Pertanggungjawabkan Data, Al Chaidar Siap Datang ke Sumbar


Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:55:57 WIB
Pertanggungjawabkan Data, Al Chaidar Siap Datang ke Sumbar Al Chaidar (dok pribadi)


PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pengamat terorisme Al Chaidar, bersedia mempertanggung jawabkan datanya, dan datang ke Sumbar untuk menjelaskan soal 3000 teroris di Sumbar.

"Ya, saya tetap takzim dengan ulama. Saya terima dimarahi. Marahnya ulama adalah pelajaran berharga. Saya meminta maaf atas angka tersebut dan akan saya pertanggungjawabkan serta saya bersedia didatangkan ke Sumbar untuk menuruti permintaan ulama dalam membuktikan datanya," kata pengajar Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh itu saat dihubungi Haluan, Kamis(16/8).

Baca Juga : Banjir dan Longsor di Manado, 3 Warga Dilaporkan Meninggal

Ia mengaku bahwa sejumlah pesan pribadi dari ulama, ustad, dan aktivis Islam di Sumbar masuk melalui ponselnya untuk mengingatkan tentang polemik yang terjadi.

Chaidar menyebutkan, untuk kondisi saat ini maka lebih penting melawan terorisme ketimbang mempersoalkan angka-angka jumlah teroris.

Baca Juga : Ngeri! Pria Ini Lakukan Aksi Bakar Diri

Ia mengapresiasi ulama yang sudah bersedia melawan terorisme di Sumbar selama ini. Sayang, menurutnya, langkah ulama belum dibarengi dengan upaya serupa oleh pemerintah.

"Para ulama Sumbar sebenarnya bukan marah ke saya, tapi mereka kesal dengan pemerintah yang cenderung memanjakan aliran-aliran tertentu dan menuduh teroris terhadap semua yang kritis kepada pemerintah," kata Chaidar.

Baca Juga : Sudah 49 Korban Sriwijaya Air SJ 182 Teridentifikasi Oleh Tim DVI

"Karena seperti saya katakan menjinakkan teroris itu sebenarnya asal pemerintah menghormati syiar-syiar syariah yang diyakini umat Islam. Saya yakin FPI, MMI, MUI akan membenarkan bahwa potensi adalah energi. Tinggal kanalisasinya yang harus pas agar energi terpendam itu jadi positif bagi bangsa," tuturnya.(h/mg-rio/jeb/pmi)

Baca juga: 11-ormas-di-sumbar-laporkan-pengamat-terorisme-al-chaidar-ke-polda

Baca Juga : Baru Sepekan, Gunung Merapi Semburkan 19 Kali Awan Panas

terkait-3000-teroris-di-sumbar-al-chaidar-kumpulkan-data-sejak-tahun-2000

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]