Rp30 Miliar Dana Pokir Dewan, Gapeksindo Sawahlunto: Jangan Ada Rekanan Tidak Bekerja


Selasa, 11 September 2018 - 19:22:53 WIB
Rp30 Miliar Dana Pokir Dewan, Gapeksindo Sawahlunto: Jangan Ada Rekanan Tidak Bekerja Ilustrasi

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM--Gabungan Pengusaha Jasa Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Kota Sawahlunto meminta pemerintah melakukan pembinaan terhadap rekanan, dengan memberikan pekerjaan, khususnya pekerjaan yang dilakukan dengan penunjukan langsung (PL).

"Binalah kami rekanan ini dengan memberikan pekerjaan, khususnya PL. Sebab, jumlah pekerjaan PL yang ada saat ini melebihi dari jumlah rekanan yang memiliki kelengkapan surat-surat," ujar Ketua Gapeksindo Sawahlunto, Firman Benardo kepada Haluan, Senin (10/9).

Didampingi Sekretaris Gapeksindo, Isya Muddin dan Wakil Ketua Bidang Kelembagaan Darman Lubis, pria yang akrab disapa Don Pargo itu mengungkapkan, pekerjaan yang ada saat ini memang melalui aspirasi atau pokok pikiran (Pokir) anggota dewan sebesar lebih kurang Rp30 miliar.

Asosiasi yang dipimpinnya, menurut Don Pargo, ingin bagaimanapun mekanisme atau modelnya di Kota Sawahlunto untuk proyek Pokir itu, jangan sampai ada rekanan yang tidak bekerja.

Sebab, dari catatan yang ada jumlah rekanan yang berhak mendapatkan pekerjaan, yang bernaung pada empat asosiasi yang berinduk ke Kadin Sawahlunto itu, khususnya yang memiliki SBU lengkap hanya di kisaran 150 hingga 160 rekanan. Sementara, dalam Rancangan APBD Perubahan 2018, melalui Pokir anggota dewan, diperkirakan terdapat 190 lebih pekerjaan pembangunan infrastruktur dan lainnya. Setidaknya ada 129 pekerjaan di Dinas PUPR,  42 pekerjaan di Dinas KP2LH, 14 pada Dinas Pendidikan dan sisanga tersebar di organisasi perangkat daerah lainnya.

Menurut Don Pargo, asosiasinya menerima saja bagaimana jalannya untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Hingga saat ini, Don Pargo bersama pengurus Gapeksindo Sawahlunto mengaku, belum satupun rekanan yang bernaung di bawah asosiasinya melapor telah mendapatkan pekerjaan. 

"Sementara, bulan saja namanya sudah September, tapi belum satupun anggota asosiasi Gapeksindo di kota ini mendapatkan pekerjaan," terang Isya Muddin.

Isya Muddin mengutarakan, yang menjadi permasalahan saat ini, ada kalanya, karena proyek yang berjalan ini dari dana aspirasi atau Pokir dewan, pekerjaan yang jumlah seharusnya bisa dibagi rata, tetapi karena ada hal-hal tertentu menjadi tidak merata. Ada rekanan yang dapat lebih dan ada yang tidak bekerja sama sekali.

"Harapan kita, terlepas dari dana apapun pekerjaan khususnya PL yang akan dilaksanakan itu, supaya dilakukan pemerataan. Jangan pembagian pekerjaan terkondisi. Yang terjadi saat ini, sudah bukan rahasia umum lagi. Kami harus mengurut dada, harap maklum saja," keluhnya.

Isya Muddin juga menuturkan, di Sawahlunto memang rekanan tidak ada yang ribut-ribut soal proyek khususnya PL. Hal itu hanya karena tingkat kesabaran rekanan yang sangat tinggi. 

Rekanan, ujar Don Pargo dan Isya Muddin banyak mengalah. Namun tentunya rekanan tidak akan terus mengurut dada. 

Data yang berhasil dihimpun Haluan, proyek pembangunan dari Pokir DPRD Sawahlunto yang diajukan dalam Rancangan APBD Perubahan 2018, tercatat dengan dana maksimal Rp200 juta, yang dilaksanakan melalui penunjukan langsung.(h/nto)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Maret 2019 - 19:39:07 WIB

    Masjid Istiqlal Koto VIII Pelangai Dapat CSR Bulog Rp30 Juta

    Masjid Istiqlal Koto VIII Pelangai Dapat CSR Bulog Rp30 Juta PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sumbar, menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) ke berbagai daerah yang dianggap sangat membutuhkan..
  • Kamis, 30 Maret 2017 - 14:08:24 WIB

    Bank Nagari Pulau Punjung Sediakan KUR Rp30 M

    Bank Nagari Pulau Punjung Sediakan KUR Rp30 M DHARMASRAYA, HALUAN—Kepala Bank Nagari Cabang Pulau Punjung, Tasman, menyatakan, pihaknya menyediakan kredit usaha rakyat (KUR) untuk kabupaten tersebut pada tahun ini sebesar Rp30 miliar. Pihaknya menyediakan KUR sebanyak .
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 03:28:28 WIB

    Dana Perimbangan Berkurang Rp30 M

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Meski Dana Alokasi Umum (DAU) Kota Sawahlunto tidak masuk dalam list pemotongan anggaran Ke­menterian Keuangan, namun anggaran Kota Sawahlunto tetap terpengaruh dengan pengu­rangan beberapa item angga.
  • Jumat, 15 Januari 2016 - 03:06:06 WIB

    P2BN Pasaman Capai Rp30 Miliar

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menaikan anggaran untuk program Pem­bangunan Partisipatif Berbasis Nagari (P2BN) tahun 2016. Tahun ini jumlahnya mencapai Rp30 miliar, naik dari sebelumnya yang hanya mencapai.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM