Di Agam, Kecelakaan Disebabkan Kelalaian Pengendara


Senin, 23 Juli 2018 - 17:17:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Agam, Kecelakaan Disebabkan Kelalaian Pengendara Ilustrasi (haluan)

AGAM, HARIANHALUAN.COM- Satlantas Polres Agam terus meningkatkan sosialiasasi dalam menekan kecelakaan lalu lintas. Sebab, sebagian besar kecelakaan disebabkan kelalaian pengguna kendaraan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Agam, Syafrizal Nanin, Minggu (22/7) mengatakan, faktor utama terjadinya kecelakaan akibat kelalaian pengendara. Oleh sebab itu pihaknya terus mendorong kesadaran masyarakat. " Kecelakaan sebagian besar disebabkan faktor manusia, salah satunya tidak mengindahkan faktor-faktor keselamatan dalam berkendara," katanya.

Ia menjelaskan, sejak awal tahun 2018 lebih kurang terjadi 115 kasus kecelakaan, jumlah tersebut relatif tinggi. Pihak kepolisian komit dalam meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat melengkapi perlengkapan berkendara, untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan.

" Sosialisasi terus dilakukan agar masyarakat memiliki pengetahuan yang cukup sehingga mereka menggunakan perlengkapan keselamatan dalam berkendara. Begitu juga dengan surat-surat," jelasnya.

Selain turun langsung ke masyarakat, sosialisasi juga dilakukan dalam bentuk pemasangan baliho spanduk pada banyak tempat. Secara umum pesan yang disampaikan untuk menghindari sembilan pelanggaran prioritas.

Dikatakannya, pelanggaran utama seperti menggunakan kendaraan dalam keadaan mabuk, kemudian menggunakan kendaraan tidak pakai sabuk pengamanan untuk roda empat, tidak memakai helm bagi pengendara sepeda motor.

Kemudian, menggunakan kendaraan tanpa surat izin mengemudi. Mengendarai kendaraan bagi anak di bawah umur. Mengisi muatan melebihi kapasitas, kendaraan, untuk roda dua berbonceng tiga.

" Faktor-faktor keselamatan ini harus diperhatikan oleh pengendara, agar peluang kecelakaan bisa diminimalkan," jelasnya. (h/yat)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 13:20:20 WIB

    Kantor Baru DLH Bukittinggi Diresmikan

    Kantor Baru DLH Bukittinggi Diresmikan BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Dibangun dengan anggaran sebesar lebih kurang Rp 11 miliar, kantor baru Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi diresmikan pemakaiannya oleh Wali Kota Bukittinggi, Senin (12/12)..
  • Senin, 21 Januari 2019 - 12:46:11 WIB

    63 Jorong di Agam Belum Terjangkau Internet

    63 Jorong di Agam Belum Terjangkau Internet AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 63 dari 467 jorong (dusun) di Kabupaten Agam, merupakan daerah yang belum terjangkau jaringan internet karena belum memiliki tower provider telekomunikasi..
  • Jumat, 18 Januari 2019 - 19:13:32 WIB

    Narapidana di Lapas Kelas II B Pariaman Ikut Perekaman KTP el

    Narapidana di Lapas Kelas II B Pariaman Ikut Perekaman KTP el PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus melakukan fasilitasi agar hak pilih warga Kabupaten Padang Pariaman pada Pilpres dan Pileg 2019 dapat digunakan deng.
  • Jumat, 18 Januari 2019 - 10:02:28 WIB

    Usulan “Mengganti BIM” Dikritik

    Usulan “Mengganti BIM” Dikritik BIM itu milik Sumbar, bukan milik Padang Pariaman saja. Tak ada hak bupati untuk menggantinya. Jika bupati ingin menggunakan nama Syekh Burhanuddin, silakan buat lapangan terbang sendiri. Jika memang diizinkan oleh pusat memb.
  • Kamis, 17 Januari 2019 - 23:51:52 WIB

    Puluhan Mahasiswa Aksi Damai di Kantor Bupati Pessel

    Puluhan Mahasiswa Aksi Damai di Kantor Bupati Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Pesisir Selatan (Pessel), melakukan aksi damai di depan kantor bupati setempat. Dalam orasi tersebut, sedikitnya ada lima item pertany.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: redak[email protected]
APP HARIANHALUAN.COM