Bulan Darah Menyebabkan Perubahan Cuaca


Jumat, 27 Juli 2018 - 22:51:52 WIB
Bulan Darah Menyebabkan Perubahan Cuaca Ilustrasi (BMKG)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan fenomena alam yang akan terjadi (28/7) dini hari, memiliki julukan Micro Blood Moon atau bulan darah.

Kepala BMKG Minangkabau Achadi Subarkah Raharjo menyebutkan, saat fenomena alam itu berlangsung, jarak antara Bumi dan Bulan bisa mencapai 406.000 km, lebih jauh dari jarak rata-rata yang biasanya mencapai 384.000 km.

"Pada saat blood moon itu juga disebut gerhana bulan total, bulan berwarna merah darah. Warna merah darah tersebut disebabkan pembiasan cahaya Matahari oleh atmosfer bumi sehingga warna merah cahaya Matahari menimpa purnama," ucapnya.

Ia mengatakan, kejadian alam ini berpengaruh terhadap gaya pasang surut dan naik air laut. Tapi pada peristiwa kali ini tidak terlalu besar, tingginya gelombang laut yang terjadi beberapa hari yang lalu hingga hari ini, lebih banyak disebabkan karena dinamika cuaca. 

Ini kondisi tekanan tinggi yang bertahan di Samudra Hindia (barat Australia) atau disebut dengan istilah Mascarene High memicu terjadinya gelombang tinggi di perairan selatan Indonesia, hal ini dikarenakan kecepatan angin yang tinggi di sekitar wilayah kejadian mascarene high di Samudra Hindia (barat Australia), ungkapnya.

Achadi katakan, kondisi ini menjalar hingga wilayah Perairan Barat Sumatera, Selatan Jawa. Kondisi tersebut juga berdampak pada peningkatan tinggi gelombang hingga berkisar 4.0 – 6.0 meter di perairan selatan Jawa hingga Nusa Tenggara.

Kepala BMKG Minangkabau menghimbau, untuk kewaspadaan akan potensi gangguan cuaca seperti hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi masih perlu diwaspadai, terutama dampak yang ditimbulkannya.

Achadi mengungkapkan, peringatan gelombang tinggi untuk periode tanggal 26 – 29 Juli 2018, tinggi gelombang antara 1,25 – 2,5 M berpeluang terjadi di Perairan timur Kepulauan Mentawai. Nelayan, Pengguna/operator sarana transportasi laut dan masyarakat disekitar pesisir untuk menyesuaikan dengan kondisi yang tengah terjadi, untuk kenyamanan aktifitas sehari-hari. (h/mg-pmi).

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 22:04:39 WIB

    Parah! Garin Lansia di Padang Ini Bikin Hamil Tiga Bulan Anak Tetangga

    Parah! Garin Lansia di Padang Ini Bikin Hamil Tiga Bulan Anak Tetangga PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Seorang pria berusia 71 tahun di Padang diciduk oleh personel Opsnal Polsek Koto Tangah, Senin (4/5/2020) malam. Pria tua yang berprofesi sebagai garin itu diamankan karena melakukan tindak asusila.
  • Jumat, 01 Mei 2020 - 19:13:30 WIB

    Sebulan Diintai, Jambret Sadis 13 TKP di Padang Ini Diciduk Tanpa Perlawanan

    Sebulan Diintai, Jambret Sadis 13 TKP di Padang Ini Diciduk Tanpa Perlawanan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Seorang tersangka jambret yang disebut sudah beraksi di 13 tempat kejadian perkara (TKP) berhasil dibekuk oleh Unit Opsnal Polsek Nanggalo, Rabu (29/4/2020) siang lalu di Jalan Berok Raya, Keluraha.
  • Sabtu, 25 April 2020 - 21:44:30 WIB

    Ya Allah! Ambulans Bawa Pasien Positif Corona Kecelakaan

    Ya Allah! Ambulans Bawa Pasien Positif Corona Kecelakaan BANDA ACEH, HARIANHALUAN.COM -- Satu unit ambulans yang membawa pasien positif virus corona (Covid-19) mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Meulaboh-Banda Aceh, Desa Lamtui, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (25/4)..
  • Jumat, 24 April 2020 - 22:43:23 WIB

    Bayi 4 Bulan Anak TKI di Sumsel Positif Corona

    Bayi 4 Bulan Anak TKI di Sumsel Positif Corona PALEMBANG, HARIANHALUAN.COM - Seorang bayi berusia 4 bulan warga Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan positif terpapar virus corona. Dia merupakan anak dari seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru pulang dari Malaysia.
  • Senin, 20 April 2020 - 18:56:07 WIB

    Pelaku Pencabulan di Dharmasraya Diciduk Polisi

    Pelaku Pencabulan di Dharmasraya Diciduk Polisi DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Polres Dharmasraya berhasil mengamankan seorang laki-laki  pelaku tindak pidana pencabulan berinisial "AS" (32), warga Jorong Sungai Kalang 1, Nagari Tiumang, Kecamatan Tiumang, Senin.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]