Penertiban PKL di Bundaran Pasar Raya Padang Menunggu Waktu


Jumat, 31 Agustus 2018 - 14:09:18 WIB
Penertiban PKL di Bundaran Pasar Raya Padang Menunggu Waktu Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menindaklanjuti rencana penertiban gabungan yang akan dilakukan di kawasan Bundaran Air Mancur, Pasar Raya Kota Padang. Kepala Dinas Perdagangan Endrizal menyebutkan, saat ini masih menunggu waktu yang tepat.

Selain itu, penertiban juga dirasa perlu sosialisasi ulang kepada pedagang karena bertepatan dengan revitalisasi Fase I sampai VII.

Baca Juga : Ratusan Tabung Gas Subsidi 3 Kg Disita Petugas Polsek

"Kami sedang membicarakan ulang soal penertiban ini karena saat ini sedang perencanaan pemindahan pedagang Fase VII yang juga berdekatan dengan pedagang di bundaran. Kita kuatir jika penertiban dipaksakan malah akan semakin semrawut. Karena lokasi penampungan belum jelas titiknya," terang Endrizal pada Haluan, Kamis (30/8).

Ia menjelaskan, rencana lokasi kios penampungan untuk revitalisasi Fase ada beberapa titik termasuk diseputaran bundaran. Jadi memang nanti secara serentak dan sering penertiban dan penataan sementara akan sejalan dilakukan.

Baca Juga : Astaghfirullah, TKW di Malaysia Dianiaya Majikan, 5 Tahun Tak Digaji

"Kita sedang mempertimbangkan hal yang demikian supaya tidak mubazir waktu dan tenaga. Berkemungkinan akan sejalan kita lakukan dan waktu pastinya belum bisa disebutkan karena saat ini masih proses sosialisasi di Fase VII," lanjutnya lagi.

Meski demikian, petugas terus melakukan penertiban rutin setiap pagi seperti biasa. Karena jika dibiarkan secara total akan semakin memberikan ruang kepada pedagang untuk berbuat sesuka hati.

Baca Juga : Terduga Gembong 500 Gram Sabu Diciduk Polisi

"Penertiban rutin dan patroli tetap dilakukan disejumlah titik di pasar. Selain itu kita berharap seluruh pedagang bisa diajak bekerja sama dan tidak membandel," harapnya.

Terkait perencanaan penertiban tersebut, salah seorang pedagang di bundaran inisial nama A yang berdagang minuman ringan mengaku tidak masalah ditertibkan asalkan disediakan tempat berdagang. Selain itu is berharap penertiban bisa berlaku adil.

Baca Juga : Simpan Sabu Dalam Koper, Sepasang Pasutri Dicokok Polisi

"Kami sudah biasa digusur dan dipindahkan ke sana ke mari. Tapi jika sepi pembeli di tempat yang baru maka kami akan mencari jalan supaya bisa tetap makan dari pada bertahan tapi tidak ada jual beli," katanya.

A berharap supaya pemerintah dalam penertiban tidak pilih kasih terhadap sesama Pedagang Kaki Lima (PKL). Jika semua dipindahkan satu kelompok maka jangan ada yang tercecer.

"Karena jika ada saja satu yang tercecer maka yang lain mengikuti. Tujuannya supaya pengunjungpun terbiasa belanja dan mencari di tempat yang baru," lanjutnya. (h/win)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]