Spanduk Rokok Bertebaran di Payakumbuh


Jumat, 31 Agustus 2018 - 13:54:49 WIB
Spanduk Rokok Bertebaran di Payakumbuh BONGKAR SPANDUK - Satpol PP bongkar spanduk rokok yang melanggar Perda. DADANG

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Peraturan Daerah Kota Payakumbuh Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) diduga dilanggar oleh pengusaha rokok. Pasalnya, sejak beberapa hari terakhir ini, spanduk yang bertemakan rokok bertebaran diberbagai lokasi sekitar kota.

"Memang dilarang pemasangan spanduk rokok di Payakumbuh. Itu telah melanggar Perda," terang Devitra Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Payakumbuh pada Rabu (29/8) sore. Karena itu, Satpol PP Kota Payakumbuh melakukan penyelisiran seputar kota untuk mencabut spanduk-spanduk rokok yang terpasang.

Baca Juga : Ratusan Tabung Gas Subsidi 3 Kg Disita Petugas Polsek

"Setelah kita telusuri, ada tiga titik spanduk rokok yang dipasang. Yaitu di sekitar Bonai Kecamatan Payakumbuh Barat, Balai Panjang Payakumbuh Selatan dan Kubu Gadang di Payakumbuh Utara. Semuanya sudah kita buka," terang Devitra.

Tak hanya membuka spanduk-spanduk yang dipasang, Satpol PP juga memanggil pihak dari perusahaan rokok untuk dimintai keterangannya. "Mereka juga kita panggil," tegasnya lagi. Sesuai dengan Perda nomor 5 Tahun 2015, ujar Devitra, dilarang untuk promosi rokok dalam bentuk apapun di seputaran Kota Payakumbuh.

Baca Juga : Astaghfirullah, TKW di Malaysia Dianiaya Majikan, 5 Tahun Tak Digaji

Termasuk promosi rokok dalam bentuk baliho, spanduk dan selebaran lainnya. "Kita harap, kedepan tidak ada lagi pihak dari perusahaan rokok untuk memasang spanduk dalam promosi rokok di Payakumbuh. Ini juga akan kita tindak tegas," katanya lagi.

Tak hanya berupa promosi yang dilarang, sesuai Perda, iven-iven serta konser yang disponsori rokok juga dilarang keras. Seperti kejadian sekitar sebulan lalu, Satpol PP Kota Payakumbuh diduga kecolongan dengan adanya konser band dari Jakarta yang disponsori oleh perusahaan rokok. Tanpa pengawasan dari tim penegak Perda, sekitar lokasi konser yang berada di kawasan Resto Ibuah sempat dipasang spanduk dan umbul-umbul rokok. (h/ddg)

Baca Juga : Terduga Gembong 500 Gram Sabu Diciduk Polisi

 

 

Baca Juga : Simpan Sabu Dalam Koper, Sepasang Pasutri Dicokok Polisi

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]