Usai Imunisasi, Pelajar SMP Lumpuh


Senin, 03 September 2018 - 11:04:09 WIB
Usai Imunisasi, Pelajar SMP Lumpuh Murid SD meringis menahan sakit ketika menjalani vaksinisasi MR. ILUSTRASI

HARIANHALUAN.COM – Seorang pelajar SMP di Padang mengalami kelumpuhan di bagian tangan kiri secara tiba-tiba.  Sang anak bernama Iqbal akhirnya terpaksa dilarikan ke RSUP M Djamil Padang untuk mendapatkan perawatan. Sejauh ini belum bisa dipastikan apa penyebab Iqbal lumpuh.

Saat ini, Iqbal mendapat perawatan di HCU Anak. Pihak rumah sakit sedang berusaha keras mencari tahu penyakit yang diderita Iqbal.

Baca Juga : Terduga Gembong 500 Gram Sabu Diciduk Polisi

Diketahui sebelum mengalami kelumpuhan pada tangan kiri, Iqbal menjalani vaksinisasi Meassless-Rubella (MR) di sekolahnya. Namun tidak ada kepastian apakah penyakit yang diderita Iqbal berhubungan dengan vaksin yang diberikan atau tidak.

Data yang didapat Haluan, Iqbal disuntik vaksin MR pada Senin (27/8). Setelah disuntik, kepada orangtuanya Iqbal mengaku sakit kepala. Setelah diserang sakit kepala, tangannya juga sulit digerakkan. Tangannya melemah, hingga benar-benar mati rasa. Orangtuanya sempat membawa Iqbal ke ahli urut, namun dia urung dipijit karena penyakitnya dianggap bukan karena terkilir atau keseleo. Iqbal lalu dibawa ke Puskesmas. Oleh petugas medis Puskesmas, dia dirujuk ke RSUP M Djamil Padang untuk menjalani perawatan. Diketahui, dia sudah menjalani perawatan sejak 31 Agustus di RSUP M Djamil. 

Baca Juga : Simpan Sabu Dalam Koper, Sepasang Pasutri Dicokok Polisi

Wartawan Haluan sempat mengunjungi Iqbal ke RSUP M Djamil. Namun, petugas rumah sakit plat merah itu menyampaikan bahwa orangtua Iqbal enggan membeberkan kasus yang dialami anaknya kepada media. "Permintaan dari keluarga pasien, anaknya tidak diizinkan untuk diberitakan. Ada surat perjanjian yang dibuat keluarga. Mereka hanya meminta agar Iqbal diberikan pelayanan sebaik mungkin dan didoakan supaya diberikan kesembuhan," ungkap sang petugas.


Belum tentu karena vaksin

Baca Juga : Rp500 Juta Raib, Nasabah Bank di Kediri Dirampok

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday menuturkan belum tentu penyebab kelumpuhan yang dialami Iqbal disebabkan vaksin MR. "Belum tentu, karena vaksin MR yang dijalaninya. Mungkin karena imunisasi MR ini sedang ramai diperbincangkan, orang menghubungkan semuanya ke situ. Perlu dilihat dulu hasil medisnya," ucap Merry.

Merry meminta masyarakat agar jangan terpengaruh dan terpancing isu tak bertanggung jawab terkait efek samping dari pemberian vaksin MR. Merry menyebutkan, rentang waktu pemberian vaksin dan penyakit yang dialami Iqbal cukup lama. "Kejadiannya berawal dari Iqbal menjalani suntik MR pada Senin (27/8). Habis vaksin tak ada persoalan. Selasa –Kamis kondisinya seperti biasa. Pada Jumat pagi, setelah diguyur air mandi, barulah kondisinya memburuk, hingga harus dilarikan ke rumah sakit," ungkap Kadinkes.

Baca Juga : Dilaporkan ke Polisi, Ketua Koperasi Sawit Datuk Nan Sembilan Bantah Langgar Aturan

Sedangkan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumbar dr Pom Harry menerangkan, secara medis, efek vaksin tidak separah itu. "Efek sampingnya ada, namun hanya demam ringan. Demam yang lebih berat bisa terjadi ketika terjadi infeksi lain yang ada pada tubuh anak tersebut," ucapnya.

Dalam posisi sebagai dokter, Pom Harry mengatakan di dunia medis, vaksin bertujuan sangat baik memberi kekebalan pada tubuh sebagai bentuk dari pencegahan ketika virus tersebut muncul nantinya. Ketika muncul virus yang beresiko seperti virus Rubella, tubuh sudah kebal dan punya daya tahan.(h/mg-yes).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]