Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu


Rabu, 12 September 2018 - 21:59:21 WIB
Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu Anggota DPRD Sumbar, Taufik Hidayat

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPRD Sumbar, Taufik Hidayat mengapresiasi langkah kelompok pengabdian masyarakat Jurusan Tenik Elektro, Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang (UNP) membantu pemasangan solar sell atau tenaga surya di kapal nelayan di Pasia Nan Tigo, Koto Tangah, Padang.

Taufik Hidayat yang juga Sekretaris Komisi IV DPRD Sumbar ini menyebut, yang dilakukan oleh kelompok pengabdian masyarakat FT UNP hendaknya ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.

Pemerintah daerah melalui Balitbang didorong bekerjasama dengan Jurusan Teknik FT UNP mengembangkan tenaga surya yang merupakan hasil penelitian jurusan tersebut, karena bahan bakar ini sangat irit dan bisa membantu nelayan dalam melaut. 

Selama ini, ungkap Taufik, salah satu persoalan nelayan khususnya di Pasia Nan Tigo adalah bahan bakar.

Selain harga yang mahal, sulit didapat, juga penggunaan yang cukup banyak. Dengan adanya tenaga surya diharapkan nelayan bisa melakukan efesiensi penggunaan bahan bakar serta dapat menekan biaya operasional. 

"Saya juga berharap Dinas ESDM Sumbar dan Dinas Kelautan Perikanan dapat mendorong nelayan memakai hasil penelitian ini," kata Taufik.

Ia menuturkan, saat diskusi dengan pihak FT UNP diketahui, karena anggaran yang terbatas, kelompok pengabdian masyarakat ini hanya bisa membantu memasang tenaga surya untuk beberapa kapal.

Jika dianggarkan di APBD, Taufik yakin dengan alokasi Rp1 miliar saja akan bisa membantu puluhan atau bahkan ratusan kapal dipasang perangkat tenaga surya ini.

“Sasaran kita bagaimana para nelayan sejahtera dan pendapatan mereka bertambah, selama ini tiap melaut mereka menghabiskan uang senilai Rp300 ribu untuk membeli BBM, termasuk Kapal Bagan, itu pengeluarannya bahkan sampai Rp1 juta,” ujar Taufik.

Ketua kelompok pengabdian masyarakat dari Teknik Elektro, FT UNP, Juli Sardi menyampaikan, dengan pemasangan solar sell pada kapal nelayan, akan dapat menekan pengeluaran nelayan saat melaut. Terutama untuk penggunaan bahan bakar untuk penerangan dan motor penggerak pengangkat jaring. 

"Bahan bakar sulit didapatkan nelayan. Lalu juga mahal. Hasil tangkapan belum tentu banyak. Makanya efisiensi mesti dilakukan nelayan. Dengan tenaga surya ini penggunaan bahan bakar akan berkurang," kata Sardi.

Marzuki salah seorang ketua kelompok nelayan di Pasia Nan Tigo memberikan mengatakan, program ini akan membantu nelayan. Ia mengakui selama ini yang membuat pengeluaran nelayan besar saat melaut adalah bahan bakar. Padahal hasil tangkapan belum bisa dipastikan. Tapi untuk penggunaan bahan bakar akan tetap sama.

"Jika biaya bahan bakar bisa ditekan atau dihemat, akan sangat membantu kita. Artinya modal untuk melaut bisa berkurang," ujarnya. (h/len).

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]