Riza Falepi Minta Proses DAK Dipermudah


Rabu, 25 Juli 2018 - 14:06:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Riza Falepi Minta Proses DAK Dipermudah BERTEMU PRESIDEN - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menghadiri pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Senin (23/4). IST

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi bersama para kepala daerah lain yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), menghadiri pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Senin (23/4). Dalam pertemuan tersebut, 33 Wali Kota se-Indonesia tersebut berbicara tentang pembangunan di daerah.

Dari Sumbar, Riza Falepi sendiri yang hadir bersama Wali Kota Padang dan Wali Kota Bukittinggi. Ia meminta kepada Presiden Jokowi agar proses memperoleh Dana Alokasi Khusus dipermudah. “Kalau bisa dipermudah dengan dibagi secara rata sekian miliar per tahun per daerah,” ujar Riza.

Menurut Riza, dengan cara seperti itu, proses memperoleh DAK yang selama ini sering melalui lobi lewat Kementerian maupun DPR, bisa diminimalisir. “Apalagi proses lobi seperti itu kadang beresiko ditangkap tangan oleh KPK,” ucapnya.

Selain membahas DAK, banyak hal yang disampaikan Riza dan para Wali Kota lainnya diantaranya masalah dana kelurahan sebagai pengganti dana desa, kewenangan mengurus SLTA dikembalikan ke kabupaten/kota, perekrutan ASN, dan seterusnya.

“Masalah SLTA, Presiden setuju kewenangannya dikembalikan ke kabupaten/kota. Namun perlu diketahui, prosesnya harus dibahas kembali di DPR, sebab terkait dengan Undang-Undang,” kata Riza.

Riza mengatakan dalam pertemuan tersebut, Presiden menginstruksikan, agar belanja APBD lebih efektif, urusan investasi dipermudah, dan perekrutan ASN baru diprioritaskan untuk kebutuhan khusus seperti dokter, tenaga teknis, guru, perawat, akuntan, dan auditor. Sementara untuk kebutuhan administrasi kantor diminimalisir.

Mantan anggota DPD RI itu menyampaikan, sebagian besar ide dan saran Presiden sudah mulai dilaksanakan.

“Hal yang paling nyata adalah porsi anggaran belanja modal di Kota Payakumbuh yang lebih besar dari pada belanja rutin. Dengan begitu, Insya Allah dampak pembangunan di Kota Payakumbuh akan lebih terasa,” tuturnya. (h/mg-ari)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Desember 2018 - 10:29:38 WIB

    Riza Falepi Promosikan Randang ke Jeddah

    Riza Falepi Promosikan Randang ke Jeddah PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi melakukan pendampingan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan produk rendang ke Jeddah, Arab Saudi pekan lalu. Riza mengajak 4 pengusaha dengan target lahir.
  • Senin, 21 Agustus 2017 - 09:25:26 WIB
    Pasca Pelantikan di Kabupaten Limapuluh Kota

    Ferizal Ridwan: Jika Tidak Saya Luruskan, Bupati Irfendi Arbi Berpotensi Langgar UU

    Ferizal Ridwan: Jika Tidak Saya Luruskan, Bupati Irfendi Arbi Berpotensi Langgar UU LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota buncah pasca Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan melantik dua orang eselon II dan mengembalikan jabatan Sekdakab kepada Yendri Thomas Jumat (18/7.
  • Ahad, 07 Mei 2017 - 19:27:20 WIB

    Anggota DPR RI Refrizal Bedah Lapau di Bukittinggi.

    Anggota DPR RI Refrizal Bedah Lapau di Bukittinggi. BUKITTINGGI, HALUAN – Anggota DPR RI asal Sumbar H. Refrizal gelar pertemuan dan peresmian bedah lampau ke 987 dengan warga Agam dan Bukittinggi di gedung Zetka Belakang Balok Bukittinggi, Jumat (6/5)..
  • Kamis, 16 Februari 2017 - 07:40:19 WIB
    Pilkada Payakumbuh

    Riza-Wandel Saling Klaim, Wendra Pilih Legowo

    Riza-Wandel Saling Klaim, Wendra Pilih Legowo PAYAKUMBUH, HALUAN – Kota Payakumbuh berpesta demokrasi dalam Pilkada serentak, (15/2) kemarin. lebih 50 ribu masyarakat dari 84.329 Daftar Pemilih Tetap (DPT) kota Payakumbuh mencoplos. Dalam perhitungan cepat dari relawan.
  • Selasa, 22 November 2016 - 21:21:27 WIB

    H. Refrizal : Menjaga Nilai Pancasila di Kehidupan Sehari-hari

    H. Refrizal : Menjaga Nilai Pancasila di Kehidupan Sehari-hari PARIAMAN – Pancasila tidak hanya sebagailambang, tetapi bagian dari empat pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD 1945 Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Dengan empat pilat tersebut semangat kebangsaan akan tetap terjaga..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM