HUT ke-73 Republik Indonesia, Warga Berlomba Meniti Bambu di Batang Lunto


Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:10:22 WIB
Reporter : Tim Redaksi
HUT ke-73 Republik Indonesia, Warga Berlomba Meniti Bambu di Batang Lunto Peserta lomba meniti bambu berusaha untuk sampai ke ujung meraih bendera merah putih yang digelar Masyarakat Air Dingin, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Jumat (17/8). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Ulang Tahun ke 73 Republik Indonesia terasa meriah oleh warga Kelurahan Air Dingin Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Warga tersebut menggelar berbagai perlombaan salah satunya lomba meniti bambu di aliran sungai Batang Lunto.

Ketua Karang Taruna Harapan Jaya Kelurahan Air Dingin, Alviantoni mengungkapkan, perlombaan meniti bambu ini merupakan ikon dari semua perlombaan yang digelar setiap perayaan HUT RI.

"Ini sudah kami gelar semenjak tahun 90 an, dan hingga kini masih terus dilestarikan karena selalu menjadi hiburan masyarakat, tidak saja masyarakat Air Dingin tapi juga masyarakat Sawahlunto lainnya," katanya kepada Haluan, Jumat (17/8).

Biasanya lanjut Alviantoni, hanya perlombaan yang lazimnya di setiap 17 Agustus seperti panjat pinang, makan kerupuk dan perlombaan lainnya. Namun panitia dan pemuda Air Dingin berinisiatif membuat lomba yang berbeda dan belum pernah diselenggarakan oleh desa atau kelurahan lain di Sawahlunto.

Kegiatan ini sebut pria yang akrab disapa Toni itu murni inisiatif warga terutama para pemuda dan pemudinya. Dimana untuk biaya menggelar lomba dan acara lainnya pihaknya memanfaatkan dana dari sumbangan warga dan sumbangan pihak lainnya.

"Kemeriahan lomba ini tidak terlepas dari semua warga yang begitu antusias untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang tahun ini memasuki tahun ke 73. Warga mau secara sukarela meluangkan waktu dan memberikan sumbangsihnya sehingga perayaan HUT RI ini berjalan meriah. Yang terpenting dari itu semua adalah bagaimana kita warga negara Indonesia bersyukur atas kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pejuang dan pahlawan kemerdekaan, salah satu bentuknya dengan mengisi hari kemerdekaan itu dengan kegiatan yang sifatnya kebersamaan, " tuturnya.

Salah seorang warga lainnya An Muktar kepada Haluan menyebutkan,  kemeriahan HUT RI ini juga bisa dirasakan oleh masyarakat lainnya dikarenakan, lomba seperti ini hanya ada di Air Dingin.

"Lomba meniti bambu ini perlu menjadi perhatian dari pihak terkait dalam hal ini pemerintah kota untuk menjadikan agenda tetap dan rutin, tidak hanya gelaran agustus saja. Namun kegiatan ini dapat dijual sebagai ivent wisata, karena unik dan dilaksanakan," ujarnya.(h/rki).

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM