TP-PKK Pessel Bedah Rumah Keluarga Miskin di Nagari Taratak


Selasa, 18 September 2018 - 13:19:23 WIB
TP-PKK Pessel Bedah Rumah Keluarga Miskin di Nagari Taratak LISDA Hendrajoni saat membawa Nanda beserta adik-adiknya berbelanja perlengkapan sekolah dan kebutuhan sehari hari di Pasar Painan. OKIS

PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Tak kuasa mendengar kabar tentang kondisi kehidupan empat orang anak tanpa orangtua, di Nagari Taratak Sungai Lundang, Kecamatan Koto XI Tarusan. Ketua TP-PKK Pesisir Selatan (Pessel), Lisda Hendrajoni langsung menjemput Nanda, beserta 3 adiknya untuk dibawa ke kediaman bupati, Sabtu (15/9).

Setelah santap malam di rumah dinas bupati, Lisda Hendrajoni berjanji akan segera melakukan bedah rumah untuk kediaman empat bersaudara tersebut. Sehingga mereka bisa menempati rumah dengan kondisi yang layak.

Keesokan harinya, Minggu (16/9). Lisda Hendrajoni membawa mereka jalan jalan dan belanja di Kota Painan. 

Untuk diketahui, empat bersaudara ini sudah lama ditinggal almarhum Ibunya. Sejak lama, mereka tidak ada keluarga yang menjadi sandaran hidup, sebab sang ayah satu-satunya yang masih hidup sudah memilih untuk menikah lagi tanpa menghiraukan nasib mereka lagi.

Empat bersaudara ini adalah, Nanda (16) kakak tertua, Nabila (13), Herlan (11) dan Samuel (2). Mereka sudah dua tahun lebih tinggal beradik kakak dirumah peninggalan orangtuanya, tanpa ada aliran listrik dan tak pernah lagi mendapatkan perhatian ayahnya semenjak sang ibu tiada.

Nanda, sebagai kakak tertua harus menahan diri untuk tidak bersekolah. Ia memutuskan berhenti sejak kelas 5 SD. Sebab, selaku kakak tertua, ia harus mementingkan nasib ketiga adik-adiknya yang sudah lama tidak lagi mendapat sentuhan orangtua.

"Gak apa apa Nanda tidak sekolah, asal adik adik Nanda tetap bersekolah. Supaya mereka bisa sama dengan teman-teman seusianya. Kalau Nanda cita citanya ingin jadi dokter," ucap Nanda saat itu.

Hidup sebagai keluarga kecil tanpa orangtua, tidak banyak yang bisa dilakukannya. Sebab, diusia yang masih belia, sepantasnya ia tetap fokus mengenyam bangku pendidikan. Namun, nasib berkata lain, ia dengan tiga orang adiknya harus bisa hidup mandiri dan tetap berjuang melawan nasib.

"Terkadang beras yang untuk masak sudah habis. Minta kepada tetangga tidak enak. Jadi jika ada yang dimasak kami sangat senang, karena ada yang bisa di makan," ucapnya.

Untuk memenuhi biaya sehari hari, Nanda ditemani seorang adiknya harus berkeliling kampung menjual onde-onde yang dibuatkan oleh tetangga. Kadang laku, terkadang tidak.

Lisda Hendrajoni yang mendengar kabar pilu tersebut, tergerak hatinya untuk menjemput Nanda beserta adik adiknya untuk dibawa kerumah dinas bupati.

"Benar, Nanda beserta adik adiknya kita jemput kemarin (Sabtu 15 September 2018), dan membawa mereka bermalam ke rumah dinas. Dan esoknya (Minggu 16 September 2018), mereka kita bawa belanja perlengkapan sekolah dan kebutuhan sehari hari. Dan malam ini mereka kita antar kembali kerumahnya, sebab besok adik adik Nanda mau sekolah," ucap Lisda kepada Haluan.

Sebagai istri orang nomor satu di daerah itu, Lisda sangat prihatin dengan kondisi empat bersaudara tersebut. Sebab, dengan umur yang seharusnya mendapatkan belaian orangtua. Namun, mereka masih jauh dari perhatian keluarga.

"Bunda sedih juga, karena baru tahu kondisi mereka seperti itu. Mungkin masih ada juga sebagian anak anak kita yang kondisinya seperti ini. Namun, jika tidak ada yang lapor, tentu kita tahu juga. Terkait hal ini, kita tidak perlu saling menyalahkan, namun lebih fokus kepada solusinya," tuturnya.

Lisda menyebutkan, kedepan kondisi keluarga tersebut menjadi perhatian PKK agar bisa mandiri. Ia juga menginginkan rumah Nanda segera di bedah agar bisa ditempati dengan layak, sebab kondisi rumah sekarang selain tidak dialiri listrik juga tidak memiliki toilet sebagai sarana MCK.

"Dari PKK akan terus mendampingi mereka. Termasuk sekolah dan makannya akan diperhatikan sampai mereka benar benar bisa mandiri," katanya.

Lisda mengutarakan, setelah membawa Nanda dan ketiga adiknya berberlanja di Kota Painan. Keluarga tersebut akan kembali diantarkan ke rumahnya.

"Besok adik-adik Nanda akan sekolah, nanti sore kita antar kembali ke Sungai Lundang. Dan untuk Nanda yang tidak sekolah, secepatnya akan kita urus kembali sekolahnya," ucap Lisda. (h/kis)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 09 Juli 2018 - 12:49:15 WIB
    KOTA BUKITTINGGI PANEN PENGHARGAAN TINGKAT  NASIONAL

    Ketua  TP-PKK Raih Pakarti Madya, Walikota  Dianugerahi Manggala Karya Kencana 

    Ketua  TP-PKK Raih Pakarti Madya, Walikota  Dianugerahi Manggala Karya Kencana  BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM- Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias kembali  menerima penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat. Kali ini Wako menerima penghargaan Manggala Karya Kencana 2018. Tak hanya Wako, Ketua Tim .
  • Jumat, 05 Mei 2017 - 01:29:37 WIB

    TP-PKK Tanah Datar Motivasi Minat Baca Murid SD

    TP-PKK Tanah Datar Motivasi Minat Baca Murid SD TANAH DATAR, HALUAN - Guna meningkatkan minat baca bagi murid Sekolah Dasar (SD), Ketua TP-PKK Tanah Datar, Ny Emi Irdinansyah didampingi Kadis Pustaka dan Arsip Marwan dan Kabag Humas, Syahril melaksanakan sosialisasi dan mo.
  • Senin, 05 Desember 2016 - 01:12:14 WIB
    TERTIB ADMINISTRASI

    TP-PKK Tiakar Raih Prakarti Madya Nasional

    TP-PKK Tiakar Raih Prakarti Madya Nasional PAYAKUMBUH, HALUAN — TP-PKK Kelurahan Tiakar, Keca­matan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, meraih gelar Prakarti Madya II sebagai pelaksana terbaik dalam bidang Tertib Administrasi PKK Tingkat Nasional. Piagam Prakarti Ma.
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:44:37 WIB

    TP-PKK Tiumang Juara Lomba Menu Bergizi

    TP-PKK Tiumang Juara Lomba Menu Bergizi DHARMASRAYA, HALUAN — TP-PKK Kecamatan Tiumang akhirnya berhasil menyisihkan TP-PKK keca­matan se Kabupaten Dharmasraya, dan menjadi pemenang dalam lomba menu makanan bergizi, beragam, sehat dan aman, yang digelar Badan Ke.
  • Rabu, 29 Juni 2016 - 06:23:10 WIB

    TP-PKK Gelar Silaturahmi Ramadan

    TP-PKK Gelar Silaturahmi Ramadan PAYAKUMBUH, HALUAN — Ketua TP-PKK Paya­kum­buh, Henny Riza Falepi bersama sejumlah pengurus meng­gelar Silaturahim Ramadhan (SR) selama lima hari. Kegiatan ini dimulai Jumat (24/6) hingga Rabu (1/7) mendatang. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM