Job Fair Dinilai Ampuh Atasi Pengangguran


Kamis, 06 September 2018 - 12:22:42 WIB
Job Fair Dinilai Ampuh Atasi Pengangguran Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COMSebanyak 39.844 jiwa warga Kota Padang masih terdaftar sebagai pencari kerja selama 2017 lalu. Jumlah tersebut diperkirakan terus menurun karena pada 2016 tercatat sebanyak 61.020 pencari kerja (pencaker). Gelaran pameran kesempatan kerja (Job Fair) diyakini berkontribusi besar.

Hal itu disampaikan Asisten Ekbang Kesra Pemko Padang, Hermen Peri, saat membuka Job Fair yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang di G-Sport Centre, Jalan Gajah Mada No.105, Gunuang Pangilun, Rabu dan Kamis (5-6/9). Sebanyak 42 perusahaan lokal dan nasional ikut ambil bagian dalam Job Fair tersebut.

Untuk menekan jumlah pengangguran di Kota Padang, Pemko Padang melalui Disnakerin memfasilitasi pencaker dengan Job Fair atau pameran kesempatan kerja. Selain 42 perusahaan, juga menyertakan instansi pemerintah, BP3TKI dan BLK Kota Padang,” kata Hermen.

Ia mengatakan, jumlah pencaker pada 2017 menurun menjadi 9,44 persen (39.844 jiwa) dari total penduduk dibanding jumlah pada 2016 yang mencapai 14,28 persen (61.020) dari total penduduk. Job Fair ikut berkontribusi besar dalam menekan jumlah pencaker tersebut.

“Dalam meningkatkan peluang kerja, Pemko Padang juga menggunakan strategi penambahan investor yang masuk ke Kota Padang. Selain itu juga meningkatkan potensi pariwisata dan perdagangan yang memiliki multiefek kebutuhan tenaga kerja,” katanya lagi.

Jika langkah-langkah tersebut belum bisa mengatasi pengangguran, lanjutnya, Pemko Padang melalui Disnakerin dan OPD terkait juga akan menyiapkan pencaker untuk bekerja mandiri secara khusus dengan cara memberi keterampilan atau keahlian tertentu.

Sementara itu, Kepala Disnakerin Kota Padang, Zabendri mengatakan, Job Fair menjadi agenda tahunan yang digelar untuk menurunkan angka pengangguran terbuka di Kota Padang melalui perluasan kesempatan kerja. Upaya ini mengacu pada Peraturan Menteri Tenaga kerja No. 39 tahun 2016, di mana penyelenggaraannya tidak melakukan pungutan biaya dalam bentuk apa pun kepada pencaker.

“Diharapkan meningkatkan penempatan tenaga kerja sektor formal sekaligus menghindari pameran kesempatan kerja swasta yang tidak resmi yang bahkan memungut biaya kepada pencari kerja,” ucapnya.

Zabendri juga menyebutkan, mekanisme perekrutan peserta dalam Job Fair kali ini dimulai dengan identifikasi langsung ke perusahaan yang dilaksanakan oleh petugas. Ia menargetkan, setidaknya seribu pencaker dapat terserap dalam Job Fair kali ini. (h/mg-mal)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM