WCD Sumbar Berpartisipasi  dalam Aksi Goro Serentak di Dunia


Senin, 17 September 2018 - 07:46:31 WIB
WCD Sumbar Berpartisipasi  dalam Aksi Goro Serentak di Dunia Tim Leader WCD Sumbar di pantai Pasia Jambak, Padang. JEFRY

PADANG, HARIANHALUAN.COM- orld CleanUp Day (WCD) gerakan yang  diinisiasi oleh organisasi Let's do it world! dengan tujuan untuk melawan sampah ilegal melalui pelaksanaan cleanup serentak dengan 150 negara di seluruh dunia, menggelar aksi gotong royong di 11 kab/Kota di Sumbar, Sabtu (15/9).

Disampaikan Rahmadtullah Noerman (24) Tim Leader WCD Sumbar kegiatan ini terlaksana dengan lancar di puluhan titik yang telah ditentukan.

"Sebagai kegiatan global yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia ini, acara kali ini bisa dibilang berjalan dengan lancar karena 11 kab/kota serentak melakukan aksi bersih mulai dari pukul 7 pagi tadi. Setidaknya sedikit catatan sebagai bahan evaluasi kedepan," ungkap Rahmad yang ditemui awak Haluan usai kegiatan di Pantai Padang.

Ditambahkan Rahmad, aksi yang disuksekan oleh kurang lebih 40 orang panitia di Sumbar ini, diikuti oleh 2000-3000 orang relawan dari berbagai kalangan. 

"Bisa dilihat, cukup ramai relawan yang hadir. Di tugu merpati ini saja, sekitar 2000-3000 relawan mulai dari TNI, kepolisian, pelajar, mahasiswa, komunitas-komunitas dan masyarakat umum. Belum lagi di tempat lain seperti pantai parkit, pantai gajah, pantai pasia jambak, dan lain-lain," katanya.

Ahmad Fadil / kitiang (24) salah satu panitia WCD mengatakan kegiatan ini terlaksana juga karena dukungan dari berbagai pihak. 

"Semua pihak mendukung. Mulai dari dinas pariwisata, DLH, Ligkungan hidup, swasta dan lain-lain. Dari DLH telah menyiapkan 200 karung kosong untuk mewadahi kegiatan hari ini. Nanti mobil truk DLH akan datang dan membawa sampah-sampah yang telah terkumpul. WCD disini bertugas menjembatani komunitas, dinas dan elemen masyarakat lainnya yang mau peduli dengan lingkungan tentang sampah yang merupakan masalah kita yang harus ditanggulangi,".

Eko (23) perwakilan dari ACT Sumbar yang turut hadir pada kegiatan tersebut bersama 7 orang anggota MRI-ACT mengatakan WCD adalah gerakan internasional serentak yang patut dilanjutkan hendaknya berkelanjutan.

"Kegiatan ini sangat positif. Melibatkan seluruh relawan yg mau berpartisipasi tujuan lingkungan. Ini bisa jadi campaign awal dan menjadi program yang berkelanjutan. Harapannya program ini tidak hanya formalitas tapi di follow up kembali nantinya. Dan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan agar kegiatan ini tidak terlaksana dengan percuma," tutur Eko.

Ditempat berbeda, Yose (39) salah seorang panitia di Pantai Pasir Jambak mengatakan aksi gotong royong di tempatnya dimulai dengan pelepasan tukik.

"Tadi pagi-pagi dimulai dengan pelepasan tukik. Baru lanjut dengan aksi gotong-royong membersihkan sampah kemudian sosialisasi terkait pendaur ulangan sampah," ucapnya.

Ia berharap kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang pencitraan, namun benar-benar kegiatan sosial yang peduli terhadap alam. (yes/pic)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM