Banyak Lansia di Payakumbuh, Pertanda Suksesnya Pembangunan


Kamis, 09 Agustus 2018 - 20:30:59 WIB
Banyak Lansia di Payakumbuh, Pertanda Suksesnya Pembangunan Dinas Sosial Kota Payakumbuh gelar Sarasehan Bersama Lansia di Aula BIB Peternakan Sumbar, Kelurahan Ibuh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis (9/8).

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Jumlah penduduk yang lanjut usia (lansia) di Kota Payakumbuh yang terus meningkat, dianggap menjadi pertanda kesuksesan pembangunan. Sebab, semakin banyak penduduk lansia berarti semakin banyak pula warga Payakumbuh yang panjang umur.

 “Salah satu indikator keberhasilan pembangunan adalah semakin meningkatnya Usia Harapan Hidup (UHH) penduduk. Dengan semakin meningkatnya UHH, jumlah penduduk lansia terus meningkat dari tahun-ke tahun,” ujar Staf Ahli Wali Kota Payakumbuh Edvidel Arda dalam acara Sarasehan BersamaLansia yang digelar oleh Dinas Sosial Kota Payakumbuh, di Aula BIB Peternakan Sumbar, Kelurahan Ibuh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis (9/8).

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

 Dalam sarasehan untuk memperingati Hari Lanjut Usia 2018 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Elzadaswarman, Sekretaris Dinas Sosial Kasril Kamil, Kabag Kesra Ulfakhri, pendakwah Ustaz Niftahul Gani, Ketua Pelaksana Lansia Iskandar dan ratusan lansia itu, Edvidel Arda meyampaikan, lansia mempunyai hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 “Lansia menurut Undang-Undnag adalah usia 60 tahun ke atas. Mereka berhak mendapatkan bimbingan dari pemerintah termasuk menciptakan suasana yang menunjang bagi peningkatan kesejahteraan sosial lansia,” tuturnya.

Baca Juga : Diskominfo Solok Selatan Jalin Kebersamaan dengan Awak Media

 Menurut Edvidelusia lanjut bisa dikatakan sebagai usia emas karena tidak semua orang dapat mencapai usia tersebut. Jika seseorang telah berusia lanjut akan memerlukan tindakan perawatan yang lebih baik yang bersifat promotif maupun preventif, agar iadapat menikmati masa usia emasnya serta menjadi lansia yang berdayaguna,” ujarnya.

 Lebih lanjut, Edvidel menerangkan Pemko Payakumbuh terus berusaha untuk melakukan pemberdayaan lansia di antaranya melalui program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) lansia. “Kami bertekad Payakumbuh menjadi Kota Ramah Lansia sehingga para lansia di kota ini menjadi lebih berbahagia dalam kehidupannya,” ucapnya. (mg-ari)

 

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]