Sukses Raih Nilai UN Tertinggi, MTsN 1 Model Bukittinggi  Terima Reward 


Selasa, 18 September 2018 - 13:44:42 WIB
Sukses Raih Nilai UN Tertinggi, MTsN 1 Model Bukittinggi  Terima Reward  Kepala MTsN 1 Model Hj. Eva Anggraini menerima reward dari kepala Disdikbud Melfi Afra atas keberhasilan meraih nilai UN tertinggi 2018 belum lama ini. RIDWAN.

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Upaya MTSN 1 Model Bukittinggi yang selalu bertekad meraih nilai Ujian Nasional (UN) berbuah manis. Sekolah dibawah pimpinan Hj. Eva Anggraini tahun 2018 kembali meraih nilai tertinggi, ganjarannya menerima reward (penghargaan) dari pemerintah kota.

“Alhamdulillah berkat kerja keras, tahun 2018 kita kembali meraih nilai tertinggi UN dan menerima reward, yang diserahkan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bapak Melfi Abra beberapa waktu lalu,” ungkap Eva Anggraini kepada Haluan diruang kerjanya Senin (17/08) kemaren.

Menurut Eva Anggraini didampingi wakil kepala sekolah (waka) bidang Humas Hj. Fitri Yeni, S.Pd, bidang Kesiswaan H. Zefri Fahmi, S.Ag, bidang Kurulum H. Yusri Amdal, M.Pd dan bidang Sarana Drs. Sudirman, keberhasilan sekolah yang dipimpinnya setiap tahun selalu meraih nilai UN tertinggi, berkat adanya berbagai persiapan yang dilakukan jauh hari sebelumnya. Baik persiapan mental maupun persiapan fisik siswa.

Persiapan fisik dan mental jelas mantan kepala MTsN  Matur ini yakni muhasabah, training motivasi secara berkala, bimbingan terpadu, pembinaan keagamaan shalat Dhuha, zikir dan do’a bersama, tahfiz Qur’an serta  olahraga secara teratur.

Sedang untuk persiapan akademik kegiatan yang dilakukan lanjut lulusan S1 jurusan Biologi IKIP Padang (1991) dan S2 IPB (2009) ini antara lain tes diagnostik sudah dimulai sejak Oktober 2017 hingga memasuki UN bulan April 2018. Klinik mata pelajaran bagi siswa yang membutuhkan, TO (Try Out) sebanyak lima kali termasuk TO berbasis kompter serta simulasi sebanyak tiga kali.

Keberhasilan yang diperoleh anak didiknya tahun sebelumnya merupakan juga hasil pendidikan kolaborasi dengan orangtua murid. Selain itu rahasia sukses meraih nilai UN tertinggi ini salah satu yang istimewa dilakukan pihak madrasahnya  yaitu tahfiz quran.  Setiap pagi, 15 menit sebelum pelajaran dimulai di halaman madrasah, seluruh siswa wajib menghafal al quran di bawah pengawasan guru. Untuk delapan siswa dibimbing oleh satu orang guru.

Siswa yang sudah hafal tahfiz wajib menyetorkannya kepada orangtua, dan  kepada guru pembimbing selanjutnya disetorkan kekantor kementerian agama setempat. Bagi siswa yang lolos mendapatkan sertifikat dari kemenag. Ini merupakan program unggulan dibawah koordinator waka kesiswaan H. Zefri Fahmi, S.Ag.

“Dengan upaya dan berbagai terobosan yang dilaksanakan ini, MTsN 1 Bukittinggi dapat mempertahankan dan kembali meraih nilai UN tertinggi tahun 2018 ini,” tambah Eva Anggraini yang sebelumnya juga dapat reward dari pemerintah pusat mengunjungi University of Eastern Finland, negara Republik Finlandia (salah satu negara maju di Eropa Utara) dalam rangka kegiatan Studi Visit and Short Courie ini.

Sementara Kepala Disdikbud Bukittinggi Melfi Abra didampingi Kabid Pendidikan Dasar Almisri mengatakan, reward tersebut diberikan kepada kepada sekolah dan siswa berprestasi dalam pelaksanaan ujian nasional (UN)  dan FLS2N 2018. Reward yang diberikan itu guna memotivasi dan memberikan semangat kepada majelis guru dan siswa yang telah meraih prestasi pendidikan untuk Bukittinggi.

“Reward ini juga bertujuan untuk  memberi efek positif bagi siswa dan sekolah lainnya  supaya semangat mengejar prestasi. Karna saat ini prestasi merupakan kebutuhan yang harus dicapai oleh siswa. Prestasi yang diraih tidak bisa secara instan, melainkan melalui proses yang diikuti dengan kerja keras yang sungguh-sungguh,” kata Melfi.

Adapun sekolah yang meraih prestasi pada  UN jenjang SMP adalah, peringkat  pertama  SMPN 1,  peringkat dua  SMPIT Al Islah dan peringkat  ketiga SMPIT Cahaya Hati. Sedangkan untuk  jenjang SD peringkat pertama SD Islam Al Falah, peringkat  kedua SD Al Azhar dan peringkat  ketiga ditempati SDN 09 Manggih Gantiang.

“Tahun ini reward juga diberikan kepada Madrasah Tsanawiyah yang meraih nilai tertinggi dalam UN 2018.  Untuk peraih nilai UN  terbaik adalah MTSN 1 Bukittinggi,” tambah  Almisri.(h/rdw).

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]