Hari Kemerdekaan, Lapas Pariaman Ajukan Remisi 230 Napi


Rabu, 15 Agustus 2018 - 18:30:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hari Kemerdekaan, Lapas Pariaman Ajukan Remisi 230 Napi Ilustrasi (haluan)

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Karan Aur Pariaman mengajukan 230 remisi umum I dalam peringatan hari ulang tahun ke-73 tahun Republik Indonesia ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat.

Kepala Lapas Klas II B Pariaman, Pudjiono Gunawan, mengatakan, pihaknya mengajukan remisi untuk para tahanan setiap tahun sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dari 230 remisi umum I yang diajukan ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar, kata Pudjiono, satu narapidana memperoleh remisi umum II dan langsung bebas saat 17 Agustus 2018.

Dari jumlah remisi yang diajukan, pihaknya tidak bisa memastikan seluruh narapidana akan memperoleh pengurangan masa kurungan tersebut.

"Tentunya ini menjadi hak penuh dari kementerian terkait, serta melalui penilaian terhadap narapidana," ujarnya kepada wartawan di Pariaman, Selasa (15/8).

Dalam rangka mengisi HUT Republik Indonesia, Lapas Klas II B Pariaman mengadakan sejumlah kegiatan. Pudjiono mengatakan, pihaknya melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain, pertandingan futsal, tari poco-poco, dan lomba panjat pinang dengan melibatkan pegawai lapas dan narapidana. Pihaknya menyelenggarakan kegiatan itu agar hubungan silaturahmi personel Lapas Klas II B Pariaman dengan narapidana tetap terjaga dengan baik.

"Kita berupaya semaksimal mungkin untuk merangkul dan menjalin hubungan yang baik bersama para narapidana dengan harapan mereka bisa mengubah perilaku buruk yang pernah dilakukannya," tuturnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menerima keberadaan bekas narapidana yang telah menyelesaikan masa kurungan di lapas.

"Masyarakat jangan jauhi mereka yang sudah menjalani hukuman. Kita mengajak masyarakat untuk merangkul mereka ke arah yang baik serta dapat diterima," katanya. (h/rul)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 September 2018 - 09:00:04 WIB

    Pendaftaran CPNS Tinggal Hitungan Hari, Pelamar  Kejar Persiapan

    Pendaftaran CPNS Tinggal Hitungan Hari, Pelamar  Kejar Persiapan PADANG, HARIANHALUAN.COM-Sepuluh hari jelang pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 ini, para pelamar dari berbagai daerah di Sumbar mulai ancang-ancang mempersiapkan kelengkapan yang dibutuhkan. P.
  • Jumat, 31 Agustus 2018 - 12:03:35 WIB

    Walhi Sumbar: Habitatnya Didesak Sawit dan Tambang,  Harimau ke Perkampungan

    Walhi Sumbar: Habitatnya Didesak Sawit dan Tambang,  Harimau ke Perkampungan PADANG, HARIANHALUAN-Wahana Lingungan Hidup (Walhi) Sumbar mengingatkan, kehilangan tutupan kawasan hutan yang selama ini jadi habitatnya akibat   desakan perkebunan sawit dan usaha tambang, menjadi penyebab utama makin seri.
  • Kamis, 30 Agustus 2018 - 14:56:06 WIB

    Satu Lagi Harimau Ditangkap BKSDA Sumbar

    Satu Lagi Harimau Ditangkap BKSDA Sumbar Sejak harimau mulai memasuki permukinan warga, semua elemen telah melakukan pemburuan terhadap harimau di sebagian wilayah di Sumbar. Selama tahun ini Polisi Kehutanan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar  sudah .
  • Selasa, 28 Agustus 2018 - 22:34:41 WIB

    Harimau Masuk Perkampungan di Lubuk Kilangan Kota Padang

    Harimau Masuk Perkampungan di Lubuk Kilangan Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Warga Bukit Ngalau Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, geger karena munculnya seekor harimau di permukiman warga, Selasa (28/8) sekitar 21.30 WIB..
  • Kamis, 16 Agustus 2018 - 12:04:40 WIB

    Cari Mangsa, Harimau Masuk Permukiman Warga di Batu Busuk Padang

    Cari Mangsa, Harimau Masuk Permukiman Warga di Batu Busuk Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Warga, Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Kota Padang resah. Beberapa ekor harimau memasuki pemukiman dan memangsa ternak warga..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM