Baznas Padang Punya Delapan Program Bantuan Pendidikan


Senin, 17 September 2018 - 13:39:19 WIB
Baznas Padang Punya Delapan Program Bantuan Pendidikan Baznas Padang salurkan zakat kepada mustahik. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang menyalurkan bantuan pendidikan untuk pelajar Kota Padang melalui program Padang Cerdas. Setidaknya pada 2018, dana bantuan akan digelontorkan melalui delapan bagian dalam program tersebut. 

Kepala Bidang Pendistribusian Baznas Padang, Industriyadi kepada Haluan di kantornya menyebutkan, penyaluran dana bantuan pendidikan di Baznas dibedakan berdasarkan tingkat sekolah mulai dari sekolah dasar sederajat hingga sekolah menengah pertama sederajat. Baznas Kota tidak menyediakan dana bantuan untuk sekolah menengah atas sejak terjadi peralihan kewenangan ke provinsi.

“Beasiswa untuk tingkat SD dan MI programnya sedang dalam proses rekrut calon penerima. Mekanismenya, data langsung kami minta ke sekolah melalui Dinas Pendidikan dan Kemenag. Sekolah mengirimkan data sesuai standar dan syarat yang kami minta. Saat ini data sudah ada dan menunggu distribusi dalam waktu dekat," kata Industriyadi, Jumat (14/9).

Untuk tingkat SMP dan MTs, lanjutnya, juga dilakukan mekanisme rekrut yang sama. "Tahun ini kami hanya untuk SD hingga SMP. Sedangkan SMA dan SMK tidak lagi menjadi tanggungjawab Baznas Padang, sejak peralihan kewenangan ke Provinsi," kata Alumni Fakultas Dakwah UIN Imam Bonjol itu. 

Namun begitu, terangnya lagi, khusus untuk siswa Madrasah Aliyah (MA), Baznas Kota Padang masih menyediakan program bantuan karena sekolah tersebut berada di bawah kewenangan pengelolan Kementerian Agama RI setempat. 

" SMA dan SMK itu dipindahkan ke Baznas Provinsi. Baznas provinsi juga akan tetap meminta rekomendasi ke Baznas kabupaten/kota asal siswa,"  ujarnya lagi. 

Selanjutnya, Baznas Kota Padang juga menyediakan program beasiswa umum untuk antisipasi ancaman putus sekolah bagi pelajar Kota Padang.

"Misalnya ada siswa yang tidak bisa ikut ujian karena ada utang ke sekolah, atau ada yang ijazahnya ditahan karena tidak bisa melunasi uang sekolah atau uang kuliah. Ini bisa kami bantu asalkan sesuai syarat berlaku, " katanya lagi. 

Kemudian, juga tersedia program penyaluran beasiswa bagi anak-anak Korpri Kota Padang dengan orang tua bergolongan rendah dan memiliki tanggungan besar.

"Hampir sembilan puluh persen dana Baznas Kota Padang dari pegawai negeri, jadi program ini salah satu bentuk kepedulian Baznas juga kepada anak pegawai dengan golongan rendah," ujarnya.

Program Padang cerdas juga memiliki dana penyaluran akomodasi santri titipan Baznas yang menempuh pendidikan di luar Kota Padang. Saat ini, Baznas Kota Padang memiliki dua mitra pesantren di Dharmasraya dan Jakarta.

"Ada anak-anak yang putus sekolah dan terlantar, kami kirim ke pesantren itu dengan biaya ditanggung Baznas. Tetapi sekarang program baru tidak ada lagi, tinggal melanjutkan program yang berjalan tahun sebelumnya. Di samping itu juga ada program beasiswa binaan," ujarnya.

Selain itu, Baznas Kota Padang juga menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menunjang terselenggaranya program Padang Cerdas, seperti kegiatan perlombaan yang berhubungan dengan ranah pendidikan. (h/mg-hen)


"Becak mesin ini, akan saya manfaatkan sebaik mungkin. Untuk mencari rezki anak dan istri saya," kata mustahik berbaju kaos putih itu. IST

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]