Dampak Kenaikan Dolar, Tahu dan Tempe Mengecil di Pasar Raya Padang


Jumat, 14 September 2018 - 20:34:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Dampak  Kenaikan Dolar, Tahu dan Tempe Mengecil di Pasar Raya Padang Kenaikan nilai tukar dolar berpengaruh terhadap biaya produksi tahu sebab bahan baku merupakan kedelai impor. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sejumlah pedagang tahu dan tempe di Pasar Raya, Padang, mengaku terkena imbas nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat.  Menyikapi hal tersebut, pedagang tahu menyiasati dengan memperkecil ukuran tahu mereka.

Menurut salah seorang pedagang tahu di Pasar Raya, Rahmat, nilai tukar rupiah terhadap dolar berpengaruh terhadap produksi tahu dan tempe.

Sebab, bahan baku yang dipakai merupakan kedelai impor. Namun, sebagai pedagang ia tak menaikan harga jual tahu, melainkan memperkecil ukuran tahu.

“Biasanya kalau satu kotak tahu itu dipotong menjadi 5 bagian, sekarang di bagi menjadi enam atau tujuh bagian. Kalau untuk menaikan harga jual ke pembeli rasanya tak mungkin, takut daya beli nanti jadi menurun,” ujarnya Jumat kemarin.

Begitu juga dengan tempe, kata Rahmat, tempe yang biasanya yang memiliki berat 5 ons, sekarang sedikit dikurangi menjadi 4.5- 4 ons.

Hal tersebut terpaksa dilakukan untuk menyiasati harga kedelai yang mahal akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Di satu sisi, Edo pedagang tahu lainnya mengatakan, sebagai pedagang ia juga merasakan dampak naiknya harga kedelai.

Meskipun harga yang ditawarkan produsen tahu masih sama dengan harga biasanya, namun ukuran tahu yang ia dapat berbeda dari biasanya.

“Yang paling merasakan dampak secara langsung mungkin produsennya. Sejauh ini dari produsen harga jual ke pedagang masih sama, cuma ukurannya saja yang agak dikurangi dari ukuran biasa, tapi sampai sekarang belum ada pengaruh ke  jual beli,”ucapnya. (h/mg-pic)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM