Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata


Selasa, 04 September 2018 - 16:37:55 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata Screenshot

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Puluhan praktisi dan pemerhati pariwisata yang berhimpun dalam tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Terpadu (TP3T) Kabupaten Solok melakukan pertemuan untuk mewujudkan program kepariwisataan pekan lalu. Pertemuan ini dilakukan guna menyamakan persepsi tentang Indonesian Sustainable Tourism Award (ISTA).

Nagari Jawi-jawi di Kecamatan Gunung Talang yang sejak awal diusung sebagai salah satu piloting kampung budaya yang diusulkan kepada Kemenpar RI oleh Direktur TDC Unand, Dr Sari Lenggogeni dan Pemkab Solok, terus menjadi bahasan serius untuk dikembangkan.

Kepala Seksi Program Dinas Pariwisata, Nolly Eka Mardianto dalam keterangannya menyebutkan, dalam kerangka penyamaan persepsi dimaksud, sekaligus dilakukan pembahasan untuk kunjungan wisatawan lanjutan yang sudah banyak direquest (dipesan) oleh paket wisata dari tour and travel.

"Kampung wisata budaya Jawi-jawi sudah banyak yang ingin mengunjunginya. Sebagai destinasi budaya, perlu dipersiapkan secara matang dan komprehensif," papar Nolly.

Persiapan itu lebih kuat arahnya kepada pemahaman semua stakeholder, pemerintah nagari, masyarakat dan praktisi pariwisata itu sendiri. Bagaimana menjadikan kultur Nagari Jawi-jawi semakin terjaga dalam budaya sehari-hari. (h/ndi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Maret 2019 - 00:02:36 WIB

    Bupati Pessel: Wali Nagari Jangan Berpoligami Kasihan Istri Pertama

    Bupati Pessel: Wali Nagari Jangan Berpoligami Kasihan Istri Pertama PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, menegaskan kepada seluruh wali nagari di daerah itu jangan berpoligami atau melakukan nikah sirih dengan perempuan lain. .
  • Kamis, 22 November 2018 - 12:18:51 WIB

    100 Pohon Ditanam di Nagari Silokek

    100 Pohon Ditanam di Nagari Silokek SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Sijunjung tak henti-hentinya dilanda bencana. Untuk mencegah erosi dan bencana longsor tersebut, jajaran Kodim 0310/SS dibawa komando Dandim 0310/SS, Letkol Inf Irvan Yusri, SIP bersama.
  • Rabu, 14 November 2018 - 11:44:08 WIB

    Tiap Nagari di Pessel Terima ADD Hingga Rp1 Miliar

    Tiap Nagari di Pessel Terima ADD Hingga Rp1 Miliar PESSEL, HARIANHALUAN.COM - 182 Nagari di 15 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019 akan menerima kucuran Anggaran Dana Desa (ADD) yang saat ini sedang dalam penyusunan besaran dana desa untuk masing-masing nagari. .
  • Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:58:46 WIB

    Magrib Mengaji di Agam Sejalan Dengan Gerakan Nagari Madani

    Magrib Mengaji di Agam Sejalan Dengan Gerakan Nagari Madani AGAM, HARIANHALUAN.COM --Kegiatan Magrib Mengaji di Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, membangkitkan semangat generasi menuju masyarakat yang madani..
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:35:48 WIB

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat adat Malalo Tigo Jurai yang semakin tersadarkan dengan potensi alam Malalo dengan bantuan oleh LSM Qibar, INSIST, dan HUMA yang kemudian berjuang bersama untuk terwujudnya Hutan Ada.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM