Terkait 3000 Teroris di Sumbar, Al Chaidar Kumpulkan Data Sejak Tahun 2000


Jumat, 17 Agustus 2018 - 15:09:04 WIB
Terkait 3000 Teroris di Sumbar, Al Chaidar Kumpulkan Data Sejak Tahun 2000 Al Chaidar (dok pribadi)

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pengamat terorisme Al Chaidar mengatakan angka 3000 bibit teroris di Sumbar didapat dari hasil penelitiannya dengan tim.

"Kami memakai metode time series, sistem data aquisition dari raw data artinya kami mengumpulkan data berkesinambungan," ujarnya kepada harianhaluan.com, Kamis (16/8).

Baca Juga : Banjir dan Longsor di Manado, 3 Warga Dilaporkan Meninggal

Ia menjelaskan, analisis time series biasa dengan memasukan data, jumlah anggota pada organisasi dan kemudian dibuat analisa trend atau forecasting.

"Kami terus mengupdate data kelompok-kelompok teroris, para pemimpinnya , ideologi, pengikutnya dan pesebaran anggota di berbagai provinsi. Ini (data) kami tempatkan dalam database yang kemudian kami olah apakah pengalami peningkatan, berapa persen pertahun, perbulan,"ucapnya.

Baca Juga : Ngeri! Pria Ini Lakukan Aksi Bakar Diri

"Dan ini menunjukan tinggkat perkembangan mereka jauh signifikan bertambah, itu sudah terjadi sejak tahun 2013. Data yang kami himpun sebenarnya sejak tahun 2000. JAD cukup banyak di Indonesia karena ada orang-orang emosional dipengarugi oleh dakwah-dakwah cenderung tekstual dan bersifat mengkafiri orang lain. Mungkin perkembangan ini hanya sesaat, jika semua kelompok mampu mengalami pencerdasan secara intelektual serta emosional menolak dakwah mereka maka kekuatan terorisme takfkiri ini akan berakhir dua atau tiga tahun lagi," tuturnya.

Sementara untuk di Sumbar ia menyebutkan, anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berjumlah 3000 di Sumbar itu sebenarnya jumlah yang moderat. Pada tahun yang lalu disinyalir sama jumlahnya yakni 3000. JAD banyak pengikutnya terutama di Indonesia bagian barat.

Baca Juga : Sudah 49 Korban Sriwijaya Air SJ 182 Teridentifikasi Oleh Tim DVI

"Meski sudah dinyatakan sebagai organisasi terlarang, tapi tidak bisa serta merta langsung ditangkap. Diantara mereka ada yang sudah terlibat mengumpulkan amunisi dan perencanan untuk menyerang,"tuturnya.\

Baca juga: Analisis Pakar Terorisme Ribuan Teroris Lahir di Sumbar

Baca Juga : Baru Sepekan, Gunung Merapi Semburkan 19 Kali Awan Panas

Picu-gelombang-protes-analisis-pakar-teroris-kontroversi

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]