Rendang Uda dari Negeri Dongeng


Ahad, 02 September 2018 - 07:47:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Rendang Uda dari Negeri Dongeng Hasri dengan Rendang Uda membawa nama Bukittinggi serta Sumatera Barat dikenal di Negara Denmark, Swiss, Jerman dan Belanda. IST

Ternyata yang mempopulerkannya adalah putra Bukittinggi yang telah 15 tahun mempromosikan masakan Rendang di Denmark , dia adalah Habibul Hasri atau dikenal dengan Uda Hasri urang Bantolaweh Atas Ngarai Kota Bukittinggi.

 

HARIANHALUAN.COM-Apabila anda penggemar cerita tentang negeri dongeng dimasa kecil tentu pikiran dan ingatan anda akan langsung tertuju pada kisah putri salju,putri duyung, itik buruk rupa yang merupakan hasil karya Hans Christian Andersen penulis cerita dongeng asal Denmark.

Berbicara mengenai Denmark adalah sebuah negara berbentuk Kerajaan dengan Ibukotanya Kopenhagen terletak di sebelah barat daya dari Swedia dan selatan dari Norwegia. Negara ini terletak di Skandinavia, Eropa Utara sehingga termasuk Uni Eropa namun tidak berada di Semenanjung Skandinavia.

Denmark yang menganut konsep ekonomi kapitalis pasar campuran sekaligus kesejahteraan sosial, adalah negara yang memiliki pendapatan tertinggi di dunia. Berdasarkan majalah Forbes, Denmark adalah negara yang memiliki iklim bisnis terbaik.

Dari tahun 2006 sampai 2008, survei mengatakan bahwa Denmark adalah "tempat yang paling menyenangkan di dunia", dipandang dari standar kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan. Survei Global Peace Index tahun 2009 mengatakan bahwa Denmark menduduki posisi negara paling damai kedua di dunia, setelah Selandia Baru.[Pada tahun 2009, Denmark adalah salah satu dari negara yang paling tidak korup di dunia berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi, posisi kedua setelah Selandia Baru.

Kopenhagen sebagai ibukota Kerajaan Denmark adalah kota terbesar di Denmark dengan jumlah penduduk kawasan urban (per Januari 2015) 1.263.698 jiwa dan kawasan metropolitan sebesar 2.013.009 jiwa.

Kopenhagen adalah pusat keuangan dan ekonomi di Denmark dimana Pariwisata juga menjadi sektor penting bagi perekonomian kota, puncaknya tahun 2012 jumlah kamar terisi mencapai 8,1 juta, naik 25% dari 2008.Kopenhagen adalah kota dengan ekonomi berorientasi jasa.Kopenhagen termasuk dalam kota yang memiliki penghasilan kotor tertinggi di dunia. Namun disertai pula dengan pajak yang tinggi. Disisi lain, kota ini juga merupakan salah satu kota termahal di Eropa.

Statistik pada kuarter keempat 2013 menunjukkan bahwa 439.824 (77.3%) penduduk Kopenhagen adalah orang Denmark, 41.423 imigran dan 4.628 keturunan dari negara-negara barat (8.1%), 56.026 imigran dan 27.099 keturunan dari negara non-Barat (14.6%).

Sebagai ibukota negara tentunya di Kopenhagen beradanya kantor perwakilan / kedutaan negara negara didunia yang salah satunya adalah Kedutaan Besar Republik Indonesia ( KBRI ).Sebagaimana kedutaan Indonesia di setiap negara sahabat tentu salah satu program / misinya adalah bagaimana memperkenalkan Indonesia disetiap negara mulai dari Budaya, Pariwisata dan lainnya.

Salah satu kegiatan tahunan yang rutin diadakan adalah Event Bazar di KBRI Denmark dan di Horsen. Ada hal yang menarik didalam setiap Event Bazar tersebut dimana pengunjung bisa menikmati dan merasakan masakan tradisional khas Minangkabau yang sudah terkenal  yakni Masakan Rendang.


Tentu didalam hati kita bertanya tanya siapa yang membawa dan memperkenalkan masakan tradisi Minang itu ke Denmark yang jika dihitung jaraknya sekitar 10.145 km.

Ternyata yang mempopulerkannya adalah putra Bukittinggi yang telah 15 tahun mempromosikan masakan Rendang di Denmark , dia adalah Habibul Hasri atau dikenal dengan Uda Hasri urang Bantolaweh Atas Ngarai Kota Bukittinggi yang sudah puluhan tahun merantau ke Denmark berprofesi sebagai Chef disalah satu restoran di Kopenhagen.

Di Denmark masakan Hasri dikenal dengan sebutan Rendang Uda.


Menurut Hasri bahan bahan untuk masakan Rendang menggunakan rempah rempah alami dan ditambah dengan rempah rempah yang dibawa disaat Hasri pulang setiap tahunnya ke Bukittinggi.

Ada rasa bangga didada Hasri karena dalam beberapa tahun terakhir ini masakan Rendang nya menjadi menu utama didalam setiap event yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kopenhagen Denmark, tentu semua karena perhatian dari Duta Besar RI di Denmark Bpk Muhammad Ibnu Said.


Menurut Hasri lagi dengan Masakan Rendang Uda lah dia bisa membawa nama Bukittinggi serta Sumatera Barat dikenal di Negara Denmark bahkan bukan saja di Denmark akan tetapi sudah sampai ke Negara Swiss, Jerman dan Belanda. (dn/rel)
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM