Hendak Masuk Pasbar, Kirap GP Ansor dan Banser Dihadang Warga


Ahad, 23 September 2018 - 21:30:40 WIB
Hendak Masuk Pasbar, Kirap  GP Ansor dan Banser Dihadang Warga Ormas Islam Pasbar Dan Pihak Kepolisian terlihat berjaga-jaga di perbatasan Pasaman Baratenunggu kehadiran Kirab Satu Negeri tentang kegiatan Islam Nusantara masuk ke Pasbar. (IDENVI SUSANTO)

PASBAR, HARIANHALUAN.COM-- Rencana kedatangan Kirap Satu Negeri (KSN) GP Ansor dan Banser Nahdatul Ulama, ke Pasaman Barat ditolak oleh warga yang tergabung dalam sejumlah ormas di Pasaman Barat, Minggu (23/9) 13.00 WIB.

Penolakan itu, dilakukan di pintu masuk Pasbar yang berbatasan dengan Sumatera Utarap tepatnya di jalan lintas Sinuruik -Talu Kecamatan Talamau. Massa membentangkan spanduk dengan pesan penolakan.

Massa yang berasal dari ormas islam seperti FPI Sumbar, paga nagari, Pemuda Muhammadiyah, LSM Pekat IB, MUI Pasbar, Majelis Mujahidin Pasbar, FKPP Pasbar dan sejumlah pemuda itu menolak karena KSN dianggap membawa misi Islam Nusantara di Ranah Minang, Pasbar khususnya.

Di lokasi pintu masuk Pasbar tersebut, jajaran Polres Pasbar dengan bersenjata lengkap yang langsung dipimpin Kapolres Pasbar AKBP Iman Pribadi, Waka Polres Hendri Coa dan jajaran mengawal aksi penolakan itu.

"Apapun kegiatan keramaian kamu siap melakukan pengamanan. Buktinya kami selalu siaga mengerahkan anggota agar suasana berjalan dengan tertib dan aman," kata Imam.

Ia mengatakan, pihaknya berkepentingan agar terciptanya suasana damai dan tertib di Pasaman Barat. Apalagi menjelang Pemilu ini bagaimana agar tercipta suasana Kamtibmas di Pasaman Barat.

"Meski sempat terjadi kericuhan massa di lokasi penghadangan, tapi cepat dikendalikan jajaran Polres Pasaman Barat," ucapnya.

Pantauan haluan di lapangan, adanya penghadangan dari masyarakat, akhirnya kegiatan Kirab Satu Negeri dari GP Ansor tersebut tidak jadi masuk ke Pasbar, tetapi langsung menuju Bukitinggi dari Lubuk Sikaping (h/idn)

Baca juga: Setelah-di-pasbar-ksn-gp-ansor-juga-ditolak-di-padang-pariaman

Ditolak-warga-ini-kata-ketua-gp-ansor-sumbar





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM