Volume Sampah Terus Bertambah, DLH Padang Siapkan Tujuh Kontainer


Rabu, 29 Agustus 2018 - 11:20:12 WIB
Volume Sampah Terus Bertambah, DLH Padang Siapkan Tujuh Kontainer Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COMGuna memenuhi kebutuhan penampungan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang menambah tujuh unit kontainer selama 2018 berjalan. Secara keseluruhan, Kota Padang memiliki 170 unit kontainer layak fungsi yang tersebar di sejumlah titik kota. Sementara itu, jumlah petugas kebersihan masih kurang mengingat terus bertambahnya volume dan titik sampah.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Padang, Deni Harzandy menyebutkan, penambahan kontainer juga dilakukan untuk mengganti kontainer yang sudah tidak layak fungsu. Beberapa kontainer tersebut tidak bisa lagi digunakan karena sudah berumur atau rusak berat.

"Yang uzur itu memang tidak bisa lagi difungsikan. Diperbaiki pun sudah tidak mungkin. Ada sekitar tujuh container baru yang kami tambah tahun ini, termasuk untuk mengganti kontainer yang diperbaiki karena bocor atau koyak," ujar Deni kepada Haluan, Senin (27/8).

Deni juga menyebutkan, dari sejumlah kontainer sampah yang ada, tidak seluruhnya siaga atau standby di satu titik tertentu. Namun, kontainer tersebut berada pada titik-titik tersebut sejak pukul 17.00 hingga 05.00 WIB.

"Sesuai perwako, kontainer hanya disediakan di waktu yang ditentukan. Tujuan kami juga untuk membangun kedisiplinan masyarakat perkotaan untuk membuang sampah pada waktu yang ditentukan. Selain itu, juga demi menjaga kondisi dan suasana perkotaan dari bau sampah serta pandangan tak sedap," kata Deni lagi.

Sementara itu untuk mengangkut kontainer tersebut ke tempat pembuangan akhir (TPA), DLH memiliki 38 unit mobil amrol, 35 unit mobil tiper, sembilan unit mobil pick up, dan 25 unit becak motor (betor). Khusus betor, berfungsi untuk menyikat bekas penyapuan sebelum dipindahkan ke mobil.

"Selama ini yang mengangkut dan menyikat bekas sapuan sampah kan petugas di mobil. Selain bisa menyebabkan kemacetan juga bisa membuat rusak pemandangan kota. Itulah gunanya betor. Betor yang bukan milik DLH mungkin ada yang digunakan memungut sampah di kompleks. Itu ada," ujarnya lagi.

Petugas Kurang

Untuk jumlah petugas kebersihan sendiri, Deni menyebutkan saat ini DLH Padang diperkuat 423 petugas untuk mengangkut sekitar 500 ton sampah setiap hari. Meski jumlah tersebut dirasa tidak sepadan dengan pekerjaan yang akan dilakukan, pihaknya tetap berupaya memaksimalkan tenaga yang ada.

“Banyak tanah kosong dan rimba atau sawah yang sudah jadi pemukiman dan pertokoan, maka sampah pun semakin banyak. Kondisi dulu beda dengan sekarang. Dulu petugas cukup, sekarang masih kurang mengingat volume dan titik sampah terus bertambah,” katanya lagi.

Selain itu, sebanyak 179 petugas bertugas khusus untuk mengangkut sampah dari 83 titik utama sampah menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Sebenarnya pembagiannya berbeda. Ada yang mengangkut dari mobil amrol dan ada yang dari tiper langsung," ujarnya menutup. (h/win)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]