Tak Ada Formasi  Guru Honor, Sumbar Hanya Dijatah Pusat  864 CPNS


Rabu, 12 September 2018 - 08:15:54 WIB
Tak Ada Formasi  Guru Honor, Sumbar Hanya Dijatah Pusat  864 CPNS Tes Cpns. ILUSTRASI

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Tenaga Guru menjadi formasi terbanyak yang didapatkan Sumbar dalam formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yakni 513 orang dari total 864 formasi yang didapatkan Provinsi Sumatera Barat. Saat ini, Pemprov Sumbar sedang merancang persyaratan yang akan dipenuhi oleh pelamar.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Yulitar kepada Haluan, Selasa (11/9). Ia mengatakan, formasi yang diterima oleh Sumbar memang lebih sedikit dari yang diajukan BKD kepada Kementrian Pendayagunaan Aparutur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan-RB).

Baca Juga : Puluhan Wartawan Terkapar Usai Divaksin, Menkes: Kabar Bohong!

"Alhamdulillah, kita mendapatkan jatah 864 orang. Walaupun pengajuan kita itu jauh lebih banyak dari ini," kata Yulitar.

Selain dari tenaga guru sebanyak 513 orang, Sumbar juga mendapatkan jatah penerimaan tenaga kesehatan sebanyak 296 orang dan tenaga teknis/konstruksi 55 orang. Tapi, untuk penerimaan di Provinsi Sumbar, Yulitar menyebutkan Sumbar tidak mendapatkan jatah pengangkatan melalui jalur guru honorer kategori 2 (K2).

Baca Juga : Tampar Supir Truk, Ketua DPRD Pasaman Barat Dipolisikan

"Jatah dari Menpan untuk Sumbar tidak ada penganggkatan melalu jalur K2. Baik untuk tenaga guru atau tenaga kesehatan," ujarnya.

Ia mengatakan, pendaftaran direncanakan akan dimulai pada 19 September. Saat ini, kata Yulitar, Pemprov Sumbar sedang menyusun persyaratan yang harus dilengkapi oleh pendaftar.

Baca Juga : Apes! Kebut-kebutan, Rombongan Moge Dihadang Paspampres

"Setiap jurusan mempunyai persyaratan yang berbeda. InsyaAllah akan selesai sebelum tanggal 19," kata Yulitar lagi.

Untuk kepastian syarat, formasi detail dan jurusan yang didapatkan Sumbar, Yulitar menyebutkan, masyarakat harus menunggu pengumuman resmi. "Yang jelas sebelum tanggal 19 September kita sudah melakukan pengumuman resmi," ucap Yulitar.

Baca Juga : Polda Sumbar Kerahkan Ditreskrimsus Kaji Unsur KKN pada Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Covid-19

Lainnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Habibul Fuadi mengatakan, Kota Padang sudah mendapatkan formasi CPNS. Namun saat ini masih dalam tahap penetapan oleh Wali Kota Padang.

"Tunggu saja pengumuman resmi. InsyaAllah dalam waktu dekat sudah diumumkan," katanya.

Sebelumnnya, pemerintah resmi membuka pendaftaran CPNS pada tanggal 19 September 2018. KemenPAN-RB menyiapkan kuota CPNS sebanyak 238.015 orang.

"Tahun ini kebutuhan CPNS nasional adalah 238.015 yang terdiri dari 51.271 untuk instansi pusat dan 186.744 untuk instansi daerah," kata Menpan-RB Syafruddin dalam jumpa pers di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (6/9).

Syafruddin menambahkan, CPNS untuk instansi pusat akan ditempatkan di 76 kementerian/lembaga (K/L). Sementara untuk CPNS di instansi daerah ditempatkan di 525 pemerintah daerah baik kabupaten maupun kota. (h/mg-mal)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]