SENATOR DPD RI NOFI CHANDRA

Alahan Panjang Siap Jadi KEK Pertanian


Senin, 06 Agustus 2018 - 22:28:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Alahan Panjang Siap Jadi KEK Pertanian Ilustrasi (haluan)

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Untuk mencapai swasembada bawang merah, pemerintah pusat dituntut memberikan perhatian khusus kepada kawasan yang gadang-gadang menjadi sentra penghasil bawang merah di pulau Sumatera itu.

Hal itu diungkapkan oleh senator DPD RI Nofi Candra menjawab kunjungan Dirjen Holtikultura Suwandi ke kawasan Lembah Gumanti Kab. Solok, Sabtu (4/8).

Menurut Nofi, Pihaknya bersama petani Alahan Panjang sudah bertahun-tahun memperjuangkan Alahan Panjang mendapat perhatian khusus dari pemerintah, bukan sekedar pujian dan janji.

Bagi petani, katanya, menjual bawang di tingkat lokal kurang menjanjikan karena sering kali diterjang harga murah.

Dalam kacamata Nofi, Alahan Panjang harus pula menjadi zona produksi bawang untuk diekspor ke luar negeri, seperti yang baru-baru ini berhasil dilakukan Brebes.

Namun, menurut Nofi, untuk bisa sampai menghasilkan bawang yang akan diekspor tentu membutuhkan kebijakan khusus dan keberpihakan fiskal khusus.

“Saya mengusulkan agar status Kawasan Ekonomi Khusus Pertanian atau Agrobisnis disematkan ke kawasan Alahan Panjang, agar semua kebutuhan perangkat regulasi dan fiskal bisa diberikan," kata Nofi.

Sebelumnya, Dirjen Hortikultura Suwandi saat mengunjungi Alahan Panjang, Sabtu (4/8) menuturkan, kunci keberhasilan swasembada bawang merah yakni penataan dan penumbuhan sentra produksi yang tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Solok kata dia, kini menjelma menjadi kawasan produksi bawang merah terbesar di Sumatera dengan luas panen lebih dari 7.300 hektar/tahun. Khusus Kecamatan Lembah Gumanti saja mencapai 4.600 hektar lebih.

 “Ini luar biasa. Kesuksesan Solok saat ini tak lepas dari peran kunci Mentan Amran dalam membangkitkan gairah petani setempat untuk memperluas areal tanam bawang merah, sejak 2016 lalu," ujar Suwandi. (h/ndi)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 September 2016 - 03:10:35 WIB

    Warga Sariak Alahan Tigo Peroleh Bibit Manggis dan Durian

    Warga Sariak Alahan Tigo Peroleh Bibit Manggis dan Durian ALAHAN PANJANG,HALUAN — Masyarakat Sariek Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, memperoleh bantuan bibit manggis dan durian dari Dinas Pertanian kabupaten Solok. Bantuan ini merupakan partisipasi Arlon Sutan Sati, anggota.
  • Ahad, 12 Juni 2016 - 17:01:50 WIB

    Permasalahan Hibah Tanah SMP 7 Mulai Dibahas

    AGAM, HALUAN- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Agam bersama pemerintah daerah akan menuntaskan membahas permasalahan tanah SMP Negeri 7 Lubuk Basung, dimana tanah sekolah masih belum bisa jadi aset daerah. .
  • Selasa, 23 Februari 2016 - 03:01:42 WIB

    Jalan Alahan Panjang-Talang Babungo Rusak Parah

    Arosuka, Haluan — Kon­disi jalan Kabupaten Solok yang menghubungkan Alahan Pan­ja­ng-Talang Babungo dan Sa­riak Alahan Tigo kian mem­pe­rihatinkan.Banyaknya lo­bang menganga, yang ketika musim hujan berubah menjadi k.
  • Rabu, 03 Februari 2016 - 03:26:56 WIB
    Satu Tersangka Masih Diburu

    Tiga Perampok Toke Pupuk Alahan Panjang Diringkus

    Tiga Perampok Toke Pupuk Alahan Panjang Diringkus Atas bantuan masyarakat, polisi berhasil meringkus tiga dari empat kawanan rampok di Alahan Panjang. Identitas pelaku diketahui dari rekaman CCTV..
  • Jumat, 08 Januari 2016 - 03:10:18 WIB
    Sidang Pilkada Limapuluh Kota di MK

    Dualisme PPP Jadi Permasalahan

    JAKARTA, HALUAN — Perpecahan di tubuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah membawa dampak pada Pilkada Limapuluh Kota 2015. Keabsahan PPP yang mengusung pasangan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan dipertanyakan oleh pihak Asy.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM