Terkait 3000 Teroris di Sumbar

11 Ormas di Sumbar Laporkan Pengamat Terorisme Al Chaidar ke Polda


Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:18:12 WIB
11 Ormas di Sumbar Laporkan Pengamat Terorisme Al Chaidar ke Polda Sejumlah perwakilan ormas saat melapor ke Polda Sumbar, Jalan Sudirman, Padang, Jumat (17/8). Mereka melaporkan pengamat terorisme Al Chaidar terkaitnya pernyataannya ada 3000 teroris di Sumbar. TIO FURQAN

PADANG, HARIANHALUAN.COM– Pernyataan pengamat terorisme Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, Al Chaidar terkait adanya ribuan bibit teroris di Sumbar berbuntut panjang. Jumat (17/8) siang, dia dilaporkan ke Polda Sumbar dengan tuduhan fitnah oleh sejumlah ulama yang berasal dari sebelas ormas Islam.

Pelaporan terhadap Al Chaidar disampaikan Ketua Majelis Tinggi Kerapatan Adat Minangkabau (MTKAM), Irfianda Abidin.

Baca Juga : Banjir dan Longsor di Manado, 3 Warga Dilaporkan Meninggal

“Al Chaidar dilaporkan atas tuduhan fitnah. Pernyataannya berpotensi memicu kegaduhan di tengah masyarakat,” ujar Irfianda usai membuat laporan di SPKT Polda Sumbar sekitar pukul 14.30 WIB.

Ifrianda menyebutkan, jalan melaporkan Al Chaidar diambil setelah banyaknya masyarakat yang berkomentar dan menghubungi para ulama terkait pernyataan Al Chaidar di media massa. Atas dasar itu, tokoh lintas ormas di Sumbar menggelar rapat pada Selasa (14/8). Rapat tersebut membahas dampak pernyataan Al Chaidar. 

Baca Juga : Ngeri! Pria Ini Lakukan Aksi Bakar Diri

“Hasil dari rapat, semua ormas sepakat melaporkan permasalahan ini ke pihak kepolisian. Kami (tokoh lintas ormas) merasa dampak dari ucapan fitnah tersebut berpotensi membuat gaduh terhadap masyarakat, baik yang ada di kampung, atau di rantau.Bisa jadi tetangganya akan mencap Sumbar adalah turunan teroris, orang luar juga tidak mau berinvestasi di sini, karena ketakutan. Ujung-ujungnya ekonomi Sumbar anjlok, mempengaruhi pariwisata Sumbar, dan kecemasan orangtua terhadap keamanan anaknya,”tutur Irfianda.

Setidaknya, menurut Irfianda, ada sebelas ormas Islam yang ikut melaporkan Al Chaidar, tapi hanya lima ormas yang dibolehkan masuk. Diantaranya, Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), MTKAAM, Forum Masyarakat Minang (FMM), Komite Penegakan Syariat Islam (KPSI) dan Indonesyam.

Baca Juga : Sudah 49 Korban Sriwijaya Air SJ 182 Teridentifikasi Oleh Tim DVI

“Sebagian dari ormas menunggu di luar ruangan,” sebut Irfianda. (h/mg-rio/jeb/pmi)

Baca juga: Terkait-3000-teroris-di-sumbar-al-chaidar-kumpulkan-data-sejak-tahun-2000

Baca Juga : Baru Sepekan, Gunung Merapi Semburkan 19 Kali Awan Panas

Analisis Pengamat Terorisme 3000 Teroris Lahir di Sumbar

Picu-gelombang-protes-analisis-pakar-teroris-timbulkan-kontroversi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]