Tuan Rumah MTQ Nasional 2020, DPRD: Sumbar Jangan Gagal Lagi 


Jumat, 24 Agustus 2018 - 10:40:00 WIB
Tuan Rumah MTQ Nasional 2020, DPRD: Sumbar Jangan Gagal Lagi  Pembukaan MTQ ke-38 tingkat kota Bukittinggi, di lapangan Wirabraja, Senin (16/4/2018). IST
 
PADANG,HARIANHALUAN.COM-Kalangan DPRD meminta keinginan Sumbar jadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2020 diiringi langkah sigap gubernur dan jajaran memperjuangkan ke pusat.
 
Keinginan Sumbar jadi tuan rumah MTQ 2020 diharapkan tak hanya jadi angan-angan, seperti hal gagalnya Sumbar jadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.
 
Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat mengatakan, ada beberapa provinsi yang telah mengajukan diri dan menyatakan siap jadi tuan rumah MTQ 2020. 
 
"Selain Sumbar, provinsi lain yang berkeinginan kuat untuk jadi tuan rumah MTQ itu diantaranya,  Aceh dan Kalimantan Selatan. Dari informasi yang kami terima, Kalimantan Selatan bahkan telah mengalokasikan anggaran Rp250 miliar untuk mendukung niat mereka itu," ujar Hidayat saat berbincang dengan  harianhaluan.com, hari ini di ruangannya.
 
Untuk Sumbar, jelas Hidayat, meski belum ada anggaran khusus dialokasikan di APBD 2018 untuk persiapan jadi tuan rumah, kalau Pemprov sungguh-sungguh melobi ke pusat pasti DPRD mendukung ini dianggarkan tahun 2019.
 
Mengenai sarana prasarana pendukung penyelenggaraan, menurut dia,  yang dimiliki Sumbar sudah terbilang memadai. Sumbar memiliki aula-aula kampus dan banyak masjid yang bisa dimanfaatkan mendukung kegiatan ini.
 
Masih tentang sarana prasarana, dituturkan Hidayat, Sumbar tak harus mengandalkan Stadion Utama Lubuk Alung yang disebut-sebut dipersiapkan untuk mendukung kegiatan MTQ 2020 kalau Sumbar dipercaya jadi tuan rumah, hal itu karena, dari informasi Kementerian Agama arena penyelenggaraan sebaiknya dilakukan dekat kota saja.
 
Jika demikian, ulas dia, kegiatan bisa dilaksanakan di Padang dengan memanfaatkan masjid dan aula-aula kampus yang ada.
 
"Maka dari itu kita berharap Pemprov serius dan sungguh-sungguh melobi pemerintah pusat melalui Kementerian Agama agar Sumbar dipercayakan untuk ini," tukas dewan dari Fraksi Gerindra tersebut.
 
Anggota DPRD DPRD Sumbar dari Fraksi Hanura, Syaiful Ardi menuturkan, jika Sumbar bisa dipercaya jadi tuan rumah MTQ 2020, itu akan berdampak positif pada perekonomian masyarakat. Sebab dengan banyaknya orang yang datang ke Sumbar, roda perekonomian akan berputar. 
 
Sementara itu, anggota DPRD Sumbar dari Fraksi PPP, Amora Lubis mengatakan, saat Sumbar berusaha mewujudkan keinginan jadi tuan rumah MTQ 2020, lembaga-lembaga atau badan yang menjadi sumber mendidik qori dan qoriah serta pusat tilawah akan lebih hidup.
 
"Masyarakat Sumbar juga akan termotivasi meningkatkan prestasi di bidang MTQ jelang kegiatan diselenggarakan," ujarnya. (h/len)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]