Satgas Saber Pungli Terbentur SOP dan Anggaran


Rabu, 15 Agustus 2018 - 18:15:24 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Satgas Saber Pungli Terbentur SOP dan Anggaran Ilustrasi (net)

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat menyampaikan hasil kajian tentang Efektifitas Kinerja Satgas Saber Pungli pada tiga daerah yang ada di Provinsi Sumatera Barat yaitu Satgas UPP Provinsi Sumatera Barat, Satgas UPP Polresta Padang dan Satgas UPP Kabupaten Pasaman.

Dalam kajian tersebut diketahui jumlah anggaran yang digunakan oleh Satgas Saber Pungli, UPP Provinsi Sumatera Barat dengan anggaran Rp440.164.000, UPP Polresta Padang Rp146.136.500, dan untuk UPP Kabupaten Pasaman anggarannya masih dalam perhitungan.

"Untuk UPP Provinsi Sumatera Barat laporan masuk dari 2016 sampai 2017 sebanyak 55 laporan, baik secara email, call center, datang langsung, wa/sms dan surat. Sedangkan UPP Polresta Padang dan UPP Kabupaten Pasaman belum mengadministrasikan laporan atau pengaduan yang masuk," kata Adel Wahidi, Selasa (14/8).

Khusus untuk UPP Polresta Padang, kata Adel, ada enam kasus yang sudah ditindaklanjuti. Adel Wahidi selaku Plt Kaper Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat menyampaikan adapun kerugian yang sudah diselamatkan terkait penanganan laporan oleh UPP Provinisi paling rendah Rp2.000 pada kasus pemungutan uang parkir meter dan nilai paling tinggi Rp88.050.000, dengan kasus meminta uang kepada wali murid.

"Sedangkan UPP Polresta Padang nilai paling rendah Rp2.000., dengan kasus pemungutan uang parkir dan nilai paling tinggi adalah Rp51.000.000, dengan kasus pemotongan uang bantuan BWBP Provinsi Sumatera Barat tahun 2016, katanya," ungkap Adel.

Dijelaskannya, peranan dari UPP Saber Pungli tidak efektif dikarenakan masalah anggaran yang minim dari pemerintah daerah untuk menunjang kinerja UPP Saber Pungli, belum lengkapnya Standar Operasional Prosedur (SOP) dan database yang belum terpusat, Kata Adel.

"Koordinasi antara UPP Saber Pungli di Provinsi, Kabupaten/Kota dengan lembaga yang memiliki kewenangan yang sama masih sangat minim," cetusnya.

Adel berharap UPP Saber Pungli melengkapi dan menyempurnakan SOP penindakan dengan melibatkan UPP di daerah Kabupaten/Kota, membuat database terpusat, koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota terkait untuk meningkatkan efisiensi Satgas Saber Pungli dalam pelayanan pemberantasan pungutan liar.

UPP Saber Pungli yang hadir pada penyampaian hasil tersebut akan diwakili oleh Ketua dan Wakil Ketua Satgas Saber Pungli dari unsur Kepolisian dan Pemerintah Daerah.

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat berharap hasil kajian tersebut dapat jadi panduan oleh UPP saber pungli agar bisa menjalankan peranannya secara maksimal dan sebagai solusi atas kendala kendala yang di hadapi dalam menjalankan tugas sebagai saber pungli.

"Dengan beroperasinya UPP Saber Pungli secara maksimal akan menjawab keluhan dan kegelisahan masyarakat tentang praktek-praktek pungli atau permintaan uang yang tidak ada dasar hukum terjadi pada sektor pelayanan publik," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Saber Pungli Polresta Padang yang tak sempat hadir dalam pertemuan saat itu menyampaikan perihal yang sama persoalan anggran dan SOP terkait Saber Pungli.

"Ya, untuk organisasi perihal anggaran sangat menentukan kinerja. Secara keseluruhan ada empat poin untuk menunjang kinerja kelompok atau organisasi manapun termaksud Saber Pungli, yakni personel, anggaran, aturan lembaga dan metodologi," kata Ketua Saber Pungli Kota Padang, AKBP Kobul Syahrin Ritonga.

Kobul yang sehari-hari adalah Wakapolresta Padang itu juga mengatakan, perihal SOP memang penting untuk disiapkan oleh pemerintah sendiri. Perihal itu menjadi jawaban kinerja untuk lebih efektif.

"Meski demikian, mulai dari persoalan anggaran dan SOP di badan Saber Pungli yang masih terkendala, kami tetap semangat bekerja, menindaki persoalan pungli. Tetap semangat dalam mewujutkan kenyaman bagi publik," kata AKBP Kobul. (h/rel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 Agustus 2018 - 13:24:24 WIB

    Unit Pelayanan SIM dan Samsat Pasaman Disidak Satgas Saber Pungli Sumbar

    Unit Pelayanan SIM dan Samsat Pasaman Disidak Satgas Saber Pungli Sumbar PASAMAN, HARIANHALUAN.COM-Instansi pelayanan publik di Kabupaten Pasaman disidak  Satgas Saber Pungli Provinsi Sumatera Barat, Selasa (28/8). .
  • Senin, 23 Juli 2018 - 23:24:13 WIB

    Lapas Pariaman Mencekam, Ratusan Napi Teriaki Tim Satgas

    Lapas Pariaman Mencekam, Ratusan Napi Teriaki Tim Satgas PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Suasana Lapas Pariaman sempat mencekam. Tim Satgas Kanwil Kemenkumham Sumbar yang menggeledah ruangan para warga binaan (Napi) diteriaki oleh para warga binaan. Mereka mencaci maki tim yang akan ma.
  • Senin, 23 Juli 2018 - 22:03:52 WIB

    BREAKING NEWS: Lapas Pariaman Disidak Tim Satgas Kanwil Kemenkumham Sumbar

    BREAKING NEWS: Lapas Pariaman Disidak Tim Satgas Kanwil Kemenkumham Sumbar PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Tim Satgas Kanwil Kemenkumham Sumbar melakukan sidak ke Lapas Pariaman, di Karan Aur, Kota Pariaman, Senin (23/7)..
  • Kamis, 07 Juni 2018 - 09:56:47 WIB

    Selama Lebaran, Satgas Antiteror Sumbar Siaga

    Selama Lebaran, Satgas Antiteror Sumbar Siaga PADANG, HARIANHALUAN.COM – Mengantisipasi aksi teror selama Lebaran, Polda Sumbar memastikan Satgas Antiteror selalu melakukan pengawasan. Selain kesiagaa Satgas Antiteror, Polda Sumbar juga memperketat daerah-daerah perbat.
  • Jumat, 09 Februari 2018 - 10:13:39 WIB

    Kasatgas Pangan Cek Gudang Bulog di Padang

    Kasatgas Pangan Cek Gudang Bulog di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Untuk memastikan stok beras dan gula di wilayah Sumatra Barat Kasatgas Pangan Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengecek gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) di Mata Air, Jalan Sutan Syahrir, Kelurahan .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM