Sedang Dimasak di Galuang, Satu Ton Randang dari Bukittinggi-Agam untuk Korban Gempa Lombok


Ahad, 26 Agustus 2018 - 21:04:35 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sedang Dimasak di Galuang, Satu Ton Randang dari Bukittinggi-Agam untuk Korban Gempa  Lombok Ibu-ibu  PKK Jorong Galuang dan relawan PMI sedang memasak randang  untuk korban gempa Lombok. IST


BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi, menyiapkan satu ton randang  dari masyakat  Bukittinggi dan Agam untuk korban bencana gempa di Lombok. Dijadwalkan pada Selasa (28/8), akan diantarkan ke  Lombok melalui jalur darat.

Satu ton randang yang dipersiapkan itu, buah kerjasama yang dilakukan PMI Bukittinggi dengan masyarakat Bukittinggi-Agam. Dimana rendang yang akan dikirim itu, dagingnya berasal dari bantuan masyarakat di dua daerah tersebut.

“Alhamdulillah sebanyak 750 Kg daging segar, berhasil dikumpulkan oleh petugas dan relawan PMI Bukittinggi dari masyarakat Bukittinggi dan Agam. Daging yang terkumpul kemudian dimasak untuk dijadikan 1 ton rendang siap saji,” ujar Ketua PMI Bukittinggi H. Chairunnas didampingi Kepala Markas PMI Ahmad Jais, dan Kepala Markas PMI Provinsi Sumbar Hidayatul Irwan, kemarin.

Chairunnas menuturkan, 750 Kg daging yang dikumpulkan itu, dimasak oleh kader PKK dan masyarakat di Jorong Galuang, Nagari Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam. Sebanyak 3000 buah kelapa ditambah dengan ubi kayu dan bumbu lainnya, dipersiapkan oleh PMI Bukittinggi untuk kegiatan merendang tersebut.

Proses kegiatan merandang dimulai Jumat (24/8), dan diperkirakan selesai pada Senin (27/8). Setelah selesai dimasak, daging rendang itu dipacking dalam kemasan 1 Kg. Pada kemasan dibikin label PMI Peduli. Rendang bantuan masyarakat Kota Bukittingi dan Agam, bekerjasama dengan PKK Jorong Galuang Nagari Sungai Pua Kabupaten Agam, yang disalurkan melalui PMI Bukittinggi.

Satu ton rendang yang dipersiapkan ini, sebagai bentuk perhatian dan kepedulian PMI dan masyarakat Bukittinggi-Agam terhadap korban gempa di Lombok. Dijadwalkan Selasa (28/8), rendang ini akan diantarkan langsung oleh PMI ke Lombok melalui jalur darat.

“Selain 1 ton rendang ini, PMI Bukittinggi juga akan membeerikan bantuan berupa peralatan sekolah dan sarana ibadah dalam bentuk 1000 meter sajadah. Semoga bantuan yang kita salurkan bermanfaat bagi mereka, sekalgus menjadi kekuatan bagi kita semua untuk menolong sesame,” ujar Chairunnas.

 Kepala Markas PMI Bukittinggi Ahmad Jais mengatakan, bantuan satu ton rendang ini berawal dari spontanitas pengurus PMI Bukittinggi, bukan hasil program kerja yang sudah diagendakan. “Awalnya akan dibuat rendang 100 kg. Namun berkat kepedulian warga Bukittinggi- Agam yang cukup tinggi terhadap musibah Lombok ini, maka pengurus dan relawan PMI berhasil mengumpulkan 750 kg daging qurban dalam waktu 3 hari,” ungkap Ahmad Jais.

Sementara itu, Bupati Agam melalui Camat Sungai Pua Syafrizal yang juga turut hadir dalam kegiatan merendang di Galuang, menyambut baik atas kegiatan yang diprakasai oleh PMI Bukittinggi ini.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada masyarakat Bukittinggi dan Agam, yang telah membantu sejumlah daging untuk korban gempa Lombok.
“Kita juga sangat berterima kasih kepada kader PKK dan masyarakat nagari Galuang yang telah bersedia untuk merendangnya. Kita yakin dan percaya, bahwa kualitas rendang yang dihasilkan dari Nagari Galuang ini sudah terbukti. Semoga apa yang kita kerjakan ini menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT,” ujarnya. (tot)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM