Di Kabupaten Solok, 3000 hewan Kurban Disembelih


Kamis, 23 Agustus 2018 - 11:49:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Kabupaten Solok, 3000 hewan Kurban Disembelih Ilustrasi (haluan)

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Sebanyak 3000 ekor hewan kurban disembelih pada Iduladha 1439 H di Kabupaten Solok. Jumlah itu terdiri dari 2588 ekor sapi, 392 ekor kambing dan 10 ekor kerbau. Selain diselenggarakan oleh jemaah mesjid dan musolla, kurban tersebut juga dilaksanakan oleh instansi pemerintahan dan sekolah.

"Semuanya tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Solok. Itu baru data sementara yang kami terima pada sore kemaren, kemungkinan masih ada penambahan,"kata Kakan Kemenag Kab. Solok Drs. H. Alizar MA usai salat Iduladha di Gor Batu Batupang, Rabu (22/8).

Pihaknya mengapresiasi semangat kaum muslimin yang begitu antusias melaksanakan ibadah kurban sesuai tuntunan syari'at Islam. Karena dari pengamatannya, jumlah kurban di daerah itu selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Kami bangga dengan semangat kaum muslimin yang ikut berkurban. Bahkan jumlahnya dari tahun ke tahun selalu meningkat," ujar Alizar.

Alizar berharap, jumlah kurban  tersebut akan meningkat di tahun berikutnya. Karena  Allah mewajibkan bagi setiap muslim yang mampu dan belum punya kesempatan untuk menunaikan ibadah haji untuk ikut berkurban.

"Momen kurban tak hanya menjadi ibadah bagi ummat muslim, tapi ini juga momentum untuk saling berbagi dengan kaum duafa dan masyarakat yang ada di sekitar kita," katanya.

Peningkatan jumlah hewan kurban juga terjadi di nagari Kotobaru kecamatan Kubung. Sebanyak 198 ekor sapi dan 22 ekor kambing juga disembelih di nagari berpenduduk terpadat di Kabupaten Solok itu. Jumlah terbanyak terdapat di Jorong Subarang, yaitu 46 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Menyusul Jorong Simpang Sawah Baliak sebanyak 32 ekor sapi, jorong Kajai 27 ekor sapi dan 7 ekor kambing, Jorong Bawah Duku 21 ekor sapi dan 7 ekor kambing. 

Jorong perwakilan perum Batukubung sebanyak 19 ekor sapi, jorong bukik kili 17 ekor sapi, jorong Simpang 16 ekor sapi 9 ekor kambing. Jorong Lubuk Aguang 18 ekor Sapi. Sama dengan daerah lain, penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan di setiap mesjid dan musola di nagari itu.

 "Waktu penyembelihannya ada yang sudah melaksanakan usai sholat Id dan ada juga yang melaksanakan keesokan harinya (tiga hari tasyrik)," kata Wali Nagari Koto Baru Afrizal Khaidir yang dihubungi terpisah. (h/ndi).

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 13:20:20 WIB

    Kantor Baru DLH Bukittinggi Diresmikan

    Kantor Baru DLH Bukittinggi Diresmikan BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Dibangun dengan anggaran sebesar lebih kurang Rp 11 miliar, kantor baru Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi diresmikan pemakaiannya oleh Wali Kota Bukittinggi, Senin (12/12)..
  • Senin, 21 Januari 2019 - 12:46:11 WIB

    63 Jorong di Agam Belum Terjangkau Internet

    63 Jorong di Agam Belum Terjangkau Internet AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 63 dari 467 jorong (dusun) di Kabupaten Agam, merupakan daerah yang belum terjangkau jaringan internet karena belum memiliki tower provider telekomunikasi..
  • Jumat, 18 Januari 2019 - 19:13:32 WIB

    Narapidana di Lapas Kelas II B Pariaman Ikut Perekaman KTP el

    Narapidana di Lapas Kelas II B Pariaman Ikut Perekaman KTP el PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus melakukan fasilitasi agar hak pilih warga Kabupaten Padang Pariaman pada Pilpres dan Pileg 2019 dapat digunakan deng.
  • Jumat, 18 Januari 2019 - 10:02:28 WIB

    Usulan “Mengganti BIM” Dikritik

    Usulan “Mengganti BIM” Dikritik BIM itu milik Sumbar, bukan milik Padang Pariaman saja. Tak ada hak bupati untuk menggantinya. Jika bupati ingin menggunakan nama Syekh Burhanuddin, silakan buat lapangan terbang sendiri. Jika memang diizinkan oleh pusat memb.
  • Kamis, 17 Januari 2019 - 23:51:52 WIB

    Puluhan Mahasiswa Aksi Damai di Kantor Bupati Pessel

    Puluhan Mahasiswa Aksi Damai di Kantor Bupati Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Pesisir Selatan (Pessel), melakukan aksi damai di depan kantor bupati setempat. Dalam orasi tersebut, sedikitnya ada lima item pertany.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM