Telan Sabu, Seorang Buronan Polisi Tewas di Tanah Datar


Jumat, 14 September 2018 - 18:20:31 WIB
Telan Sabu, Seorang Buronan Polisi Tewas di Tanah Datar Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas saat jenazah akan dibawa ambulance. Jum'at (14/9). FERI MAULANA      

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Diduga karena panik, seroang tersangka pengedar narkoba langsung menelan barang bukti jenis sabu sebanyak dua paket.

Akibatnya,  tersangka yang bernama Syafrianto alias Anto (42) warga Sijangek, Nagari Simpuruik, Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar  tewas di rumah sakit RSUD Ali Hanafiah Batusangkar, Jumat (14/9) sekitar pukul 06.30 WIB.

Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas didampingi Kasat Reskrim AKP Edwin, Kasat Narkoba AKP Syafrinal dan Kapolsek Sungai Tarab Iptu Harmen, menyebutkan, bahwa tersangka menjadi buruan polisi atas pengembangan kasus dari tersangka Alex.

"Diduga tersangka Anto panik dan nekat menelan sabu sekitar lima hingga 10 gram atau dua paket sedang, ujar Kapolres Bayu.

"Ia nekat menelan dengan mulutnya untuk menghilangkan barang bukti dua paket sabu ukuran sedang, diperkirakan lima hingga 10 gram. Sehingga menyebabkan tersangka tewas setelah sekitar empat jam usai memakan barang haram itu, setelah menelan tersangka lansung melaporkan ke anggota polisi di tempat kejadian bahwa ia menelan BB itu," kata Kapolres Bayu.

Dikatakan, akibat menelan sabu dengan jumlah banyak tersebut, tersangka Anto merasakan sakit perut dan mengalami pusing, saat itu juga anggota membawa ke rumah sakit. Namun sayang nyawanya tak tertolong dan meninggal dunia sekira jam 06.30 WIB dengan konsisi badan membiru.

Dijelaskan Kapolres, tersangka Anto sebelum digerebek tim Satres Narkoba yang dipimpin Kasat Narkoba AKP Syafrinal, terlebih dahulu ditangkap tersangka Alexander (38) panggilan Alex, warga Sijangek, Nagari Simpuruik, Kecamatan Sungai Tarab, di salah satu warung dini hari sekitar pukul 01.15 WIB.

Setelah diinterogasi polisi, didapati dari pengakuan tersangka Alex bahwa sabu diperolehnya dari rekannya Anto yang tewas tersebut. Tim bergerak menuju kediaman tersangka Anto, kata Kapolres Bayu.

"Di kediaman tersangka Anto, tim melakukan penggeledahan dan didapati barang bukti plastik pembungkus sabu yang masih basah oleh air liur serta dua paket sabu dalam sepatu," ujarnya..

Kapolres juga menjelaskan, dari tangan kedua tersangka Alex dan Anto, berhasil diamankan barang bukti berupa delapan paket kecil sabu, dua paket sabu ukuran sedang, satu buah kotak rokok, satu buah handphone uang tunai Rp324 ribu, satu timbangan digital, dua buah plastik bekas sabu bekas sabu yang ditelan Anto serta satu buah kotak rokok. Jenazah Anto sudah diangkut ke rumah duka pagi Jumat, untuk dikebumikan dipadamkan pekuburan keluarga.

Sementara, Wali Jorong Sijangek Palman di rumah duka menyebutkan, keluarga almarhum telah mengikhlaskan dan telah merelakan kepergian tersangka Anto, dan dibuktikan dengan surat pernyataan untuk tidak dilakukan autopsi terhadap korban

"Kami telah ikhlas, ini sudah kehendak yang maha kuasa, kami tak akan minta di autopsi," ujar Wali Jorong Palman menceritakan pengakuan orang keluarga Anto. (h/fma)
 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 20 Juli 2019 - 15:44:37 WIB

    Dicokok di Bali, Warga Peru Telan Kokain Senilai Rp2,3 Miliar

    Dicokok di Bali, Warga Peru Telan Kokain Senilai Rp2,3 Miliar BALI, HARIANHALUAN.COM - Bea Cukai Ngurah Rai berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis kokain jaringan internasional. Kali ini adalah warga negara Peru yang berhasil ditangkap oleh petugas Bea Cukai Ngurah Rai..
  • Jumat, 12 Juli 2019 - 00:00:06 WIB

    Warga Kota Pekanbaru Dihebohkan Sejenak Oleh Pria Telanjang Naik Kap Mobil

    Warga Kota Pekanbaru Dihebohkan Sejenak Oleh Pria Telanjang Naik Kap Mobil PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM – Warga Kota Pekanbaru heboh. Pria telanjang menaiki kap mobil dan hendak loncat dari tower setinggi 15 meter. Sang pemilik mobil terus menyetir kendaraannya cemas dan takut sekali..
  • Selasa, 02 Oktober 2018 - 13:32:55 WIB

    Akibat Gempa Palu, Kampung Petobo 'Hilang' Ditelan Bumi

    Akibat Gempa Palu, Kampung Petobo 'Hilang' Ditelan Bumi HARIANHALUAN.COM- Satu kampung di  Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, “hilang” akibat gempa bumi berkekuatan 7,7 skala richter (SR) yang kemudian dimutakhirkan oleh BMKG menjadi 7,4 SR .
  • Senin, 28 Agustus 2017 - 20:50:02 WIB

    Heboh! Diduga Ada Pria Telanjang Incar Gadis, Warga Pantai Cermin Resah

    Heboh! Diduga Ada Pria Telanjang Incar Gadis, Warga Pantai Cermin Resah AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Warga Kecamatan Pantai Cermin khususnya yang berada di Nagari Surian sejak lebih dua pekan terakhir selalu dihantui kecemasan. Keresahan warga itu dipicu dengan kehadiran sosok pria telanjang denga.
  • Kamis, 30 Maret 2017 - 17:39:30 WIB

    Lagi! Tambang di Sawahlunto Kembali Telan Korban

    Lagi! Tambang di Sawahlunto Kembali Telan Korban SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM--Sempat mendapatkan perawatan medis, Ruslan (28), yang diduga berprofesi sebagai pekerja di salah satu tambang, di kawasan Perambahan Kota Sawahlunto, akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya, di .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM