Di Kabupaten Solok, 3000 hewan Kurban Disembelih


Kamis, 23 Agustus 2018 - 11:49:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Kabupaten Solok, 3000 hewan Kurban Disembelih Ilustrasi (haluan)

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Sebanyak 3000 ekor hewan kurban disembelih pada Iduladha 1439 H di Kabupaten Solok. Jumlah itu terdiri dari 2588 ekor sapi, 392 ekor kambing dan 10 ekor kerbau. Selain diselenggarakan oleh jemaah mesjid dan musolla, kurban tersebut juga dilaksanakan oleh instansi pemerintahan dan sekolah.

"Semuanya tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Solok. Itu baru data sementara yang kami terima pada sore kemaren, kemungkinan masih ada penambahan,"kata Kakan Kemenag Kab. Solok Drs. H. Alizar MA usai salat Iduladha di Gor Batu Batupang, Rabu (22/8).

Pihaknya mengapresiasi semangat kaum muslimin yang begitu antusias melaksanakan ibadah kurban sesuai tuntunan syari'at Islam. Karena dari pengamatannya, jumlah kurban di daerah itu selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Kami bangga dengan semangat kaum muslimin yang ikut berkurban. Bahkan jumlahnya dari tahun ke tahun selalu meningkat," ujar Alizar.

Alizar berharap, jumlah kurban  tersebut akan meningkat di tahun berikutnya. Karena  Allah mewajibkan bagi setiap muslim yang mampu dan belum punya kesempatan untuk menunaikan ibadah haji untuk ikut berkurban.

"Momen kurban tak hanya menjadi ibadah bagi ummat muslim, tapi ini juga momentum untuk saling berbagi dengan kaum duafa dan masyarakat yang ada di sekitar kita," katanya.

Peningkatan jumlah hewan kurban juga terjadi di nagari Kotobaru kecamatan Kubung. Sebanyak 198 ekor sapi dan 22 ekor kambing juga disembelih di nagari berpenduduk terpadat di Kabupaten Solok itu. Jumlah terbanyak terdapat di Jorong Subarang, yaitu 46 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Menyusul Jorong Simpang Sawah Baliak sebanyak 32 ekor sapi, jorong Kajai 27 ekor sapi dan 7 ekor kambing, Jorong Bawah Duku 21 ekor sapi dan 7 ekor kambing. 

Jorong perwakilan perum Batukubung sebanyak 19 ekor sapi, jorong bukik kili 17 ekor sapi, jorong Simpang 16 ekor sapi 9 ekor kambing. Jorong Lubuk Aguang 18 ekor Sapi. Sama dengan daerah lain, penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan di setiap mesjid dan musola di nagari itu.

 "Waktu penyembelihannya ada yang sudah melaksanakan usai sholat Id dan ada juga yang melaksanakan keesokan harinya (tiga hari tasyrik)," kata Wali Nagari Koto Baru Afrizal Khaidir yang dihubungi terpisah. (h/ndi).

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Maret 2019 - 17:52:43 WIB

    Dandim Agam 0304 Pastikan Netralitas TNI Dalam Pilpres

    Dandim Agam 0304 Pastikan Netralitas TNI Dalam Pilpres AGAM, HARIANHALUAN.COM- Komando Distrik Militer (Kodim) 0304 Agam memastikan netralitas TNI dalam pelaksanaan pemilihan umum yang dilaksanakan, pada 17 April mendatang. Walaupun ada capres yang berlatar belakang militer, TNI .
  • Rabu, 20 Maret 2019 - 14:29:42 WIB

    Kondisi Objek Wisata Rimbo Panti Memprihatikan

    Kondisi Objek Wisata Rimbo Panti Memprihatikan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Destinasi objek wisata cagar alam Rimbo Panti, Kabupaten Pasaman, sudah lama dikenal. Kawasan konservasi ini memiliki banyak daya tarik sebetulnya. Mulai dari hutan lindung nan eksotis, flora dan fa.
  • Senin, 18 Maret 2019 - 15:24:46 WIB

    Alek Gadang di Solsel, Persiapan Festival SRG 2019 Sudah 70 Persen

    Alek Gadang di Solsel, Persiapan Festival SRG 2019 Sudah 70 Persen SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Empat hari jelang helatan adat budaya Festival Saribu Rumah Gadang (SRG) di Solok Selatan (Solsel) semua pihak ikut 'basitungkin' untuk suksesnya kegiatan pada 22- 24 Maret 2019 tersebut. Sam.
  • Ahad, 17 Maret 2019 - 23:11:46 WIB

    Ratusan Siswa di Payakumbuh Salat Gaib untuk Korban Pembunuhan di Selandia Baru

    Ratusan Siswa di Payakumbuh Salat Gaib untuk Korban Pembunuhan di Selandia Baru PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Ratusan siswa Insan Cendekia Boarding School (ICBS) melaksanakan salat gaib untuk kaum muslimin yang menjadi korban penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru. Salat gaib diimami l.
  • Rabu, 13 Maret 2019 - 20:38:53 WIB

    Rinaldi Jabat Kabag Humas Pemkab Pessel, Bupati: Harus Aktif dan Gesit

    Rinaldi Jabat Kabag Humas Pemkab Pessel, Bupati: Harus Aktif dan Gesit PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Rinaldi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabag Kesbangpol), sekarang menjabat sebagai Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) di Sekretariat Daerah.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM