Putusan Bawaslu: Sandiaga Tak Terbukti Lakukan Mahar Politik Rp1 Triliun


Jumat, 31 Agustus 2018 - 11:18:32 WIB
Putusan Bawaslu: Sandiaga Tak Terbukti Lakukan Mahar Politik  Rp1 Triliun Sandiaga Uno bersama Gubernur, Wagub, Walikota Padang pada event Padang KulineRun 2017, 24 September 2017. FB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI) memutuskan tidak menindaklanjuti laporan dugaan mahar politik Rp 1 triliun dari bakal cawapres Sandiaga Uno ke PAN dan PKS. Dalam putusannya, Bawaslu menyatakan dugaan tersebut tidak dapat dibuktikan secara hukum.

"Bahwa terhadap pokok laporan nomor 01/LP/PP/RI/00.00/VIII/2018 yang menyatakan diduga telah terjadi pemberian imbalan berupa uang oleh Sandiaga Uno kepada PAN dan PKS pada proses pencalonan Presiden dan Wakil Presiden tidak dapat dibuktikan secara hukum," ujar Ketua Bawaslu Abhan dalam keterangan resminya, Jumat (31/8).

Bawaslu juga memutuskan bahwa tidak ada dugaan pelanggaran Pemilu dalam kasus tersebut. Keputusan ini diambil Bawaslu setelah memeriksa pelapor dan saksi.

"Setelah melakukan pemeriksaan kepada Pelapor dan dua Saksi Bawaslu melakukan kajian terhadap laporan yang disampaikan oleh Saudara Frits Bramy Daniel dengan kesimpulan berikut," jelas Abhan.

Sebelumnya, Federasi Indonesia Bersatu melaporkan bakal cawapres Sandiaga Uno ke Bawaslu. Mereka melaporkan Sandiaga terkait cuitan Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief soal tudingan pemberian mahar Rp 500 miliar ke PKS dan PAN.

Andi Arief menulis sejumlah kritikan keras terhadap Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di akun Twitter-nya. Dalam cuitannya tersebut, dia menyebut sejumlah partai politik, termasuk PKS. (dn/*)

Sumber: Liputan6.com 
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 April 2019 - 20:20:09 WIB

    Pasca Pemungutan Suara Pemilu, Iqra Chissa Ajak Masyarakat Tetap Tenang Hingga Putusan Resmi KPU

    Pasca Pemungutan Suara Pemilu, Iqra Chissa Ajak Masyarakat Tetap Tenang Hingga Putusan Resmi KPU PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Sumbar untuk Jokowi-Ma'ruf Amin, Iqra Chissa mengajak masyarakat tenang pasca Pemilu yang telah berlangsung Rabu, 17 April 2019. Menurutnya Pemilu tela.
  • Senin, 21 Agustus 2017 - 19:54:27 WIB

    PPG Sanggah Keputusan Ninik Mamak  Atas Penetapan  Cawako 

    PPG Sanggah Keputusan Ninik Mamak  Atas Penetapan  Cawako  PADANG PANJANG, HALUAN-- Penetapan Yurnalisman Syam sebagai Bakal Calon (Balon) Walikota yang akan ikut bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang, menimbulkan sedikit polemik. Pasalnya penetapan yang me.
  • Selasa, 04 April 2017 - 20:10:26 WIB

    Martias Tanjung Tak Ikut Romi, Seluruh Kader Diimbau Hormati Putusan Hukum

    Martias Tanjung Tak Ikut Romi, Seluruh Kader Diimbau Hormati Putusan Hukum PADANG, HARIANHALUAN.COM- Mantan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumbar versi Romahurmuziy (Romi), Martias Tanjung menegaskan, pasca keluarnya putusan Mahkamah Agung (MA) RI No. 601 K/Pdt.
  • Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:09:07 WIB
    PILWAKO PAYAKUMBUH 2017-2022

    Tiga Pasang Calon Tunggu Keputusan KPU

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh melakukan verifikasi dan penelitian terhadap berkas keenam kandidat Calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh. Verifikasi KPU dilakukan dengan mendatangi i.
  • Kamis, 26 November 2015 - 19:12:55 WIB

    Presiden Serahkan Putusan ke Komisi III

    SELEKSI CAPIM KPK

    JAKARTA, HALUAN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, tugas pemerintah adalah membentuk Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korups.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM