Pendaftaran CPNS Tinggal Hitungan Hari, Para Pelamar Mulai Kejar Persiapan


Senin, 10 September 2018 - 11:39:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pendaftaran CPNS Tinggal Hitungan Hari, Para Pelamar Mulai Kejar Persiapan Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sepuluh hari jelang pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 ini, para pelamar dari berbagai daerah di Sumbar mulai ancang-ancang mempersiapkan kelengkapan yang dibutuhkan. Padahal, formasi CPNS untuk Sumbar belum ditetapkan oleh pemerintah.

Myllea Ira (23), salah seorang alumni Fakultas Teknik sebuah perguruan tinggi di Kota Padang mengungkapkan telah mempersiapkan diri dalam menunggu tes CPNS. "Banyak yang sudah saya siapkan. Tentunya belajar, menyusun-nyusun berkas dan terus mengupdate informasi," ungkapnya kepada Haluan, Minggu (9/9).

Selain itu, ditambahkannya ia telah mencatat jadwal-jadwal penting terkait CPNS seperti jadwal pendaftaran dan lain sebagainya. Ia berharap dengan diadakannya tes CPNS kali ini, bisa membuka peluangnya diterima di instasi daerah yang diinginkannya.

Selain Ira, hal senada juga disampaikan Aisya (25).  Wanita yang sehari-hari bekerja sebagai guru les privat ini mengaku telah mempersiapkan diri dengan belajar dari jauh-jauh hari. Iapun juga rajin mencari informasi baru setiap harinya dan mulai mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

"Sebagai bentuk ikhtiar, saya sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Mulai dari membeli buku-buku tentang tes CPNS hingga belajar bahasa inggris (toefl) di sela-sela kesibukan. Juga tak luput, kalau malam hari dicicil mengumpulkan berkas-berkas, mengatur jadwal dan yang terpenting tetap berdoa semoga dimudahkan urusannya," tutur nya.

Ia berharap semoga usaha dan penantiannya bisa membuahkan hasil nantinya dan ia dapat lulus pada tes CPNS kali ini.

Seperti yang diberitakan Haluan sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar Yulitar mengatakan, saat ini ia masih menunggu jatah formasi yang akan diterima Sumbar pada pengangkatan CPNS tahun 2018 ini.  "Saat ini saya masih di Jakarta dan menunggu dalam dua hari ini formasi yang akan kita ddapatkan di Sumbar. Bisa saja kita mendapatkan formasih itu Sabtu (hari ini-red)," ujar Yulitar saat dihubungi Haluan, Jumat (7/9).

Yulitar menyebutkan, saat ini baru 82 dari 525 daerah yang sudah mendapatkan formasi CPNS untuk daerah masing-masing. Rapat koordinasi, kata Yulitar, sudah dilaksanakan semenjak hari Kamis, (6/9). "Daerah kan banyak. Tentunya kita harus bersabar dan menunggu," katanya.

Ia berharap masyarakat untuk bersabar menunggu rilis resmi pemerintah. Apabila ada pemberitaan atau informasi terkait jumlah formasi CPNS untuk Sumbar tanpa jelas sumbernya, diminta untuk tidak mempercayainya. "Dalam dua hari ini mungkin akan kita dapatkan dan akan langsung diinformasikan kepada masyarakat. Saya tahu masyarakat memang menunggu informasi ini, tapi jangan mudah termakan hoaks," katanya.

Senada dengan itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Habibul Fuadi mengatakan, Kota Padang juga belum mendapatkan formasi CPNS dari KemenPAN-RB.

"Saat ini masih berlangsung, kemungkinan kita akan mendapatkannya pada hari Senin, (10/9). Untuk itu, masyarakat mesti bersabar dan menunggu informasi resmi dari pihaknya terkait formasi CPNS yang didapatkan Padang," ujarnya. (h/mg-yes)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM