Belasan Bacaleg di Sawahlunto Gagal Masuk DCT


Senin, 13 Agustus 2018 - 13:57:27 WIB
Belasan  Bacaleg di Sawahlunto Gagal Masuk  DCT ilustrasi Pileg 2019
 
SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sawahlunto telah menerbitkan Daftar Calon Sementara (DCS) bakal calon legislatif (Bacaleg)  Pemilu 2019. DCS itu diumumkan mulai 12 - 14 Agustus.
 
"Dari 266 bacaleg yang mendaftar, setelah di verifikasi dan masa perbaikan ada 12 bacaleg yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Setelah diumumkan kita akan menunggu masukan ataupun pendapat masyarakat terhadap DCS tersebut dan selanjutnya melakukan verifikasi," kata Ketua KPU Sawahlunto, Fadhlan Armey kepada harianhaluan.com, Ahad (12/8).
 
Fadhlan menambahkan, 12 bacaleg yang TMS berasal dari 10 Bacaleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI), 1 bacaleg Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan 1 bacaleg Partai Berkarya. Sebelumnya lanjut Fadhlan, dari 266 Bacaleg yang mendaftar 183 bacaleg dinyatakan BMS dan semuanya sudah menyerahkan perbaikan pada akhir batas waktu perbaikan yakni 31 Juli.
 
Lebih jauh Fadhlan menjelaskan bacaleg yang melakukan perbaikan, yakni Dapil I Barangin sebanyak 58 bacaleg, Dapil II Talawi sebanyak 56 bacaleg, dan Dapil III Silungkang - Lembah Segar sebanyak 69 bacaleg."Setelah dilakukan verifikasi administrasi mulai,  1-7 Agustus didapat 12 bacaleg yang TMS dikarenakan tidak lengkapnya berkas administrasi sesuai yang telah ditentukan," katanya.
 
Untuk DCS sendiri sebutnya, bisa kembali berkurang jumlahnya jika dalam masa tanggapan masukan ditemukan bacaleg yang bermasalah seperti, kasus narkoba, pelecehan seksual atau mengundukan diri. Pihak KPU akan menunggu mulai 1-3 September  untuk pergantian bacaleg.
Disinggung terkait data pemilih, Fadhlan menerangkan, bahwa pihaknya telah mulai melakukan penyusunan data pemilih dan telah melakukan sosialisasi yang diikuti oleh ketua, sekretaris dan bendahara parpol peserta pemilu dan PPK se- Kota Sawahlunto.
 
"Kita sosialisasikan penyusunan data pemilih Pemilu 2019, agar didapat data yang valid,  sehingga masyarakat yang memiliki hak pilih bisa terakomodir sebagai pemilih dan dapat menyalurkan haknya pada hari pemungutan. Selain itu Kami juga telah melaksanakan pojok pemilu disetiap pasar dan pusat keramaian dikota ini.Masyarakat bisa melakukan pengecekan, apakah sudah masuk dalam daftar pemilih pada Pemilu nanti," tuturnya.(h/rki)
 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM