang (63),  seorang warga Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok    meninggal dunia akibat ditimpa material bangunan roboh pasca gempa. (dn/isg)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM