Sambut  Tahun Baru Islam,  Desa Kolok Nan Tuo  Kembali  Helat  Festival Muharram


Senin, 10 September 2018 - 22:17:09 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sambut  Tahun Baru Islam,  Desa Kolok Nan Tuo  Kembali  Helat  Festival Muharram Sanggar Tigo Saayun bersiap memeriahkan Festival Muharram Desa Kolok Nan Tuo. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO,HALUAN.COM- Pemerintah Desa Kolok Nan Tuo, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto menggelar Festival Muharam memperingati Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah.

Pelaksanaan Festival Muharam tersebut mulai 9 hingga 12 September 2018. "Terdapat beberapa kegiatan dalam festival tersebut, yakni tausiyah, rebana, makan bajamba, dan lomba membaca Asmaul Husna, pawai obor, serta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)," ujar Kepala Desa Kolok Nan Tuo, Adek Rossy Moekrie, Senin. 

Adek Rossy menyebutkan, Festival Muharam ini merupakan kegiatan rutin di Desa Kolok Nan Tuo, yang sudah memasuki tahun ketiga. Intinya sebut Adek Rossy, kegiatan ini merupakan sarana untuk menggelorakan semarak tahun baru Islam.

 Jika selama ini tahun baru identik dengan perayaan tahun baru Masehi, kata Adeks, pihaknya ingin tahun baru Islam juga meriah dengan berbagai kegiatan keagaam dan juga penampilan seni budaya.

"Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, festival tahun ini hanya memberdayakan seluruh warga desa saja,  tidak ada mendatangkan pelaku seni atau peserta dari pihak luar daerah. Seluruh peserta adalah warga dari lingkungan desa saja," katanya.

Ketua Panitia kegiatan, Desri Ronaldi Arifin menambahkan, festival Muharram 1440 Hijriyah ini digelar di dua lokasi, yakni Los Pasar dan Lapangan Sepakbola Kolok Nan Tuo.

"Pada malam puncaknya akan menampilkan pawai obor dari lima dusun beserta marching band serta berbagai tarian ciri khas Minang," ujarnya.
Desri menambahkan kegiatan kali ini juga merupakan ajang unjuk kemampuan dari anak Desa Kolok Nan Tuo. Penampilan atraksi tambua dan tasa pada hari ketiga nanti, adalah penampilan sanggar tigo saayun yang juga tengah mempersiapkan diri untuk dapat tampik di anjungan Taman Mini Indah Indonesia Jakarta, Desember mendatang.(rki)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 Januari 2019 - 22:34:08 WIB

    BRI Mandeh Run 2019 Siap Sambut Pelari dengan Keindahan Alam

    BRI Mandeh Run 2019 Siap Sambut Pelari dengan Keindahan Alam JAKARTA, HARIANHALUAN.COM--- Untuk mendukung sport tourism di wilayah Sumatera Barat, Bank BRI menjadi sponsor tunggal untuk ajang lari BRI Mandeh Run 2019 yang akan diselenggarakan di kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selata.
  • Selasa, 18 Desember 2018 - 10:43:37 WIB

    Sambut Natal dan Tahun Baru, PLN Sumbar Gelar Apel Siaga

    Sambut Natal dan Tahun Baru, PLN Sumbar Gelar Apel Siaga PADANG, HARIANHALUAN.COM – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menggelar Apel Siaga Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Kelistrikan dalam rangka Natal & Tahun Baru di seluruh Kantor Unit Pelaksana.
  • Senin, 17 September 2018 - 17:03:15 WIB
    Semarak Muharam Kabupaten Agam

    Nagari Madani Semakin Disambut Masyarakat

    Nagari Madani Semakin Disambut Masyarakat AGAM, HALUAN- Tahun baru Islam  1 Muharam 1440 Hijriyah di Kabupaten Agam berlangsung semarak, hal ini seiring semangat dalam mendorong keberagamaan sesuai dengan program Agam Madani.  Seluruh kecamatan  menggelar kegiatan.
  • Kamis, 06 September 2018 - 00:46:26 WIB

    Sambut HUT ke-73 TNI AL, Lantamal II Gelar Baksos di Pessel

    Sambut HUT ke-73 TNI AL, Lantamal II Gelar Baksos di Pessel PADANG, HARIANHALUAN.COM--Dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI Angkatan Laut yang jatuh pada 10 September, Lantamal II adakan kegiatan bakti sosial kesehatan di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Sela.
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 13:29:40 WIB

    Sambut Api Obor Asian Games di Bukittinggi, Dirlantas: Ada Rekayasa Jalan

    Sambut Api Obor Asian Games di Bukittinggi, Dirlantas: Ada Rekayasa Jalan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Api Obor Asian Games 2018 bakal singgah di Sumbar. Prosesi kirab obor yang melambangkan semangat pesta olahraga negara-negara Asia itu mengunjungi Kota Wisata Bukittinggi, Kamis (2/8)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM