Wayang Kulit Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam di Sawahlunto


Kamis, 13 September 2018 - 16:57:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Wayang Kulit Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam di Sawahlunto Penampilan kesenian wayang kulit ramaikan perayaan tahun baru Islam 1440 Hijriyah di Kelurahan Durian II Kecamatan Barangin, Sawahlunto. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM--Berbagai penampilan seni budaya multi etnis mewarnai perayaan tahun baru 1440 hijriyah yang digelar oleh masyarakat Kelurahan Durian II Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto.

Dipusatkan dilapangan Rumah Rumah Empat Sungai Durian tahun baru Islam tersebut terasa meriah dengan gelaran tausiah agama, penampilan kesenian reog ponorogo, kuda kepang dan wayang kulit.

"Kami ingin memaknai tahun baru Islam ini dengan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan makan hijrah dan perkembangan Islam di kota ini. Masuk dan berkembangnya Islam tidak dapat dipisahkan dengan seni dan budaya yang berkembang dilingkungan masyarakat," ujar Lurah Durian II, Susilo Hadi kepada Haluan.

Akan tetapi lanjutnya, hikmah terpenting dari peringatan tahun baru ini bagaimana untuk menggali hikmah yang terkandung di dalamnya, sebagai makna yang strategis bagi kehidupan umat Islam. Salah satu upaya yang dapat dilakukan sebutnya untuk memantapkan keimanan dan ketaqwaan.

"Dengan peringatan tahun baru islam 1440 hijriyah ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk mengintrospeksi diri, agar bisa lebih baik lagi dimasa yang akan datang," ujarnya.

Camat Barangin, Zainul Anwar sangat mengapresiasi kegiatan dalam memeriahkan tahun baru Islam 1440 Hijriyah yang digagas oleh masyarakat desa maupun kelurahan. Zainul mengatakan, di Kecamatan Barangin masyarakat yang rutin menggelar kegiatan tahun baru Islam, yakni Kelurahan Durian II dan Desa Kolok Nan Tuo.

"Ini tentunya dapat menjadi contoh bagi masyarakat desa dan kelurahan lainnya terkhusus di Barangin dan Sawahlunto umumnya untuk lebih mengebyarkan tahun baru Islam, ditengah kecendrungan uporia dalam pergantian tahun Masehi," tuturnya.

Selain Durian II,  Desa Kolok Nan Tuo juga memaknai pergantian tahun Hijriyah dengan berbagai kegiatan. Tahun ini Kolok Nan Tuo kembali menggelar Festival Muharram dari 9 hingga 12 September 2018. Adapun beberapa kegiatan dalam festival tersebut, yakni tausiyah, rebana, makan bajamba, dan lomba membaca asmaul husna, pawai obor, serta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bagi aparatur Desa.(h/rki)

 

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM