DIDOMINASI UNTUK TENAGA PENDIDIKAN

Inilah Kuota CPNS 2018 Sejumlah Daerah di Sumbar


Kamis, 13 September 2018 - 09:53:12 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Inilah Kuota CPNS 2018 Sejumlah Daerah di Sumbar Tes CPNS. ILUSTRASI

PADANG, HARIANHALUAN.COM– Setelah Pemprov Sumbar merilis soal kuota CPNS tahun 2018 yang mencapai 864 formasi, sejumlah daerah di Sumbar juga telah menginformasikan hal serupa ke publik.  Kendati demikian, masih ada daerah yang belum mendapat penjelasan soal kuota CPNS tersebut.

Di Agam, pemerintah setempat menyebutkan mereka mendapat kuota sebanyak 253 formasi CPNS dari pemerintah pusat. Pengusulan formasi jabatan sebelumnya telah dilakukan bagi tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya pada Kementerian PAN-RB.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria didampingi Kepala BKPSDM Fauzir usai penyerahan SK kenaikan pangkat di GOR Rang Agam Padang Baru, Lubuk Basung, Rabu (13/09).

Menurut Wabup, pembuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk 238.015 orang yang akan ditempatkan di instansi pusat  dan daerah merupakan langkah yang sangat strategis oleh pemerintah pusat.

Dikatakannya, penerimaan akan membuka lapangan pekerjaan khususnya akan memberikan peluang bagi generasi muda. Apalagi  sebanyak 186.744  dialokasikan untuk formasi instansi daerah. Ini akan dimanfaatkan untuk mengisi kebutuhan daerah.

"Sekda bersama Kepala BKPSDM sudah mengikuti rakor dengan Kementerian PAN-RB terkait formasi jabatan ASN baru. Sebanyak 253 formasi, masih butuh konfirmasi lagi ke Menpan RB, karena masih substantif," katanya.

Kepala BKPSDM Agam Fauzir menambahkan, Agam mengajukan formasi untuk dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, nutrisionis. Kemudian bidang pembangunan dan infrastruktur untuk bagian PUTR, bidang pendidikan untuk guru SD.

Menurut Fauzir, satu pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pendaftaran secara resmi rencananya akan diumumkan langsung oleh pemerintah pusat pada 19 September 2018 di http://sscn.bkn.go.id.

Ia juga memastikan jika penerimaan sesuai aturan dan mengingatkan kepada pelamar untuk mempersipakan diri dan persyaratan secara baik. Kemudian berhati-hati dengan iming-iming calo untuk meluluskan, sehingga tidak menjadi korban penipuan.

Lainnya, Sekretaris Kota Padang, Asnel mengatakan, Kota Padang mendapatkan kuota yang lebih besar dari Agam, yakni mencapai 558 orang. Penerimaan guru SD merupakan formasi yang terbanyak yakni 152 orang.

“Guru agama 111 orang dan selebihnya formasi tenaga kesehatan seperti dokter umum, serta jabatan teknis masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendapat jatah 1 orang," ujar Asnel Kepada Haluan (12/9).

Asnel mengatakan, formasi 558 orang yang didapatkan Kota Padang sudah mendekati jumlah ASN yang pensiun di tahun 2018 yang mencapai 600 orang.

"Yang pensiun paling banyak itu guru kelas SD. Karena itu kita mendapatkan formasi guru SD yang paling banyak," katanya.

Meski begitu, Asnel mengaku, sangat bersyukur dengan jumlah formasi yang didapatkan Kota Padang. Karena Kota Padang merupakan penerima formasi terbanyak dari kabupaten/kota lainnya di Sumbar.

Untuk kesiapan Computer Asissted Test (CAT), Asnel mengatakan Kota Padang sudah melaksanakan CAT semenjak 2014. Dan Kota Padang sudah pernah mendapatkan award terkait pelaksanaan CAT.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Pariaman, Irmadawani mengatakan, Kota Pariaman mendapatkan formasi CPNS sebanyak 282 orang yang terdiri dari guru SD dan SMP Infrastruktur PU, Perumahan dan permukiman dan Parawisata. "Untuk syarat dan lainnya nanti akan kita umumkan resmi," katanya.

Di Kabupaten Solok, pemerintah setempat melaporkan ada 320 formasi CPNS yang didapat dari pemerintah pusat.  "Yang kami ajukan sebanyak 338 formasi, tapi hanya 320 formasi yg disetujui rencananya paling lambat tanggal 19 bulan ini sudah kami umumkan formasinya," ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Solok, Ferisnofel.

Sedangkan dari Pasaman Barat, didapat informasi bahwa kuota yang mereka dapatkan jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Kabupaten Solok.  Kuota CPNS untuk kabupaten Pasaman Barat mendapat jatah sebanyak 250 formasi.

Jumlah sebanyak itu disebar ke sejumlah pos, yakni 157 untuk guru SMP dan SD, tenaga kesehatan sebanyak 43, dan tenaga teknis lainnya sebanyak 30 formasi.

"Syarat pendaftaran sesuai kesepakatan se-Sumatera Barat akan diumumkan secara bersama sama. Dan saat ini masih di musyawarahkan oleh tim provinsi," Kepala BKSDM Pasaman Barat, Yudesri, kepada Haluan.

Sementara di Solok Selatan, wartawan Haluan di daerah itu melaporkan belum ada penjelasan dari pihak terkait soal kuota CPNS tahun ini.  Pemerintah pusat sendiri sudah membuka penerimaan CPNS 2018 sebanyak 238.015 formasi. Sebanyak 51.271 formasi untuk instalasi pemerintah pusat, dan 186.744 formasi untuk pemerintah daerah. Pengumuman itu rencananya bakal dibuka pada 19 September melalui situs web sscn.bkn.go.id (h/ndi/yat/mg-mal/idn/jef)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 November 2016 - 00:59:44 WIB
    PILWANA SERENTAK DI PASAMAN SUKSES

    Inilah 10 Walinagari Terpilih

    Inilah 10 Walinagari Terpilih PASAMAN, HALUAN — Sebanyak sepuluh kanagarian di Kabupaten Pasaman, sudah merampungkan Pemilihan Walinagari (Pilwana) serentak tahun 2016. Walinagari terpilih itu sudah ditetapkan oleh panitia pemilihan setempat, Senin (2.
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 14:32:04 WIB

    Inilah Kronologis Ledakan Tambang di Sawahlunto

    Inilah Kronologis Ledakan Tambang di Sawahlunto SAWAHLUNTO, HALUAN - Pasca terjadinya ledakan lubang tambang batubara milik PT Nusa Alam Lestari (NAL) Senin (27/6) malam mengakibatkan lima orang pekerjanya mengalami luka bakar serius, tiga orang dirawat di Rumah Sakit M J.
  • Kamis, 11 Februari 2016 - 17:39:42 WIB

    Inilah Nagari Terparah Dilanda Banjir

    DHARMASRAYA, HALUAN – Dari empat Nagari, yakni Nagari Gunung Selasih Jorong Lubuk Bulang, Nagari Pulau Punjung, Nagari Sitiung, Nagari Siguntur, yang dilanda banjir di Kabupaten Dharmasraya, Senin lalu, yang merupakan Naga.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM