Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu


Rabu, 12 September 2018 - 21:59:21 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu Anggota DPRD Sumbar, Taufik Hidayat

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPRD Sumbar, Taufik Hidayat mengapresiasi langkah kelompok pengabdian masyarakat Jurusan Tenik Elektro, Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang (UNP) membantu pemasangan solar sell atau tenaga surya di kapal nelayan di Pasia Nan Tigo, Koto Tangah, Padang.

Taufik Hidayat yang juga Sekretaris Komisi IV DPRD Sumbar ini menyebut, yang dilakukan oleh kelompok pengabdian masyarakat FT UNP hendaknya ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.

Pemerintah daerah melalui Balitbang didorong bekerjasama dengan Jurusan Teknik FT UNP mengembangkan tenaga surya yang merupakan hasil penelitian jurusan tersebut, karena bahan bakar ini sangat irit dan bisa membantu nelayan dalam melaut. 

Selama ini, ungkap Taufik, salah satu persoalan nelayan khususnya di Pasia Nan Tigo adalah bahan bakar.

Selain harga yang mahal, sulit didapat, juga penggunaan yang cukup banyak. Dengan adanya tenaga surya diharapkan nelayan bisa melakukan efesiensi penggunaan bahan bakar serta dapat menekan biaya operasional. 

"Saya juga berharap Dinas ESDM Sumbar dan Dinas Kelautan Perikanan dapat mendorong nelayan memakai hasil penelitian ini," kata Taufik.

Ia menuturkan, saat diskusi dengan pihak FT UNP diketahui, karena anggaran yang terbatas, kelompok pengabdian masyarakat ini hanya bisa membantu memasang tenaga surya untuk beberapa kapal.

Jika dianggarkan di APBD, Taufik yakin dengan alokasi Rp1 miliar saja akan bisa membantu puluhan atau bahkan ratusan kapal dipasang perangkat tenaga surya ini.

“Sasaran kita bagaimana para nelayan sejahtera dan pendapatan mereka bertambah, selama ini tiap melaut mereka menghabiskan uang senilai Rp300 ribu untuk membeli BBM, termasuk Kapal Bagan, itu pengeluarannya bahkan sampai Rp1 juta,” ujar Taufik.

Ketua kelompok pengabdian masyarakat dari Teknik Elektro, FT UNP, Juli Sardi menyampaikan, dengan pemasangan solar sell pada kapal nelayan, akan dapat menekan pengeluaran nelayan saat melaut. Terutama untuk penggunaan bahan bakar untuk penerangan dan motor penggerak pengangkat jaring. 

"Bahan bakar sulit didapatkan nelayan. Lalu juga mahal. Hasil tangkapan belum tentu banyak. Makanya efisiensi mesti dilakukan nelayan. Dengan tenaga surya ini penggunaan bahan bakar akan berkurang," kata Sardi.

Marzuki salah seorang ketua kelompok nelayan di Pasia Nan Tigo memberikan mengatakan, program ini akan membantu nelayan. Ia mengakui selama ini yang membuat pengeluaran nelayan besar saat melaut adalah bahan bakar. Padahal hasil tangkapan belum bisa dipastikan. Tapi untuk penggunaan bahan bakar akan tetap sama.

"Jika biaya bahan bakar bisa ditekan atau dihemat, akan sangat membantu kita. Artinya modal untuk melaut bisa berkurang," ujarnya. (h/len).



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Juli 2018 - 12:22:17 WIB

    Nelayan Pasia Nan Tigo Peroleh Bantuan 16 Biduak

    Nelayan Pasia Nan Tigo Peroleh Bantuan 16 Biduak PADANG,HARIANHALUAN.COM-Nelayan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, menerima 16 biduak (sampan) untuk dua kelompok nelayan, Ahad (29/7)..
  • Kamis, 02 November 2017 - 11:43:23 WIB

    Lantamal II Sosialisasi Keselamatan Pelayaran pada Nelayan

    Lantamal II Sosialisasi Keselamatan Pelayaran pada Nelayan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat nelayan, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang menggelar sosialisasi keselamatan kepada nelayan dan masyarakat pengguna laut wilayah kerja.
  • Rabu, 03 Mei 2017 - 01:45:09 WIB

    Nelayan Yang Hanyut di Pulau Pisang Belum Ditemukan

    PADANG, HALUAN - Sudah tiga hari Afrizal (48), warga kawasan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat dinyatakan hilang saat akan pulang usai memancing di kawasan Pulau Pisang Gadang, Kecamatan Padang Selatan..
  • Kamis, 09 Maret 2017 - 12:55:28 WIB

    Nelayan Padang Takut Melaut

    Nelayan Padang Takut Melaut PADANG,HALUAN — Nelayan Sumbar mengeluh lagi. Aturan terkait tonase kapal di atas 30 GT ternyata belum sepenuhnya berpihak ke nelayan sehingga mereka takut melaut. Terkait perizinan untuk melaut, mereka merasa hal itu membe.
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:34:35 WIB

    Aturan Dianggap Merugikan, Ribuan Nelayan Sumbar Ancam Demo

    PADANG, HALUAN — Je­lang akhir tahun, nelayan Sumbar yang menggunakan bagan di atas 30 GT mulai resah. Keresahan dipicu ka­rena izin melaut mereka yang diberi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI ting­gal hitunga.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM