Lombok Kembali Diguncang Gempa, Warga Berhamburan


Rabu, 08 Agustus 2018 - 12:26:08 WIB
Lombok Kembali Diguncang Gempa, Warga Berhamburan Seorang bocah korban gempa Lombok NTB, sudah mendapatkan pengobatan. IST


LOMBOK,HARIANHALUAN.COM-Gempa bumi kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Bara. Warga berhamburan begitu gempa  berkekuatan 4,5 SR terjadi Rabu pagi, pukul 09.10 WITA.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  merilis  informasi pagi tadi, gempa telah  terjadi pada pukul 09.10 Wita 8 Agustus 2018,  dengan kekuatan 4,9 Skala Richter.  Gempa yang terjadi pada pagi ini membuat sebagian warga panik dan berhamburan ke luar tenda pengungsian dan keluar rumah.  

Warga terlihat keluar ke jalan raya. Tidak sedikit juga yang menggunakan motor dan mobil. Namun, kepanikan tidak berlangsung lama. Warga yang menyadari gempa susulan tidak membahyakan, langsung kembali ke rumah mereka.

Sejauh ini belum  diperoleh informasi tentang korban dan kerusakan, akibat dampak gempa susulan yang cukup kuat tersebut.

Hingga pagi tadi  telah terjad lebih dari 230 gempa susulan  yang terekam,  sejak terjadinya gempa dengan kekuatan 7 skala richter di Lombok tanggal 5 Agustus malam. 

Menurut data  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, hingga hari ini diperkirakan 105 orang meninggal dan 236 orang luka-luka akibat gempa bumi di Lombok.

Saat ini, ribuan warga telah mengungsi dari rumah mereka dan membutuhkan perlengkapan-perlengkapan penting untuk kebutuhan tempat tinggal sementara. 

Bantuan yang sangat  dibutuhan dan perlu sesegeranya distribusikan  seperti terpal, tikar, selimut, sarung, gergaji, linggis, sendok, palu, paku, dan sepatu karet untuk para korban bencana di Lombok.

"Diperkirakan jumlah korban akan bertambah karena evakuasi korban tertimpa bangunan masih dilakukan Tim SAR gabungan," kata Sutopo. (dn/*)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Juli 2019 - 22:31:32 WIB

    Jumat Malam, Lombok Utara Kembali Digoyang Gempa

    Jumat Malam, Lombok Utara Kembali Digoyang Gempa PADANG, HARIANHALUAN.COM-Wilayah Lombok Utara Jumat (26/7/2019) malam kembali diguncang gempa bumi. Gempa ber p[usat di laut, naun BMG menyatakan gempa tidak berpotensi Tsunami. .
  • Selasa, 16 Juli 2019 - 15:20:11 WIB

    Gempa Bermagnitudo 6 Guncang Bali, Getaran Terasa di Lombok dan Lumajang

    Gempa Bermagnitudo 6 Guncang Bali, Getaran Terasa di Lombok dan Lumajang DENPASAR, HARIANHALUAN.COM – Selang sehari gempa M 7,2 di Mauluku Utara, giliran Bali diguncang gempa. Gempa yang terjadi pukul 07.18 wib tadi pagi, Selasa (16/7) itu berkekuatan magnitudo 6. .
  • Ahad, 14 Juli 2019 - 20:58:54 WIB

    Helikopter Jatuh di Luar Pagar Bandara Lombok, Tiga WNA Dilarikan ke Rumah Sakit

    Helikopter Jatuh di Luar Pagar Bandara Lombok, Tiga WNA Dilarikan ke Rumah Sakit JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Tiga penumpang Warga Negara Asing (WNA) luka-luka saat insiden helikopter jatuh di luar pagar Bandara Internasional Lombok Praya, Minggu (14/7). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan insi.
  • Jumat, 21 Juni 2019 - 21:39:56 WIB

    Malam Ini Lombok NTB Kembali Diguncang Gempa

    Malam Ini Lombok NTB  Kembali Diguncang Gempa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB)  digetarkan gempa bumi  bermagnitudo 4,1, pukul 20.16 WIB Jumat malam ini , (21/6/2019)..
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 07:44:09 WIB

    Pulau Lombok Diguncang Gempa 4,3 Magnitudo

    Pulau Lombok Diguncang Gempa 4,3 Magnitudo JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Pulau Lombok  diguncang gempa bumi berkekuatan 4,3 magnitudo pada Ahad (16/6/2019)  dini hari tadi.  Namun BMKG memastikan gempa cukup kuat yang berpusat di laut  ini tidak berpotensi menimbulkan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM