Jaringan Fiber Optik Bakal Masuk Desa di Sumbar


Jumat, 10 Agustus 2018 - 11:50:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jaringan Fiber Optik Bakal Masuk Desa di Sumbar Dok (telkom)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berencana menghadirkan jaringan berbasis teknologi fiber optik untuk seluruh desa di Provinsi Sumbar. Teknologi fiber optik mempunyai kelebihan yang mendukung kecepatan transfer data dan sinyal yang lebih baik.

Hal itu disampaikan GM Witel Telkom Sumvar, Sulkan saat ditemui Haluan di Kantor Telkom, Kamis (9/8).

"Ambisi kita menjadikan Sumbar Nagari IndiHome. Maksudnya, di semua Nagari di Sumbar ini ada layanan IndiHome. Sekarang ini kita sudah sediakan teknologi fiber optik ini di seluruh kabupaten/kota di Sumbar," katanya didampingi Sekretaris Perusahaan Telkom Witel Sumbar, Sunhadi.

Sulkan mengatakan, dengan adanya dana desa yang mengalir ke Nagari artinya kebutuhan akan konektifitas internet berbasis kabel optik sangat tinggi. "Sekarang kan alur informasi berubah, dari desa data diunduh ke pusat untuk digitalisasi. Artinya Nagari di Sumbar ini akan Go Digital sesuai tuntutan dana desa. Kita harus sesuaikan pengembangan alat produksi untuk memenuhi itu," katanya.

Pembangunan jaringan optik hingga ke Nagari di Sumbar,kata Sulkan, akan berdampak ke dua segmen pasar. Pertama, untuk pasar consumer terbuka berkembangnya layanan triple play IndiHome. Kedua, untuk segmen korporasi bisa membuka kebutuhan terhadap platform smart city nusantara dan lainnya.

"Potensi untuk pengembangan bisnis internet di Sumbar ini besar sekali. Bicaranya jangan Kota Padang saja, Bukittinggi, Payakumbuh, dan kota lainnya permintaan internet cepat itu besar," ujarnya.

Selain itu, saat ini telkom sudah mengembangkan platform smart city nusantara (SCN) yang bisa menjadi andalan bagi pemerintah kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar) untuk memberikan layanan publik bagi urang awak.

“Di Sumbar ini ada 19 kabupaten/kota, hanya tersisa tiga wilayah lagi yang belum adopsi smart city nusantara. Tahun ini kita akan buat di seluruh Sumbar adopsi SCN,” ujarnya

Ia berharap, solusi smart city nusantara di Sumbar bisa maksimal seiring akan digelarnya jaringan kabel optik hingga tingkat Nagari atau desa. "Sekarang kan alur informasi berubah, dari desa data diunduh ke pusat untuk digitalisasi. Artinya Nagari di Sumbar ini akan Go Digital sesuai tuntutan dana desa. Apalagi kan di SCN ada solusi e-kelurahan juga," katanya.

Ia mengatakan, Telkom terus mengembangkan Program Smart City Nusantara yaitu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembangunan dan pengelolaan kota/daerah guna meningkatkan kinerja pemerintah daerah.

Penerapan konsep Smart City Nusantara, kata Sulkan, agar pemerintah daerah mampu memberikan pelayanan berkelanjutan, efektif serta dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan kehidupan masyarakat dan mengutamakan kearifan lokal.

Lainnya, Pimpinan Perusahaan Haluan, David Ramadian mengatakan, Haluan akan mendukung penuh program yang diluncurkan Telkom Indonesia Wilayah Sumbar.

"Selama program itu untuk kemajuan Sumbar. Kami dari Haluan siap untuk bekerjasama dengan Telkom. Apalagi saat ini kebutuhan masyarakat dengan internet sangat besar," ujarnya. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM