Warga Pagadih Hilia Terima Satu Ekor Sapi Korban


Selasa, 14 Agustus 2018 - 19:47:54 WIB
Warga Pagadih Hilia Terima Satu Ekor Sapi Korban SERAHKAN HEWAN KORBAN - Walijorong Pagadih Hilia Reki Aferi menerima satu ekor sapi yang diserahkan panitia korban Mesjid Baiturrahman di Pagadih Hilia, Minggu (12/8). YURSIL.

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Mesjid Baiturrahman Balai Panjang Jorong III Kampuang Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang menyerahkan satu ekor sapi korban kepada masyarakat Jorong Pagadih Hilia Nagari Pagadih Kecamatan Palupuh di Mesjid Nurul Iman Pagadih Hilia, Minggu (12/8).

Penyerahan hewan korban ke daerah itu membutuhkan tenaga dan stamina yang prima, pasalnya Jorong Pagadih Hilia tergolong daerah yang masih tertinggal jika dibandingkan daerah lain di Kab. Agam.

Untuk mencapai daerah itu, membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan atau berjarak sekitar 18 km dari Palupuh. Tidak semua jalan yang dilalui diaspal, bahkan masih ada jalan yang sampai saat ini belum pernah diaspal.

Jadi, wajar saja perekonomian masyarakat setempat masih lemah, akibatnya masyarakat tidak mampu membeli hewan korban setiap Idul Adha.

Wali Jorong Pagadih Hilia Reki Aferi mengatakan sampai saat ini hewan korban yang telah sampai di tempatnya baru 3 ekor kambing ditambah 1 ekor sapi yang baru datang.

"Alhamdulillah, ada tambahan satu ekor sapi, sebelumnya kami telah menerima 3 ekor kambing yang diantarkan oleh saudara muslim kami yang lain," kata Reki kepada Haluan usai menerima sapi korban dari pengurus Mesjid Baiturrahman di Jorong Pagadih Hilia.

Ia menjelaskan, hewan korban yang telah diterima itu akan disembelih setelah melaksanakan shalat Idul Adha. Menurutnya, saat ini jumlah penduduknya sekitar 500 orang atau 132 Kepala Keluarga (KK).

Tahun lalu lanjutnya, warganya menerima hewan korban sebanyak 3 ekor kambing dan satu ekor sapi dari Alumni SMAN 1 Bukittinggi. "Tahun lalu setiap satu KK, warga menerima daging korban seberat 7 ons. Warga kami banyak yang tidak mampu berkorban karena mata pencarian mereka hanya bertani. Biasanya jika ada warga yang ingin berkorban maka ia akan menabung selama 3 tahun untuk satu kali berkorban. Jadi tidak Setipa tahun warga kami mampu berkorban," ulasnya.

Sementara itu, salah seorang panitia korban Mesjid Baiturrahman M. Zein St. Saidi mengatakan penyerahan satu ekor sapi korban tersebut telah melalui kesepakatan bersama antara peserta dan panitia pelaksana hari raya korban.

"Alhamdulillah, satu ekor sapi telah sampai di daerah ini. mudah mudahan masyarakat setempat dapat merayakan hari raya Idul Adha secara bersama sama. Kami mendapat informasi bahwa daerah ini kekurangan hewan korban dari seorang guru asal Pagadih Hilia yang menjadi guru SD ditempat kami," ungkapnya. (h/ril).

 

 




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM