Tim Pessel Juara I Lomba HUT Lalu Lintas


Rabu, 12 September 2018 - 12:34:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tim Pessel Juara I Lomba HUT Lalu Lintas Ketua Panitia Pelaksanaan Lomba PKS dan Musisi Jalanan, Kompol Ari Wibowo, berfoto bersama para pemenang lomba cipta lagu keselamatan berlalu lintas. IST


PADANG, HARIANHALUAN.COM—Tim Pesisir Selatan (Pessel) menjadi juara I Lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan Musisi Jalanan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas ke-63 tahun ini. Lomba yang diadakan oleh Ditlantas Polda Sumatera Barat (Sumbar) tersebut digelar di Gedung Pertemuan Rangkayo Basa, Padang, Senin (10/9).  

Ketua Panitia Pelaksanaan Lomba PKS dan Musisi Jalanan, Kompol Ari Wibowo, mengutarakan, Lomba PKS diikuti oleh 18 daerah di Sumbar. Mentawai tidak mengirim peserta karena pertimbangan jarak dan kondisi iklim. Peserta lomba itu merupakan siswa SMA. Sementara itu, lomba cipta lagu musisi jalanan diikuti oleh semua kabupaten/kota di provinsi ini.  “Peserta lomba dicari oleh tiap-tiap polres,” ujarnya.

Mengenai lomba PKS, Ari mengatakan, pihaknya baru tahun ini menggelar lomba PKS dengan hadiah piala bergilir Kapolda Sumbar. Pihaknya mengadakan lomba itu sebagai ajang mencari prestasi dari hasil kreasi dan menggelorkan keselamatan berlalu lintas di jalan melalui peran PKS di sekolahnya.

“PKS diharapkan menyosialisasikan kepada teman-temannya di sekolah tentang keselamatan berlalu lintas, seperti memakai helm dan tidak ugal-ugalan di jalan,” ucapnya.

Sementara itu, Lomba Musisi Jalanan, kata Ari, pihaknya sudah mengadakan lomba itu pada tahun lalu. Namun, pada tahun ini, pihaknya meminta musisi jalanan berkreasi menciptakan lagu bertema keselamatan berlalu lintas.

Ia menginformasikan, semua pemenang memperoleh hadiah, yakni piala bergilir Kapolda Sumbar, piala tetap, piagam, dan uang pembinaan.
Ari menambahkan, lomba tersebut dibuka oleh Wakapolda Sumbar sebagi pemimpin apel dan dihadiri oleh undangan serta pejabat utama Polda. Pada lomba itu diserahkan trofi bergilir Kapolda Sumbar kepada Dirlantas yang diwakilkan oleh Wadirlantas. Selain itu, ada penampilan hiburan dari Polisi Cilik (Pocil) Dhamasraya dan Akademi Pocil Angkatan 1 Ditlantas Polda Sumbar.

Sementara itu, Ketua pembina tim dari Pessel, Riki, mengatakan, selama ini, pihaknya dari Unit Dikyasa Satlantas Polres, membangun kemitraan dengan membina berbagai kelompok masyarakat, antara lain, pelajar SD, SMP, SMA; komunitas motor, mobil, ojek; dan komunitas seni. Pihaknya mengharapkan kelompok binaan itu menjadi corong pesan-pesan tertib lalu lintas.

“Ketika ada lomba musisi jalanan seperti kali ini, kami hanya tinggal membidik musisi-musisi yang selama ini menjadi mitra. Terkait dengan PKS, kami melakukan pembinaan mulai usia dini secara berkelanjutan sampai tingkat SMA. Di SD namanya pocil. Setelah mereka tamat, bagi yang mau bergabung, namanya PKS. Pembinaan kepada pelajar dari dini adalah penguatan karakter. Jika karakter generasi sudah bagus, secara otomatis, mereka akan taat hukum dan tertib serta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” tuturnya.

Benni Yohendra, musisi utusan Polres Pessel, menciptakan lagu berjudul “Jaga Keselamatan di Jalan”. Ia mengatakan, dalam lirik lagu itu terdapat pesan dan ajakan untuk berhati-hati berlalu lintas dengan mengutamakan keselamatan dan memakai atribut kelengkapan berkedara serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Ia berharap lagu itu menjadi lagu sosialisasi dan kampanye keselamatan berlalu lintas yang dilakukan oleh polisi lalu lintas karena pesan yang disampaikan lewat lagu lebih cepat sampai kepada sasaran, terutama anak muda. (h/dib



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM