Gegara Mayat Masuk DPT, Bawaslu  Jambi Verifikasi ke Kuburan


Jumat, 14 September 2018 - 15:48:14 WIB
Gegara Mayat Masuk DPT, Bawaslu  Jambi Verifikasi ke Kuburan Tim Bawsalu Jambi melaksanakan Verifikasi di TPU Bungo. Dok. BAWASLU


JAMBI, HARIANHALUAN,COM-Ini bukan pelaksanaan ziarah biasa.Namun kedatangan Tim  Bawaslu Jambi siang ini ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Muaro Bungo, Jambi punya tujuan spesial demi Pemilu berkualitas.

Di TPU ini  tim Bawaslu Jambi melaksanakan  uji petik atau mengecek lapangan, sehubungan masuknya laporan dari warga yang 'Sadar Pemilu' bahwa ada  orang sudah meninggal masih masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Baca Juga : Soal Pemecatan Kader Demokrat, Andi Arief: Jangan Lebay Pak Marzuki Alie, Semua Sudah Sesuai AD/ART Partai

Hal ini diakui oleh salah satu komisioner Bawaslu Provinsi Jambi, Fachrul Rozi. Menurut dia, pengecekan ke salah satu pemakaman di Bungo itu untuk menindaklanjuti adanya laporan data pemilih ganda dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat.

"Kami menemukan saat validasi warga yang sudah meninggal, akan tetapi masuk dalam DPT di Kabupaten Bungo," kata Fachrul Rozi seperti dilansir laman sauracom, Kamis (13/9).

Baca Juga : Lantik Tiga Kepala Daerah, Gubernur Kepri: Wujudkanlah Janji Sejahterakan Masyarakat

Paul (sapaan akrab Fachrul Rozi) menjelaskan, Bawaslu Provinsi Jambi menemukan adanya perbedaan antara jumlah Berita Acara (BA) DPT dengan softcopy dalam bentuk exel.

"Semestinya jumlah yang di dalam BA harus sama dengan jumlah (rekap by name by address) dalam bentuk exel," ujar mantan jurnalis ini.

Baca Juga : Terlibat KLB, Demokrat Pecat Ahmad Yahya hingga Syofwatillah Mohzaib

Terkait temuan data pemilih ganda itu, Paul agar KPU Provinsi Jambi segera memperbaiki dan mencoret data ganda yang masuk dalam DPT. Hal itu untuk memastikan proses demokrasi di Indonesia benar-benar jujur, adil dan sesuai undang-undang.
Ia menyebutkan, Bawaslu Provinsi Jambi menemukan 56.073 data ganda pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu legislatif 2019. Data ganda tersebut menyebar hampir di seluruh daerah di Provinsi Jambi. Berikut rinciannya:

Kota Jambi terdapat 4.772 data ganda, Kabupaten Batanghari 7.382, Kabupaten Muarojambi 4.374. Lalu Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) ada 4.082, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) 1.739 dan Kabupaten Tebo 11.022.

Baca Juga : Gegara Isu Kudeta, 7 Kader Partai Demokrat Bakal Dipecat

Kemudian di Kabupaten Bungo terdapat 2.517, Kabupaten Sarolangun 7.395, Kabupaten Merangin 8.901, Kabupaten Kerinci 3.795 dan di Kota Sungaipenuh 94. Total jumlah data ganda di DPT mencapai 56.073. (dn/*)


Sumber: SuaraCom

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]