Cegah Bahaya Narkoba, BLK Padang Bersama BNNP Sumbar Gelar Pameran Edukasi


Kamis, 13 September 2018 - 21:54:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Cegah Bahaya Narkoba, BLK Padang Bersama BNNP Sumbar Gelar Pameran Edukasi Foto bersama BLK Padang bersama peserta. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM- -Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, menggelar pameran dan edukasi bahaya narkoba, Kamis (13/9).

Menyasar generasi milenial, kegiatan sehari penuh ini digelar di halaman BLK Padang, dengan mengangkat tema 'ciptakan generasi muda kreatif tanpa narkoba'.

Kepala BLK Padang, Syamsi Hari, mengatakan, kerjasama dengan BNNP Sumbar sudah dilakukan sejak tahun 2016 lalu. Sejak itu, selain menerima para residen untuk dilatih keterampilan, tes urin, dan kegiatan lain seperti sosialisasi bahaya narkoba terus dilakukan.

"Kami telah melakukan pelatihan pada mantan pecandu ini. Ada 11 kejuruan yang kita sediakan. Ini upaya kita agar mereka lebih mengerti hidup, lebih bermanfaat terhadap negara dan terutama untuk keluarga," ucap Syamsi.

Ia menambahkan, selain dapat menyadari dan memahami bahaya narkoba para pelaku industri juga bisa melakukan pencegahan dan antisipasi, bahkan sebelumnya juga dilakukan dengan tes urin.

Menurutnya, selama dipelatihan, para mantan pencandu, diberikan perlakukan peraturan dan pelajaran yang sama dengan peserta lainnya.

"Tidak ada yang kami bedakan, tidak ada peserta pelatihan rendah hati, semua sama dan normal. Tujuan mendatangkan anak muda, kami dengan BNNP berharap generasi muda, lebih lagi memahami bahan bahan psikotropika yang sangat terlarang di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pascarehabilitasi, Bidang Rehabilitasi, BNNP Sumbar, Josra Maidi mengatakan, edukasi pada generasi muda untuk merubah pola pikir pentingnya mengetahui bahaya narkoba, dan hidup dalam berkreativitas.

"Generasi milenial cenderung individu, apalagi dengan dunia maya. Edukasi ini untuk merangsang pola pikir, jika komunikasi itu penting. Saling mengingatkan bahaya narkoba satu sama lainnya. Antara teman, bahkan di dalam keluarga sendiri. Ajang ini untuk sosialisasi, generasi muda bebas narkoba, dan kreatif tanpa narkoba. Makanya kita bekerjasama dengan BLK," tuturnya.

Indah Chania, salah satu peserta mengaku kegiatan sangat positif bagi generasi muda.

"Program ini sangat bagus, manfaatnya sangat banyak, bisa edukasi belajar juga. Nanti, pengetahuan ini akan saya sebar deh di sosial media," ungkapnya.

Acara itu disponsori oleh  PT. Semen Padang, PT. Kunango Jantan, PDAM Kota Padang, Bank Nagari, Telkomsel, IPC Pelindo, RRI Padang, Hydro Coco, Wardah, Permata Bank, Mormo, dan Gojek.(h/rel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 Juli 2018 - 14:32:56 WIB

    Cegah Bahaya Narkoba, 304 Peserta BLK Padang Tes Urine

    Cegah Bahaya Narkoba, 304 Peserta BLK Padang Tes Urine PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka pencegahan dan mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba, BLK Padang bekerja sama dengan BNN Provinsi Sumbar melakukan kegiatan test urin terhadap siswa peserta Pelatihan Berbasis Kompeten.
  • Sabtu, 24 Desember 2016 - 01:54:15 WIB

    Cegah Kelompok Teror dengan Deteksi Dini

    PADANG, HALUAN — Ketua Komisi I DPRD Sum­bar, Aristo Mu­nandar mengatakan, keberadaan ke­lom­pok teroris bisa me­lemahkan bangsa dan bertentangan dengan pancasila. Karena itu, semua elemen masyarakat harus berperan ser.
  • Kamis, 03 November 2016 - 11:11:45 WIB

    Mencegah 'Pak Ogah', Sat Pol PP Ikut Mengatur Area Putaran di Padang

    Mencegah 'Pak Ogah', Sat Pol PP Ikut Mengatur Area Putaran di Padang PADANG — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang telah menempatkan sejumlah personilnya di beberapa titik persimpangan yang ada di Jalan Hamka, dan Khatib Sulaiman pada Kamis (3/11/2016). .
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 11:36:05 WIB
    SOSIALISASI PERPPU NO 1 TAHUN 2016 JADI UU

    Cegah Kekerasan Terhadap Anak

    Cegah Kekerasan Terhadap Anak PADANG, HALUAN — Ren­cana perubahan Perppu No­mor 1 tahun 2016 tentang Ke­biri menjadi undang-undang, masih menuai pro kontra. Untuk itu perlu dilakukan lagi berbagai pengayaan dan sosialisasi di masyarakat..
  • Senin, 02 Mei 2016 - 04:29:22 WIB
    Warga Deklarasikan Mantab

    Cegah Balap Liar di Aia Pacah

    PADANG, HALUAN — Guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum (wilkum) Kecamatan Koto Tangah, khususnya di Kelu­rahan Air Pacah, puluhan ma­syarakat Air Pacah dan ko­munitas moto.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM