Kabupaten Agam Darurat Kekurangan  Guru PNS


Selasa, 14 Agustus 2018 - 10:38:51 WIB
Kabupaten Agam Darurat Kekurangan  Guru PNS Sebuah SDN di Nagari Matua Mudiak, Agam yang kekurangan Guru PNS, tetap semangat menyambut HUT RI. IST

 

AGAM, HARIANHALUAN.COM-Kabupaten Agam mangalami darurat kekurangn guru PNS, saat ini sekitar 40 SD hanya memiliki satu orang guru PNS, bahkan ada diantaranya yang memasuki masa pensiun tahun ini.

Sebagai langkah untuk mengatasi kekurangan guru tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam melakukan pemerataan guru PNS dengan rotasi dan melakukan regrouping yakni penggabungan beberapa sekolah yang dianggap jumlah muridnya tidak memenuhi standar atau terlalu sedikit.

Diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam, Drs. Isra, M.Pd,  Drs. Isra Amir Dt Bandaro, M.Pd, secara keseluruhan, sekolah tingkat SD dan SMP yang ada di Agam mengalami kekurangan tenaga pendidik dan kependidikan mencapai 1.926 orang, kekurangan terbanyak di tingkat SD yakni 1.612 orang, sedangkan di tingkat SMP kekurangan 314 orang.

"Hanya cara rotasi dan regrouping yang dapat dilakukan untuk mengatasi kekurangan guru sembari menunggu adanya pengangkatan guru PNS baru" kata Isra kemarin.

Sementara sejumlah sekolah melakukan rekrutmen guru honor atu guru sukarela untuk mengatasi kekurangan guru. (h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]